December 6, 2019
Boleh Music
Editor's Picks Event & Community Flash News

Extreme Dan Powertrip Sukses Tutup Festival Musik ‘JogjaROCKarta 2019’

South Jakarta – Tidak salah bila festival musik ‘JogjaROCKarta’ menjadi agenda wajib tahunan untuk para penggemar musik khususnya musik rock. Memasuki tahun ketiganya, festival musik yang dipromotori oleh  Rajawali Indonesia tersebut sukes digelar pada hari Minggu, 3 November 2019 di Stadion Kridosono Yogyakarta. Tahun ini ‘JogjaROCKarta’ menampilkan band-band cadas tanah air Tumenggung, Trojan, Down For Life, Indra Lesmana Project (ILP), NTRL, Edane dan Jamrud serta dua band internasional, Extreme dan Powertrip.

Semenjak siang hari ratusan penonton dari berbagai daerah di Indonesia sudah hadir di venue acara. Kehadiran mereka selain untuk mengkonfirmasi tiket yang telah dikirim ke email masing-masing juga telah  dibukanya penjualan tiket presale ‘JogjaROCKarta #4” yang akan berlangsung pada hari Minggu, 1 Maret 2020 di Stadion Kridosono, Yogyakarta dengan menampilkan line up utama dua band rock legendaris. Scorpions dan Whitesnake.

Sekitar pukul 14.45, ‘JogjaROCKarta 2019’ dibuka dengan penampilan band metal asal Madiun, Tumenggung dilanjutkan dengan Trojan dari Bali dan Down for Life. Menjelang sore, Indra Lesmana tampil bersama dengan bandnya Indra Lesmana Project (ILP) dengan nomor-nomor kental progressive metal dengan skill tinggi. Usai break adzan Maghrib, giliran band asal Jakarta, NTRL yang tampil bersama dengan drummer formasi awal, Bimo. Membuka dengan “Wa..Lah”, “Bobo” dan “Pucat Pedih Serang”. Di empat lagu berikut, “Pertempuran Hati”, “Terbang Tenggelam”, “Mantra” dan “Sakit Jiwa”, Eno kembali mengisi posisi drums. NTRL menutup penampilan dengan lagu “Desaku” dimana Eno dan Bimo mengisi drums bersama.

NTRL feat Bimo

Edane

Edane menjadi penampil berikutnya di ‘JogjaROCKarta 2019’ . Membuka dengan “Kuliah Pagi”, band yang dimotori gitaris Eet Syahranie tersebut membawakan nomor-nomor andalan mereka seperti “Rock In 82”, “Ikuti” dan ditutup dengan “Kaulah Segalanya”. Yang menarik di sela-sela penampilannya Edane juga menyelipkan lagu “Territory” – Sepultura dan “Back in Black” – AC/DC. Jamrud menjadi penutup dari line up lokal dari festival ‘JogjaROCKarta’ tahun ini. Ribuan penonton yang hadir ikut bernyanyi bersama di nomor-nomor andalan seperti “Bising”,  “Berakit-rakit”, “Ningrat”, “Kabari Aku”, “Putri” dan “Sydney 090102”. Jamrud menutup penampilan dengan “Waktu Kumandi”.

Jamrud

Gary Cherone dan Nuno Bettencourt

Setelah break sekitar 30 menit, akhirnya band yang ditunggu-tunggu oleh para penonton, Extreme, tampil di panggung ‘JogjaROCKarta 2019’. Dengan formasi Gary Cherone (vokal), Nuno Bettencourt (gitar), Pat Badger (bass) dan Kevin Figueiredo (drums), Extreme langsung menggebrak dua nomor dari album tersukses mereka ‘Extreme II Pornograffitti’, “It (‘s a Monster)” dan  “Get the Funk Out” membuat penonton memanas. Yang menarik adalah background panggung pun disulap sesuai cover album dari lagu yang mereka bawakan. “Rest In Peace” menjadi lagu selanjutnya dan menjadi salah satu yang ditunggu oleh penonton, disusul dengan “Play with Me” dari debut album self tittle mereka.

Tempo pertujukan sedikit turun saat Gary dan Nuno masing-masing duduk kursi. “Kalian pasti tahu lagu ini, ada dua orang ada dua kursi.” Nuno kemudian memainkan intro gitar lagu “Stairway to Heaven”. “Tidak, itu bukan lagu kami” ujar Nuno yang disambut tawa penonton. “More Than Words” menjadi lagu selanjutnya yang dibawakan Extreme dengan sambutan koor ribuan penonton yang hadir. Lagu yang pernah mencapai nomor satu di Billboard Hot 100 dan membuat nama Extreme mendunia, menjadi yang paling dikenal dan ditunggu oleh para penonton Extreme di ‘JogjaROCKarta 2019’. “Cupid’s Dead” menjadi nomor selanjutnya yang dibawakan selain “Rest in Peace” dari album ketiga mereka ‘III Sides To Every Story’. Usai membawakan “Hole Hearted”, giliran Nuno yang bersolo gitar di nomor “Flight of the Wounded Bumblebee” dan dilanjutkan dengan “Decadence Dance”. Satu nomor yang menjadi penutup penampilan Extreme adalah lagu dari band legendaris Queen, “We are the Champion”. Nuno sang gitaris kemudian turun dari panggung dan menyapa serta bersalama dengan para penonton di barisan depan.

Extreme

Power Trip

Meskipun Extreme menjadi line yang paling ditunggu namun tidak menyurutkan semangat band penutup di gelaran festival di ‘JogjaROCKarta 2019’. Ribuan penonton tetap setia menunggu penampilan Power Trip, band metal asal Dallas, Texas, Amerika Serikat yang terbentuk pada tahun 2008 silam. Band yang digawangi Riley Gale (vokal), Chris Ulsh (drums), Chris Whetzel (bass), Blake “Rossover” Ibanez (gitar), dan Nick Stewart (gitar) tampil ganas dengan nomor-nomor diantaranya “Manifest Decimation”, “Executioner’s Tax (Swing of the Axe)”, Crucifixation, “Soul Sacrifice” dan “Firing Squad” yang diambil dari dua album mereka ‘Manifest Decimation’ (2013) dan ‘Nightmare Logic’ (2017).

Sampai jumpa di ‘JogjaROCKarta #4’ tahun depan

Related posts

Janapati Siap Gelar Konser Orchestra Perdana 30 Agustus 2019

Qenny Alyano

Ismaya Live Akhirnya Umumkan Lineup Lengkap DWP 2019

Qenny Alyano

‘Usaha Mandiri Kreatif’ Edisi Perdana Bahas Content Creative Dan Seluk Beluk Event Organizer

Qenny Alyano