July 2, 2020
Boleh Music
Event & Community

‘FLAVS Virtual Festival’ Digelar Agustus 2020 Siap Menjadi ‘The Biggest Hip Hop, Soul, R&B Virtual Festival in Indonesia’

South Jakarta – Lama tak terdengar kabar mengenai kelanjutan penyelenggaraan FLAVS – A Hip Hip, Soul, R&B Festival besutan promotor Visicita Network dan Dyandra Promosindo yang semula dijadwalkan terlaksana pada 4 dan 5 April 2020, namun terpaksa diundur akibat wabah pandemi COVID-19 yang mulai merebak di Indonesia pada awal bulan Maret lalu. Nyatanya wabah ini menjadi pukulan terberat bagi seluruh pelaku industri kreatif dan seni pertunjukan di seluruh dunia. Hampir seluruh jadwal pertunjukan festival di seluruh dunia dipastikan batal terselenggara di tahun 2020, namun tidak bagi FLAVS Festival.

Seiring dengan berjalannya waktu, perlahan muncul secercah harapan dalam upaya merealisasikan penyelenggaraan festival. Setelah melalui proses diskusi dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun sesama pelaku seni pertunjukan, akhirnya ‘FLAVS’ memutuskan untuk merubah konsep acara menjadi virtual festival. Langkah ini diambil demi menyejukan haus dahaga penikmat musik akan sajian pertunjukan dari musisi Hip Hop, Soul, R&B terbaik di tanah air.

Terselenggaranya konsep baru FLAVS nantinya akan mengikuti himbauan dan instruksi pemerintah mengenai standar protokol kesehatan bebas COVID-19 sehingga tercipta rasa aman dan nyaman akan perlindungan kesehatan bagi kru dan artis yang terlibat saat festival berlangsung. ‘FLAVS Virtual Festival’ akan terselenggara pada tanggal 15 dan 16 Agustus 2020 yang dapat dinikmati audiens secara online di rumah masing-masing selama 12 jam non-stop. Keistimewaan dari ‘FLAVS Virtual Festival’ nantinya akan mengadopsi gaya lama memilih dan menikmati pertunjukan yang sedang berlangsung secara simultan dari 4 studio yang berbeda dan disaksikan secara online.

Bagi pemilik tiket kategori ‘FLAVS Daily Pass’, dapat berinteraksi dengan antar sesama penonton di chat room. Namun bagi pemilik tiket kategori ‘Home Weekend Party’, akan memiliki aksesibilitas interaksi lebih atraktif dengan hadirnya fitur penampakan visual penonton, sehingga dapat berinteraksi dengan sesama penonton ‘Home Weekend Party’ lainnya atau bahkan dengan artis yang sedang tampil.

“FLAVS Virtual Festival secara teknis djalankan dengan sistem broadcast yang dapat diakses melalui internet, sehingga di masa pandemi ini para penggemar musik Hip Hop, Soul, R&B masih tetap dapat menikmati suguhan pertunjukan dari rumah sambil berinteraksi secara virtual tanpa harus bersentuhan fisik.” ujar Tri Sasongko Santoso selaku Technical Director FLAVS Virtual Festival.

Sebelum terjadinya wabah pandemi COVID-19, FLAVS Festival telah mengumumkan sejumlah nama artis internasional yang direncanakan tampil pada bulan April lalu, diantaranya Tyga (Amerika), Azealia Banks (Amerika), dan Lil Pump (Amerika). Namun melihat perkembangan situasi dan kondisi yang hingga kini tidak memungkinkan bagi artis tersebut untuk tampil di FLAVS, maka pihak penyelenggara menyatakan akan tetap melangsungkan acara secara online tanpa adanya artis internasional.

Line up ‘FLAVS Virtual Festival 2020’

Di sisi lain, FLAVS Virtual Festival akan menampilkan 48 musisi tanah air sebagai bintang utama festival, diantaranya:

1. Adrian Khalif,
2. Bakuucakar Reminiscing
Glenn Fredly
3. Boogieman & Kenny Gabriel
4. Boyz Got No Brain
5. Brown Sugar
6. De La House Live
7. Dekat
8. Epo D’Fenomeno
9. Evildope
10. Eyefeelsix
11. Fade2Black
12. Gamaliel
13. Indobeatbox
14. Imaniar
15. Iwa K
16. Jemima
17. Jerefundamental
18. Joe Million
19. Krowbar, Insthinc,
Regular Kid
20. Laze
21. Maliq & D’Essentials
22. Macell
23. Mattermos
24. Mukarakat & Goldvoice
25. NEO
26. Pon Your Tone Soundsystem
27. Preachja Crew
28. Ramengvrl
29. Rap Legacy
30. Ras Muhamad
31. Reza Artamevia
32. Rinni Wulandari
33. Rontak
34. Sade Susanto
35. Saykoji
36. Sonjah
37. Soul Menace Soundsystem
38. T-Five
39. Teddy Adhitya
40. Teza Sumendra
41. Tuan Tigabelas
42. Vocalizm
43. WestwewSquad
44. Yura Yunita

