May 20, 2022
Boleh Music
Uncategorized

7 Coffee Cat, Kopi Yang Menjelma Menjadi Kucing

Whitewood – Coffe cat…Apa jadinya jika secangkir kopi di hadapan Anda menjelma menjadi seekor kucing? Tentunya ini adalah hal yang absurd dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Namun jika Anda adalah penggemar kopi sekaligus kucing, mungkin kumpulan visual ‘ketidaknyataan’ ini dapat menjadi hiburan pencerah mata dan juga inspirasi yang menarik.
Karya-karya hasil imajinasi seorang Ilustrator asal Rusia Elena Efremova yang menggabungkan karakteristik jenis-jenis kopi dan juga aneka warna kucing dengan goresannya yang sangat unik dan khas ini menghasilkan ‘drama’ 7 jenis kopi yang masing-masing menjelma menjadi seekor kucing.
Setiap jenis kopi berdasarkan warnanya oleh Elena dianalogikan dengan tipe kucing tertentu.

ESPRESSO
ESPRESSO

Espresso yang merupakan saripati kopi digambarkan dengan sosok kucing berwarna coklat pekat hampir hitam yang bersorot mata tajam yang meliuk manja, seumpama rasa pahit ketika meneguk espresso namun tetap mendapat after taste yang agak manis.
LATTE
LATTE

Latte sebagai jenis kopi yang memiliki rasa susu yang cukup kuat dengan latte art (teknik andalan para barista dalam ‘melukis’ latte dengan susu dan foam) yang kerap menghiasi permukaan cangkir, digambarkan menjelma kucing yang bertubuh agak gemuk berwarna kuning kecoklatan dan belang putih yang tampak lebih manja. Sesuai dengan warna dan karakteristik latte yang memang lebih lembut dan manis karena komposisi perbandingan jumlah susunya.
MACCHIATO
MACCHIATO

Macchiato biasanya adalah espresso yang diberi setitik foam susu, sehingga rasanya tidak sepahit atau sekuat espresso karena ada ‘bantuan’ foam susu yang meringankannya. Kopi ini oleh Elena digambarkan menjelma menjadi sosok kucing coklat tua yang tampak berjalan mengendap-ngendap seperti ‘gaya’ macchiato tadi, tidak sepede dan seangkuh espresso dalam melangkah namun dari pancaran sorot mata dan warna bulunya tetap memberi ‘peringatan’ ini adalah kopi yang akan cukup ‘mengejutkan’.
AMERICANO
AMERICANO

Americano adalah menu kopi favorit sebagian besar pengopi di dunia. Mereka yang mencari ‘keaslian’ dari rasa biji kopi tertentu, biasa akan memilih Americano. Jumlah takaran kopi dengan perbandingan air yang diseduh merupakan rahasia para barista atau pemilik kedai kopi untuk menghadirkan rasa dan aroma kopi yang khas dari setiap perkebunan dan juga kepiawaian para roaster/penyangrai/pemanggang biji kopinya. Americano oleh Elena digambarkan sebagai kopi yang menjelma menjadi kucing yang bertubuh agak ramping yang sedang menggeliat seolah siap menyambut hari sehabis terbangun dan akan langsung semangat bergerak sigap dan lincah.
CAPPUCCINO
CAPPUCCINO

Cappuccino adalah favorit saya. Saat mengunjungi sebuah kedai kopi baru, saya akan memesan kopi ini dulu baru pada next visit mencoba americano dan lainnya. Kopi ini memiliki jumlah susu lebih sedikit dari latte sehingga rasanya akan cenderung lebih strong dan pahit. Digambarkan oleh Elena, kopi ini menjelma kucing yang sedikit gemuk bewarna coklat kuning tampak menggeliat manja dan posisi setengah tidur atau santai. Ya biasanya cappuccino adalah teman yang asik juga untuk menjadi kopi yang dinikmati sore atau pagi hari ketika berlibur atau berbagi cerita dengan atmosfir yang lebih santai. Namun bagi saya, cappucino sering berguna sebagai ‘booster’ juga di kala kantuk mendera, bosan bertandang atau ide sedang menghilang entah kemana, dia sering hadir menjadi ‘penyelamat’.
AFFOGATO
AFFOGATO

Affogato adalah favorit kedua saya ketika hati sedang senang dan ingin memanjakan diri dengan rasa kopi yang ditambah rasa manis tanpa harus membuat kopi itu menjadi manis karena gula atau sirup. Affogato adalah espresso yang disiramkan diatas ice cream vanilla, selalu berhasil buat saya untuk ‘mood lifting’ dan menambah sukacita di hari yang panas dengan kawan ngobrol yang pas. Disini Elena menggambarkan 2 ekor kucing hitam dan putih yang berangkulan mesra, mewakili rasa yang dihasilkan, ketika pahitnya espresso berpadu bersama lembut dan manisnya ice cream vanilla…mereka berpelukan dan menari di mulut.
ALAFRANCHAISE
ALAFRANCHAISE

Alafranchaise ini istilah cukup baru buat saya, beberapa teman barista saya juga baru mendengarnya dan belum tahu dengan tepat definisinya. Maka mungkin saya beranikan diri menganalisa ini adalah kopi khas para warga perancis yang sering mengopi di kafe-kafe yang bertebaran di pinggir jalan. Mereka punya cara mengatur komposisi perbandingan kopi susu dan airnya. Mungkin seperti halnya dengan kopi tubruk kita yang kerap disediakan setiap warung pinggir jalan. Oleh Elena kopi ini digambarkan sebagai sosok kucing agak berisi dan berbulu agak tebal sedang tertidur menikmati hari.
Bisa saja ada yang Anda tidak setuju dari interpretasi Elena terhadap kopi-kopi yang menjelma kucing ini, tapi paling tidak kita bisa terhibur dan belajar dari caranya mengeksplorasi ide dan  berfantasi dengan kopi dan kucingnya. Semoga menginspirasi 🙂
Illustrasi : Elena Efremova – boredpanda.com

Related posts

Twitter Buat Periscope, Social Media Untuk Livestreaming

Angga Foster

Single Terbaru Blink 182 "Bored To Death" Mendapatkan Respon Positif

Angga Foster

Firefox 8.0 untuk iOS dirilis dengan Segudang Pembaharuan

Angga Foster