January 18, 2021
Boleh Music
What's New

Album ‘OK Computer’ Radiohead Terpilih Jadi ‘The Ultimate 90s Album’ Versi BBC

South Jakarta – Album apakah dari band 90-an yang mewakili generasi era itu ? Kantor berita dan penyiaran Inggris, The British Broadcasting Corporation atau dikenal dengan BBC mengadakan polling atau jejak pendapat melalui acara Fearne Cotton yang bertajuk ‘Sounds of the 90s’ . Acara tersebut disiarkan di Radio 2 dan BBC Sounds, dimana para pendengar diminta untuk memilih dari daftar pendek album yang disusun oleh panel angka industri musik termasuk kepala musik Radio 2 dan ketua juri Mercury Prize,  Jeff Smith, DJ  Radio 2, Trevor Nelson dan Ana Matronic dari grup Scissor Sisters. Jejak pendapat tersebut diberi judul ‘Ultimate 90s Album’ .

Dari hasil polling tersebut, album ‘OK Computer’ dari band Radiohead terpilih menjadi album terbaik era 1990-an. Album yang dirilis pada 21 Mei 1997 dibawah label  Parlophone dan Capitol Records dan  diproduseri oleh Nigel Godrich berhasil meraih suara terbanyak mengungguli album lainnya. Meskipun demikian band britpop asal Manchester, Oasis yang berada di tempat kedua dengan album (What’s The Story) Morning Glory’ menjadi satu-satunya band yang menempatkan dua album dalam daftar dimana album lainnya adalah debut album mereka, ‘Definitely Maybe’.

Nama lainnya yang masuk dalam polling 10 teratas adalah Nirvana dengan ‘Nevermind’ , REM dengan ‘Automatic For The People’, Pulp dengan ‘Different Class’ dan U2 – ‘Achtung Baby’. Menanggapi hasil tersebut, drummer band Radiohead, Philip Selway mengungkapkan, “Bekerja dengan [produser] Nigel Godrich di album itu benar-benar membebaskan kami dan memberi sesi kami perasaan memiliki sekolah setelah semua guru pulang”.

‘OK Computer’ merupakan album ketiga dari band asal Inggris Radiohead yang terbentuk pada tahun 1985 di  Abingdon, Oxfordshire, Inggris. Dari album ini lahir sejumlah single dari band yang terdiri dari Thom Yorke (vokal,gitar,keyboard),Jonny Greenwood (gitar, keyboards,), Colin Greenwood (bass), Ed O’Brien (gitar) dan Philip Selway (drums) diantaranya  “Paranoid Android”, “Karma Police”, “Lucky” dan “No Surprises”.

Berikut 10 album terbaik era 1990-an hasil polling BBC

1. Radiohead – ‘OK Computer’
2. Oasis – ‘(What’s The Story) Morning Glory’
3. Nirvana – ‘Nevermind’
4. Oasis – ‘Definitely Maybe’
5. R.E.M. – Automatic For The People’
6. Pulp – ‘Different Class’
7. Alanis Morissette – ‘Jagged Little Pill’
8. The Verve – ‘Urban Hymns;
9. Primal Scream – ‘Screamadelica’
10. U2 – ‘Achtung Baby’

Related posts

Simak Nominasi Lengkap American Music Awards 2020

Qenny Alyano

The Rolling Stones Rilis Single Baru “Living in a Ghost Town” Saat Masa Pandemi

Qenny Alyano

Powerslaves Rilis Ulang Lagu “Impian” Siap Lepas Album ‘The Best’

Qenny Alyano