October 20, 2019
Boleh Music
What's New

Kenalkan Formasi Terbaru ST12 Luncurkan Single “Kepingan Hati”

South Jakarta – Band asal Bandung ST12 kembali merilis single terbaru mereka “Kepingan Hati”  dibawah label Big Indie NAGASWARA. Setelah beberapa pekan ramai menjadi perbincangan baik di media konvensional maupun di jejaring sosial, tentang ST12 yang bersatu kembali dengan formasi awal ST12 di gawangi oleh Charly Van Houten sebagai vokalis, Pepeng sebagai gitaris, Pepep sebagai drummer dan pengganti mendiang Iman Rush sebagai gitaris??

Kemudian, berkembang lagi desas desus yang menerpa ST12 pindah label dan akan bersiap mengeluarkan sebuah album baru dengan tampilan formasi teranyarnya. Memasuki bulan Oktober 2019 semua pertanyaan akhirnya terjawab sudah. ST12 kembali hadir dengan menampilkan formasi teranyar sekaligus merilis sebuah single Repackage berjudul “Kepingan Hati” yang akan masuk di  album  ‘#ST12NafasBaru’.

Formasi terbaru ST12 kini terdiri dari Pepep (drummer) Indra (bass) dan Firman Siagian (vokal). Single “Kepingan Hati” sendiri sudah mulai diputar  di radio-radio secara serentak di 3 negara yaitu Indonesia, Singapura dan Malaysia. Dalam konferensi pers dan launching single “Kepingan Hati” yang dipandu moderator Bens Leo dan  berlangsung pada hari Rabu (9/10) di Band Cafe Kemanyoran, Jakarta Pepep sebagai anggota tersisa sejak awal terbentuk  ST12 mengungkapkan,

“Firman Siagian adalah penyanyi yang secara kebetulan mempunyai latar belakang Melayu, yang mana ia lahir di Sumatera Utara, Tapanuli Utara,, tepatnya di kampung Melayu Balige. Oleh sebab itu, kita sama-sama punya basic Melayu, sehingga saya tidak perlu kerja keras untuk menyatukan visi dan misi dalam membentuk colour dan karakter ST12 yang telah menjadi ciri khas ST12 selama ini, yaitu bergenre Pop Melayu.” Sementara  Firman Siagian juga menceritakan ketika ditawari untuk bergabung dengan ST12,  “Bukan hal yang mudah untuk ngemix dengan ST12, karena mereka memiliki karakter yang kuat, ”jawab Firman Siagian, singkat dan padat.

Konferensi pers launching single “Kepingan Hati” di bilangan Kemayoran, Jakarta

 

Kika : Indra, Pepep, Rahayu Kertawiguna dan Firman Siagian

 

Mengenai single  “Kepingan Hati” yang  terinspirasi  dari kisah nyata Pepep mengungkapkan,  “Ya kejadian ini adalah kisah nyata dari sahabat Pepep sendiri, keduanya sahabat Pepep, baik yang laki maupun yang perempuan. Sahabat Pepep yang sakit Leukemia ini 8 tahun lalu sudah pergi beristirahat panjang. Kejadian ini membuat si perempuan sampai saat ini belum mau menikah atau mencari pria pengganti pacarnya, karena ia sangat mencintai prianya tersebut.”  Untuk konsep musiknya sendiri menurut Pepep tidak jauh berbeda dengan album sebelumnya, namun di album sekarang ‘#ST12NafasBaru’ lebih harmonis progresif, jadi lebih moderen baik dari kualitas sound dan aransemennya.

Sementara untuk video musiknya dikerjakan  oleh sutradara handal Eman Pradipta dengan mengambil latar di kawasan Cibubur berkonsep” “True Story” yang diambil dari isi cerita dari lagu “Kepingan Hati” dengan menggabungkan film dan musik. Di tengah ada cerita ada dialog yang sangat menyentuh hati.“Pokoknya lagu “Kepingan Hati” ST12 yang divisualisasikan lewat video klipnya akan sangat menyentuh jiwa, soulnya dapat jika kita menontonya. Lagu ini juga dedikasikan buat sahabat Pepep tersebut dan orang orang yang saling mencintai dan merasa kehilangan akan pasangan hidupnya. Bahwa cinta itu sangat luar biasa dan kita semua layak untuk saling dicintai dan mencintai.” tambah Pepep.

Sejarah singkat ST12 terbentuk pada tahun 2004 silam, berawal dari studio di jalan Stasiun no 12 Bandung, lahirlah sebuah band yang kemudian menjadi pioner munculnya band-band bergenre Melayu. Di studio milik keluarga Pepep itulah mereka Charly, Pepeng dan Pepep menemukan jalan hidup mereka di jalur musik. Namun, segala perjuangan itu menjadi sebuah kenangan setelah Charly dan Pepeng memutuskan keluar dari ST12. Pepep, sebagai proklamator ST12 tetap konsisten dan fokus untuk mempertahankan dan membesarkan ST12. Semoga harapannya bersama formasi baru dengan karya-karya terbarunya, kembali mengulang kesuksesan yang telah diraih sebelumnya.

Related posts

Weki Meki Luncurkan Video Musik Single Baru “Picky Picky”

Qenny Alyano

Band Rock Alternative LIVE dan BUSH Tur Bareng Bertema ‘Alt-Imate Tour’

Qenny Alyano

Krakatau Band Gelar Konser Tunggal Bertajuk ‘PRTHVI MATA’

Qenny Alyano