February 26, 2021
Boleh Music
Uncategorized

BRI Bank Pertama Di Dunia Yang Memiliki Dan Mengoperasikan Sendiri Satelit

Terobosan inovatif Bank Rakyat Indonesia mengoperasikan satelit telekomunikasi sendiri yang dinamakan BRISat, menjadi topik cocktail receptionArianespace di Raffles Hotel berkaitan digelarnya pameran CommunicAsia 2014, Enterprise IT 2014 dan BroadcastAsia 2014 di Marina Bay Sands Singapore, (17-20/6). Satelit BRISat yang akan diluncurkan Arianespace ke  Geostationary Transfer Orbit (GTO) pada 2016, akan menjadi satelit pertama dunia yang dioperasikan oleh bank.

Source: sslmda.com
Source: sslmda.com

Peluncuran satelit ini disiapkan untuk membantu UMKM, branchless banking, hingga startup dalam rangka BRI all out menuju era digital. Untuk membangun dan meluncurkan BRIsat, BRI telah menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, Space System Loral LLC (SSL). Sedang untuk peluncurannya bekerja sama dengan perusahaan peluncur roket asal Prancis, Arianespace. Untuk meluncurkan satelit ini, BRI dikabarkan menghabiskan dana sekitar $250 juta (sekitar Rp 2,5 triliun) untuk pembuatan satelit 45 transponder kelas 3 metrik ton.
Satelit BRIsat merupakan satelit dengan spektrum frekuensi C-band dan Ku-band yang akan ditempatkan di orbit 150,5 derajat Bujur Timur. Spektrum-spektrum frekuensi itu sendiri telah dipergunakan di satelit Palapa C-2 yang masih aktif di titik orbit yang sama.
Seri 1300 adalah suatu platform satelit yang sudah mapan untuk beraneka ragam layanan satelit dan menjadi yang terdepan di industri ini dalam hal daya, unjuk kerja, dan kehandalan. Seri 1300 pertama kami diperkenalkan di pertengahan tahun 1980-an dan terus-menerus mengalami pengembangan untuk memenuhi kebutuhan daya yang meningkat, keluwesan, dan umur pemakaian. SSL merakit satelit 1300 ini di fasilitas yang mutakhir di Palo Alto, California. Penggabungan komponen-komponen menjadi subsistem muatan dan bus, demikian juga dengan pengujian di tingkat sistem satelit, semuanya dilakukan di tempat ini melalui proses-proses berdayaguna dan mumpuni. Cara pikir produksi yang terpusat ini, sekaligus dengan sumberdaya-sumberdaya rekayasa subsistem dan system yang berdekatan, memungkinkan SSL meluncurkan satelit handal sesuai jadwal.
Angkasa mencatat bahwa Indonesia merupakan negara ketiga pertama di dunia pada awal dekade 1970 setelah Kanada dan Amerika Serikat menggunakan jasa satelit komunikasi untuk menyatukan negara. Satelit komunikasi sekarang tidak saja untuk jasa komunikasi telepon, broadcast(siaran televisi), tapi sudah berkembang digunakan untuk berbagai bidang jasa yang lebih luas, termasuk kini di sektor keuangan dan perbankan.
Dari Tual terbang ke Bali. Dulu jual sekarang beli.

Related posts

Robbie Williams Siapkan Tour Ke Britania dan Irlandia

Angga Foster

Smart Reply Gmail akan Bisa Dinikmati di Android dan iOS

Angga Foster

Tips Tekno : Cara Mengatasi Koneksi Wi-Fi Lambat

Angga Foster