January 19, 2020
Boleh Music
Musicology

Tahun 2019 Penjualan Musik Digital Di Inggris Pecahkan Rekor Tembus $ 1,3 Milliar

South Jakarta – Tahun 2019 baru saja berlalu. Industri musik terutama musik digital di Inggris, mengalami kenaikan drastis di tahun 2019 lalu. Seperti dilansir Billboard, penjualan streaming melampaui £ 1 miliar ($ 1,3 miliar) di Inggris pada tahun 2019, membantu mendorong kenaikan 7,1% dalam pengeluaran musik secara keseluruhan, menurut angka akhir tahun yang dikeluarkan oleh Entertainment Retailers Association (ERA).

Temuan ERA mengikuti jejak laporan tahunan BPI, yang menemukan bahwa  114 miliar lagu rekaman diputar di Inggris tahun lalu dan setara dengan 154 juta album dibeli di semua format, naik 7,5% dibandingkan tahun  2018. Meskipun demikian, temuan ERA dan BPI ada perbedaan dimana ERA  fokus pada pengeluaran ritel di Inggris, sedangkan BPI mengukur tingkat konsumsi musik. Keduanya menggunakan data Official Charts Company. Penjualan musik digital mengalami kenaikan 23% yang menembus angka£ 1 miliar ($ 1,3 miliar) untuk pertama kalinya dan merupakan empat kali lipat dari yang dihabiskan orang Inggris untuk streaming musik  lima tahun yang lalu.

Total penjualan rekaman musik yang direkam di Inggris di semua format adalah £ 1,4 miliar tahun lalu, naik 7,1% dibandingkan pada 2018. Dalam keterangannya, CEO ERA Kim Bayley mengatakan bahwa pada tahun 2019 menandai “akhir dari salah satu dekade paling kacau dalam sejarah hiburan Inggris.” Dia memuji inovasi dan investasi layanan digital dan pengecer dengan mendorong transformasi dari pasar kepemilikan fisik menjadi salah satu konsumsi digital.

“Karena semakin banyak orang mendaftar untuk layanan streaming, jelas menjadi tantangan untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan yang sama,” kata Bayley. “Tapi faktanya adalah penggemar musik Inggris membelanjakan £ 190 juta lebih untuk berlangganan layanan streaming  pada tahun 2019 daripada yang mereka lakukan tahun sebelumnya – itu lebih dari dua kali nilai seluruh pasar vinyl.”

Seperti diberitakan sebelumnya, debut album musisi Lewis Capaldi ‘Divinely Inspired to a Hellish Extent’ menjadi album terlaris tahun 2019  di Inggris dengan penjualan sekitar 641.000 dimana lebih 60% dari yang dikonsumsi pada streaming dan layanan digital. Di tempat kedua, proyek album ‘No. 6 Collaborations Project’ – Ed Sheeran (568.000 unit / 63% digital), diikuti oleh soundtrack film ‘The Greatest Showman’ (523.000 unit / 60% digital) dan debut dari Billie Eilish ‘When We All Fall Asleep, Where Do We Go?’ (370,000 units/73% digital).

Related posts

Arab Saudi Sukses Gelar Festival EDM Dunia ‘MDL Beast’ Selama 3 hari

Qenny Alyano

Daftar 10 Subgenre Musik Metal Yang Paling Aneh

Angga Foster

Hak Cipta dan Royalti atas Lagu Daerah

Angga Foster