“FLAVS di tahun 2020 fokus untuk menampilkan musisi nasional dulu, supaya temanteman musisi kembali bangkit semangatnya untuk berekspresi di kala pandemi dan turut mendorong industri kreatif kembali aktif. Kami beruntung karena konsep ini juga didukung oleh para musisi yang siap tampil maksimal secara virtual sesuai dengan protokol kesehatan yang telah disiapkan FLAVS.” ucap Yacko selaku Program Director FLAVS Virtual Festival.

Rencananya pihak FLAVS akan melakukan pengembalian dana atas tiket yang telah terjual kepada pembeli dalam waktu dekat ini. Untuk penjualan tiket ‘FLAVS Virtual Festival’ yang terselenggara pada 15-16 Agustus 2020 akan dilakukan penyesuaian harga tiket baru dan bisa didapatkan website www.flavs.id mulai tanggal 24 Juni 2020.

Menghadapi adaptasi kebiasan baru di tengah masyarakat yang produktif, pertimbangan kesehatan dan kebersihan menjadi agenda prioritas dalam rencana proses produksi pelaksanaan ‘FLAVS Virtual Festival’. Penanganan standar protokol kesehatan di lokasi studio pertunjukan akan berlaku bagi pihak siapapun yang terlibat, mulai dari pekerja, artis, hingga kru artis sekalipun, guna mencegah terjadinya penularan virus COVID-19 di lokasi. Upaya pemberlakuan protokol kesehatan dan kebersihan di ‘FLAVS Virtual Festival’ nantinya akan diterapkan secara kompleks oleh penyelenggara, mulai dari pengecekan suhu tubuh, mewajibkan penggunaan masker dan face shield, pengawasan pembatasan berjarak antar individu minimal 1 meter, penyediaan area cuci tangan di berbagai titik, hingga penyemprotran disinfektan secara berkala di setiap lokasi acara. Penerapan protokol kesehatan ini mengikuti aturan dasar dari Keputusan Menteri Kesehatan no. HK.01.07-Menkes-382-2020 tentang ‘Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan COVID-19’.

Sesi konfereensi pers “FLAVS Virtual Festival 2020′ yang berlangsung pada hari Rabu, 24 Juni 2020 secara daring.

“Kami berusaha keras untuk memberikan suguhan terbaik dengan mentaati peraturan standar protokol kesehatan secara ketat. Keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pihak yang terlibat akan menjadi pertimbangan utama. Semoga dengan hadirnya FLAVS menjadi obat pelipur lara di bagi penikmat musik sekaligus menjadi inovasi berkreasi di tengah masa yang sulit ini. ” jelas M. Riza selaku Festival Director FLAVS. Hal serupa juga disampaikan oleh President Director Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh. Dyandra Promosindo berinovasi untuk membawakan konsep hibrida pada setiap penyelenggaraan event mendatang. Kesempatan ini juga merupakan kolaborasi bersama Visicita Network.

“Dalam situasi seperti ini, kami di tuntut untuk tetap eksis dan berinovasi, salah satu caranya dengan berkolaborasi bersama dengan unit bisnis lainnya. Maka dengan diselenggarakannya FLAVS merupakan kesempatan kami menampilkan inovasi terbaru di tengah kenormalan yang baru ini.”, terang KoHen, sapaan akrab Hendra Noor Saleh.

Semangat FLAVS untuk hadir di tahun 2020 tak gentar walau diterpa badai bertubitubi sekalipun. Menjadi ruang kreasi dan hiburan bagi penikmat musik di tanah air menjadi landasan gairah FLAVS Virtual Festival untuk tetap melanjutkan acara. Bersiaplah untuk menikmati ‘The Biggest Hip Hop, Soul, R&B Virtual Festival in Indonesia’ pada 15 dan 16 Agustus 2020 mendatang.

“We bring flava in your ear!”

(SPR)

Related posts

Begini Keseruan Konser ‘Noah x Yovie And His Friends 10 Years of Brilliant Show’

Boleh Music

Menikmati Musik Jazz Di Ketinggian Di ‘Jazz Gunung 2019’

Qenny Alyano

Digelar 2 Hari ‘Oktobeerfeast 2019’ Hadirkan Musik, Bir, Makanan Dan Permainan

Qenny Alyano