September 20, 2020
Boleh Music
Gearsician What's New

Legenda Musik Rock & Roll Little Richard Meninggal Dunia Di Usia 87

South Jakarta – Dunia musik rock & roll kehilangan salah satu ikon terbaiknya.Legenda  musik rock & roll yang mempunyai suara melengking kencang, pakaian flamboyan, dan kepribadian yang menggembirakan, Little Richard, meninggal dunia pada hari Sabtu 9 Mei 2020 di usia 87 tahun. Kabar duka tersebut disampaikan putranya Danny Jones Penniman, dan pengacara sang musisi musisi, Bill Sobel, yang menambahkan bahwa penyebab kematian adalah kanker tulang.

Little Richard dikenal sebagai seorang penyanyi, penulis lagu, dan musisi Amerika. Dia adalah tokoh berpengaruh dalam musik dan budaya populer selama tujuh dekade. Dijuluki “Sang Inovator, Sang Pencipta, dan Arsitek Rock and Roll”. Lahir dengan nama Richard Wayne Penniman pada 5 Desember 1932 di Macon, Georgia, Amerika Serikat. Karir bermusiknya dimulai saat ia tampil di depan tokoh blues, Sister Rosetta Tharpe dan mendapat pujian.

Little Richard mulai dikenal saat merilis single “Tutti Frutti” (1955) yang mencapai tangga lagu pop di Amerika Serikat dan luar negeri di Inggris. Single hit Richard berikutnya, “Long Tall Sally” (1956) menjadi  hit No 1 di chart Billboard Rhythm dan Blues Best-Sellers, diikuti oleh sukses cepat dari lima belas hit single lainnya termasuk “Slippin’ and Slidin'”, “Rip It Up”, “Ready Teddy”, “The Girl Can’t Help It” dan “Lucille” dalam waktu kurang dari tiga tahun. Penampilannya selama periode ini menghasilkan integrasi antara orang kulit putih Amerika dan Afrika-Amerika di antara para pendengarnya.

Nama Little Richard kemudian disejajarkan dengan penyanyi top di era itu seperti Elvis Presley, Buddy Holly, Bill Haley, Jerry Lee Lewis, Everly Brothers, Gene Vincent dan Eddie Cochran, yang ternyata juga pernah membawakan karyanya. Nama Little Richard dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai bagian dari kelompok pertama  pada tahun 1986. Dia juga dilantik ke dalam ‘Songwriters Hall of Fame’. Dia juga menjadi penerima Lifetime Achievement Award dari Recording Academy dan Lifetime Achievement Award dari Rhythm and Blues Foundation.

Related posts

Harapan Payung Teduh Terhadap Pandemi COVID-19 Di Single Baru “Renung”

Qenny Alyano

Inilah Daftar Lengkap Nominasi MTV Video Music Awards (VMA’s) 2020

Qenny Alyano

Unik! Bertema Reggetron Thalasya Rilis Single “Be Happy”

Qenny Alyano