July 2, 2020
Boleh Music
Musicology

Teori 7 Modes didalam 1 Scale

Whitewood – Ketika melakukan soloing dan improvising, kamu memerlukan, salah satunya, modes. Modes akan memberi warna dalam harmonisasi chord. Untuk itu, di edisi ini akan kita bahas tentang “modes” dalam 1 scale. Modes bisa dikatakan sebagai “scales” yang terdapat dalam sebuah scale utamanya.
Sebagai contoh kita ambil scale C Mayor (C Major Scale). Modes bisa kita dapatkan dengan menggeser posisi tonal center (not awal pada tiap mode) secara berurutan menjauh dari “root” Scale C Mayor. Berikut adalah C Major Scale dalam dua oktaf untuk menunjukkan cakupan modes dalam scale ini.
Screen Shot 2016-05-26 at 6.46.13 PM
Major & Minor Modes
Setelah mengenal 7 modes dalam 1 scale di atas, akan lebih baik lagi jika kita juga memahami notasi, posisi jari, serta urutan-urutan modes yang benar untuk memperoleh dasar bermusik yang baik dan terarah. Hal in akan sangat bermanfaat sekali bagi musisi, khususnya para gitaris yang ingin mengembangkan tehnik permainan musik mereka untuk soloing maupun improvising.
Untuk lebih mudahnya kita coba bagi 7 modes tersebut ke dalam kelompok Major Modes dan kelompok Minor Modes.
Major Modes
-. Ionian
-. Lydian
-. Moxolydian
Minor Modes
-. Dorian
-. Phrygian
-. Aeolian
-. Locrian
Baca juga, tips & trik tentang alternate picking

Modes & Progresi Chord
Modes dapat digunakan dalam progresi chord tertentu. Sebelum pembahasan lebih jauh, sebaiknya kita memahami terlebih dulu pengetahuan dasar tentang harmoni dalam tangga nada C Mayor (C Major Scale Harmony).
kord trinada (Triads) adalah bentuk dari harmonisasi not–not yang terdapat pada C Major Scale, yang digabungkan/ dikelompokkan menjadi 3 not dengan urutan nada 1 – 3 – 5 sehingga menghasilkan gabungan nada harmonis yang disebut dengan Chord, contoh C Major Chord (not C – E – G)
Screen Shot 2016-05-26 at 6.59.35 PM

Sebagai catatan, setelah mempelajari dan memahami 7 modes di atas secara melodis, kamu perlu mengaplikasikan 7 modes tersebut dalam progresi chord secara berurutan. Kemudian cobalah untuk menggunakan modes tersebut ke dalam bentuk progresi chord yang lain.
Dua contoh progresi dan modesnya:
A. Progresi Chord yang berurutan secara diatonis
Screen Shot 2016-05-26 at 7.00.41 PM

Catatan: Pada exercise di atas, kami memainkan modes dengan tonal center (not awal pada setiap mode) pada posisi jari di senar 4,5 & 6, dengan tujuan untuk mempermudah menghafal dan memahami formula dari tiap-tiap mode.

Related posts

Inilah 10 Band Metal Britania Raya Terbaik

Angga Foster

Legenda Musik Country Kenny Rogers Meninggal Dunia Di Usia 81 Tahun

Qenny Alyano

Viky Sianipar Kolaborasikan Alat Musik Tradisional dan Musik Modern

Angga Foster