January 27, 2023
Boleh Music
Musicology

TRUST Orchestra Siap Tampil Di ‘The World Orchestra Festival’ Di Austria

South Jakarta – Orkestra yang merupakan perpaduan instrumen yang dimainkan oleh banyak orang untuk membentuk suatu harmonisasi nada dalam sebuah lagu, mungkin masih kurang populer di Indonesia. Tetapi pencapaian sekumpulan anak muda yang tergabung dalam TRUST ini patut diberikan apresiasi.

TRUST yang merupakan singkatan dari Trinity Youth Symphony Orchestra dibawah pimpinan Dr. Nathania Karina akan berpartisipasi di ‘salah satu festival orkestra terbesar dan bergengsi di dunia, The World Orchestra Festival di Vienna, Austria yang berlangsung pada 1 – 4 Agustus 2019.  Ini merupakan orkestra usia remaja pertama yang akan tampil di gedung pertunjukan terbaik di dunia seperti The Golden Hall Musikverein, The Vienna Boy’s Choir Concert Hall dan Vienna City Hall.

TRUST Orchestra adalah orkestra komunitas remaja pertama di Indonesia akan mengirim 61 musisi muda yang berusia antara 10 sampai 27 tahun yang telah terpilih dari seleksi yang sangat ketat. The World Orchestra sendiri setiap tahunannya hanya menerima 300 aplikasi yang kemudian dipilih 25 penampil di ajang ini.

Dalam acara konferensi pes menjelang keberangkatan TRUST ke Austria yang berlangsung pada Selasa (23/7) hadir Dr. Nathania Karina selaku Chief and Conductor TRUST dan pemain biola ternama Indonesia, Maylaffayza. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Nathania menuturkan tentang beberapa persiapan di ajang ini.

 

“Kita senang sekali disini Trinity Youth Orchestra sebagai orkestra remaja kita bisa dapat dukungan penuh dari kakak-kakak senior seperti Maylaffayza, mas Addie MS, mas Indra Azis, dukungan dari mereka luar biasa banget. Saya sangat berharap keberangkatan TRUST Orchestra ke Vienna dapat menjadi motivasi dan penyemangat untuk musisi muda Indonesia. Mimpi menembus panggung dunia adalah sesuatu yang bisa diwujudkan dengan kerja keras dan kerja sama yang baik antara pemerintah dan pelaku seni.”

Rencananya TRUST akan tampil selama 45 menit dengan membawakan beberapa lagu termasuk beberapa lagu daerah di Indonesia yang dibawakan adalam bentuk orkestra seperti “Rasa Sayange”, “”Bungong Jeumpa”, “Janger”,dan lagu-lagu Sumatera Utara. Selain itu di tengah-tengah pertunjukan nanti, juga akan ada kejutan berupa tari Kecak, Saman dan Ratoh Jaroe yang dilakukan oleh anak-anak TRUST.

“Saya percaya bahwa aktivitas berkesenian, khususnya orkestra, sangat penting dalam pembetukan karakter manusia. Untuk itu  saya selalu bersemangat untuk berbagi dalam dunia musik simfonik selagi mampu, karena dengan cara itu saya bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara dalam membangung manusia unggul Indonesia,” tutur Addie MS yang juga mentor TRUST yang juga hadir.

Selamat untuk TRUST semoga memberikan penampilan yang terbaik dan membanggakan Indonesia.

 

Related posts

Lewati “Despacito” Video “Baby Shark Dance” Jadi Paling Banyak Ditonton Di YouTube

Qenny Alyano

Jurnalis Musik Mudya Mustamin Luncurkan Buku ’25 Tahun AMI Awards’

Qenny Alyano

Titiek Puspa Beri Perhatian Untuk Sesepuh dan Nasionalisme Anak Indonesia

Qenny Alyano