December 5, 2021
Boleh Music
Uncategorized

Memahami Fashion Illustrator, dan Bedanya dengan Fashion Desainer

Velodrome – Fashion anthusiast, biar makin pinter dan kece simak penjelasan berikut ini agar kamu lebih memahami fashion illustrator dan apa bedanya dengan fashion desainer. Karena ternyata masih banyak banget yang salag kaprah dan menganggap kalau ke duanya adalah profesi yang sama.

Yang pasti keduanya adalah orang-orang super creative yang ada di industri fashion. Namun apa sih sebenarnya yang membedakan kedua profesi tersebut? Simak penjelasan berikut ini agar kamu lebih memahami fashion illustrator dan bedanya dengan fashion desainer.

Yang paling penting untuk kamu ketahui yaitu fashion illustrator belum tentu seorang fashion designer. Itulah kenapa ada dua istilah yang membedakan profesi tersebut. Fashion illustrator lebih dekat dengan majalah fashion atau sebuah publikasi yang menggarap fashion campaign, sedangkan fashion designer berpusat pada proses penciptaan sebuah mode, riset, sartorial (tailoring dan pemilihan bahan), sampai pada hasil akhir.

Memahami Fashion Illustrator, dan Bedanya dengan Fashion Desainer
Image : styleblazer.com

Meskipun begitu, fashion illustrator bukan berarti seniman yang hanya memvisualkan sebuah desain yang sudah ada dari para desainer. Para ilustrator fashion bekerja lebih kreatif dengan menerjemahkan sebuah koleksi para desainer dengan gaya mereka sendiri.

Seperti halnya pelukis, mereka punya ciri khas tersendiri dalam mengilustrasikan sebuah gambaran mode.

Dalam perkembangannya, seorang ilustrator fashion berkreasi tidak hanya menggunakan material cat dan pewarna, atau sepenuhnya mengandalkan digital illustration. Tetapi juga memadukan beberapa material yang lebih hidup seperti bunga, pernak-pernik, dan lainnya.

(Baca juga : Lima Fashion Illustrator Inspiratif Untuk Kamu Teladani)

Image : Graceciao.com

Jika Anda memerhatikan majalah-majalah fashion yang menggunakan fashion illustration dalam sebuah fashion spread atau artikel tertentu, Anda akan menyadari bagaimana kemampuan seorang seniman menerjemahkan sebuah cerita dan mood dalam karya ilustrtasi.

Di dalam rumah mode, para creative director terkadang juga mempekerjakan ilustrator fashion sebagai tahap lanjutan dari sebuah desain mentah yang dibuat oleh desainernya. Mereka membuatnya lebih hidup seperti yang dilakukan oleh Victoria’s Secret sebelum mengadakan pertunjukan mode tahunan yang Anda bisa tonton di Youtube.

Apakah Anda mengenal Richard Haines? Ia adalah seorang ilustrator men’s fashion asal New York, Amerika Serikat yang baru saja membuat pelatihan ilustrasi pada Februari lalu di The Courtauld Institute of Art, London.

Memahami Fashion Illustrator, dan Bedanya dengan Fashion Desainer
Image : kevingangi.com

Bila melihat karyanya kamu akan melihat karya yang indah dalam membuat ilustrasi mode pria. Bisa dikatakan ia sudah berhasil membawa kariernya dalam pekerjaan yang menjanjikan. Sosok yang satu ini memang dulunya ingin menajdi fashion designer, tetapi namanya memang lebih kentara sebagai fashion ilustrator.

Ia pernah bekerjasama dengan mana-nama besar seperti Prada, J.Crew, Pennyblack, Il Palacio del Hierro, Calvin Klein, Coach, Georg Jensen, Bobbi Brown, Unionmade Goods, Barneys, dan Mr. Porter. karyanya juga tampil di media publikasis seperti  Grazia, The New York Times Style Magazine, Man of the World, GQ and GQ Italy.

Nah sekarang sudah tahu nih apa bedanya fashion desainer dan fashion illustrator, jadi kamu lebih suka yang mana?

Related posts

Radiohead Rilis Video Musik Baru 'I Promise'

Angga Foster

Samsung Dinobatkan Jadi Smartphone Terbaik Dunia

Angga Foster

Fotografer Yumna Al-Arashi Tantang Persepsi Perempuan Arab

Angga Foster