July 2, 2020
Boleh Music
New Comers

Hubungan Percintaan Ala AIP DPO Di Single “Kamu Bilang Aku Jahat (KBAJ)”

South Jakarta -AIP DPO, yang memiliki nama asli Hadi Arif adalah seorang solois yang mempunyai karakter musik yang unik dan dengan karakter vokal yang sedikit berat. Mengawali karier sebagai seorang gitaris, Aip Dpo sudah mengenal musik sejak di bangku sekolah dan sempat membuat sebuah grup band bersama rekan-rekannya.  Lalu ia menjajal kemampuannya sebagai vokalis dibeberapa band dengan berbagai jenis musik dan ikut dalam event dan festival-festival musik sekitar tahun 2003-2004. Pengalaman tersebut membuat Aip Dpo memiliki banyak teman, rekan musisi dan seniman yang memberikan dorongan untuk membuat karya sendiri. Setelah lama Aip Dpo melanglang buana akhirnya bertemu dengan seorang teman dan sahabat yaitu Nyonk Kunci, seorang produser musik yang menyukai musisi atau penyanyi yang berkarakter unik.

Ia pun mulai menulis banyak lagu dan memiliki satu album dengan single andalan yang berjudul “Cerita Si Alan”. Aip memilih mengusung genre Folk di semua karya-karyanya. “Buat karya sendiri tadinya hanya untuk konsumsi pribadi aja, tidak ada keinginan untuk cetak fisik dan lain-lain. Sampai ada dorongan dari teman-teman untuk buat album, jadi bikin gue tertantang untuk membuatnya”, ucap Aip.

Kini Aip Dpo merilis single terbarunya yang berjudul “Kamu Bilang Aku Jahat (KBAJ)”. Lagu yang ditulisnya sendiri berdasarkan cerita salah satu rekannya ini, mengangkat tema tentang hubungan percintaan yang sudah tidak sehat dimana salah satu pasangan ingin menyatakan putus. “Biasanya dalam setiap hubungan sepasang kekasih, kita akan selalu mendengar kata ‘kamu jahat.. kamu jahat..’ di setiap pertikaian. Tapi gue punya pemikiran lain, sebenarnya mungkin bukan karena cowoknya yang jahat tapi mungkin karena banyak hal yang memicu kekesalan, jadi terlontarlah kata-kata itu dari si cewek. Tapi si cowok bingung aja bagaimana menjelaskannya”, jelas Aip Dpo.

Selalu tampil dengan gitar akustik, Aip Dpo memiliki cara penulisan lirik yang menarik. Penggunaan rangkaian kata yang unik, disampaikan dengan apa adanya dan tanpa kata-kata puitis. Ia juga selalu menuangkan curahan hatinya kedalam karyanya dengan tema-tema cinta, sosial dan kehidupan.”Lagu ini gue buat cukup spontan sih, lagi main gitar tiba-tiba dapat nadanya. Sebenarnya lagu ini sudah ada pas gue selesai album pertama dan memang sudah dipersiapkan untuk album kedua. Untuk proses rekaman, cukup cepat yah. Materi gue bawa ke studio, gue kulik ditempat, langsung rekaman sampai selesai jadi satu lagu”, ungkap Aip soal proses rekamannya.

Aip Dpo berusaha memberikan sesuatu yang baru di dunia musik Indonesia. Walau menjadi seorang solois di era sekarang, akan sedikit berat untuk bersaing dengan musisi-musisi dengan genre yang sama, tidak membuat Aip Dpo patah semangat. “Karena buat gue, musik itu seperti nafas. Gue dulu pernah untuk beberapa waktu berhenti main musik, bekerja jadi karyawan di sebuah pabrik. Tapi enggak bisa tuh, lama-lama jadinya pusing. Mungkin karena sudah terbiasa menyampaikan sesuatu lewat musik yah. Walaupun kondisi dunia musik sedang sulit sekarang ini, gue sih optimis aja. Musik itu kan untuk menghibur, semoga karya gue ini juga seperti itu, bisa dinikmati oleh semua orang dan bisa turut memajukan industri musik  Indonesia”, ujar Aip Dpo.

Composer : Aip Dpo

Music : Aip Dpo

Sound Enginer : Nabil Sungkar

Mixing & Mastered : Nabil Sungkar

Produser : Nyonk Kunci

Studio Tracking : Play Record

Label : Loteng Musik

(SPR)

Related posts

3 COMPOSERS Rilis Single Baru “Matahari Di Mata Hati” Padukan Beragam Genre

Qenny Alyano

Moovment Music Rilis Single Anima Feat Andy Arsyil “Katakanlah” OST ‘Molulo 2 Jodohku Yang Mana’

Boleh Music

Rilis Single “Younger Sun” His & Hers Ingin Menghidupkan Kejayaan Britpop

Qenny Alyano