July 2, 2020
Boleh Music
Gearsician What's New

Gitar Kurt Cobain Saat Rekaman ‘MTV Unplugged’ Terjual $ 6 Juta

South Jakarta – Siapa yang tidak tahu dengan sosok Kurt Cobain, vokalis dan gitaris band Nirvana yang besar di awal tahun 1990-an. Salah satu peninggalan dari ikon musik grunge yaitu gitar akustik electric Martin D-18E 1959 yang digunakan saat sesi rekaman album ‘MTV Unplugged in New York’ pada tahun 1994 silam. terjual dengan harga $ 6 juta atau sekitar Rp 85,4 miliar.  Penjualan ini memecahkan rekor harga gitar yang sebelumnya dipegang oleh gitar Fender Black Stratocaster milik personil band Pink Floyd, David Gilmour, dengan harga $  3,95 juta atau sekitar Rp 56,2 miliar.

Seperti diumumkan oleh situs lelang Julien, julienslive.com, ada 7 orang yang ikut dalam sesi lelang gitar mendiang Kurt Cobain tersebut. Setelah melalui beberapa tahap, akhirnya lelang gitar tersebut dimenangkan oleh Peter Freedman, pemilik studio rekaman RODE Microphones dengan harga S 6,010 juta. Dalam keterangannya, Peter Freedman mengungkapkan tentang ketertarikannya akan gitar tersebut, “Ketika saya mendengar bahwa gitar ikonik ini siap untuk dilelang, saya segera tahu itu adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk mengamankannya dan menggunakannya sebagai kendaraan untuk menyoroti perjuangan yang dihadapi dan selalu dihadapi oleh orang-orang dalam seni pertunjukan.”

“Nirvana Unplugged adalah salah satu rekaman favorit saya sepanjang masa dan dengan mudah salah satu pertunjukan live terbaik yang pernah direkam dalam film. Mereka sangat mempengaruhi saya; awal 90-an adalah tahun-tahun awal Rode, dan musik Nirvana menjadi soundtrack masa itu dalam hidup saya dan era perusahaan itu. ” tambah Peter Freedman.

Gitar akustik 1959 Martin D-18E yang dipakai Kurt Cobain untuk rekaman ‘MTV Unplugged in New York’ ( foto : julienslive.com )

 

Gitar akustik 1959 Martin D-18E yang dipakai Kurt Cobain untuk rekaman ‘MTV Unplugged in New York’ ( foto : julienslive.com )

Gitar akustik 1959 Martin D-18E yang dipakai Kurt Cobain untuk rekaman ‘MTV Unplugged in New York’ ( foto : julienslive.com )

 

Sementara Darren Julien, presiden dan CEO rumah lelang Julien, sebelumnya mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Gitar penting ini telah mendapatkan tempat yang tepat dalam sejarah rock & roll sebagai instrumen yang dimainkan oleh salah satu musisi dan ikon rock paling berpengaruh di salah satu pertunjukan live terbesar dan paling berkesan sepanjang masa,”

Selain gitar, pemenang lelang tersebut juga mendapatkan hardcase asli yang dihiasi oleh Kurt Cobain dengan selebaran untuk album band tahun 1990 Poison Idea, ‘Feel the Darkness’. Di dalam hardcase itu juga terdapat sebungkus senar gitar Martin yang sudah setengah digunakan, tiga pilihan, dan “tas suede‘ simpanan ’” yang didekorasi dengan sendok perak kecil, garpu, dan pisau. Peter Freedman juga mengatakan bahwa dia berencana untuk menampilkan gitar tersebut dalam sebuah tur pameran di seluruh dunia, dengan semua hasilnya untuk dunia pertunjukan.

Related posts

25 Tahun Berkarya GIGI Rilis Mini Album Dan Box Set Exclusive

Qenny Alyano

Goodnight Electric Kembali Dengan Dua Single Berbahasa Indonesia “VCR” Dan “Erotika”

Qenny Alyano

Umumkan Tur Perpisahan Slayer Akhiri Karir Di Musik ?

Qenny Alyano