September 22, 2020
Boleh Music
Event & Community

Program #MusikalDirumahAja Hadirkan Cerita Roro Jonggrang Kekinian

South Jakarta – Program #MusikalDirumahAja yang menampilkan 6 cerita rakyat Indonesia dan melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia, dengan format online kembali hadir dengan episode terbaru. Musikal yang dipersembahkan oleh BOOW LIVE X Indonesiakaya.com ini menampilkan lakon berjudul Rara J yang merupakan adaptasi kisah Rara Jonggrang, cerita rakyat dari Jawa Tengah. Episode ketiga #MusikalDiRumahAja ini dapat disaksikan secara bebas mulai hari ini pukul 20.00 WIB di akun Youtube IndonesiaKaya.

Titien Wattimena bekerja sama dengan Chriskevin Adefrid, Venytha Yoshiantini dan Ivan Tangkulung dari TEMAN (Teater Musikal Nusantara) sebagai penulis naskah Rara J, mengadaptasi cerita rakyat Rara Jonggrang dan mengaplikasikannya dalam kehidupan generasi muda pada masa kini. Berkisahkan tentang seorang lelaki bernama Bandung yang jatuh cinta kepada perempuan bernama Rara. Kemudian Rara memberikan syarat kepada Bandung jika ingin cintanya diterima. Syarat itulah yang kemudian menjadikan Rara diam-diam ternyata mencintai Bandung. Bagaimanakah kelanjutan kisah cinta Rara J dan Bandung?

Episode kali ini menggambarkan bagaimana kehidupan seorang vlogger yang telah sukses di dunia media sosial memberi tantangan kepada seorang pria yang sedang mendambakan cinta. Melalui proses produksi yang dirancang secara sederhana tetapi tetap memperhatikan unsur detail kehidupan remaja, produksi ini menampilkan kesederhanaan dalam konten yang padat dengan pesan moral kehidupan zaman sekarang.

Daniel Ongko sebagai Bandung ( foto : istimewa )

Neala Vangelin sebagai Rara J foto : istimewa )

 

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat Indonesia yang telah menyaksikan dua episode penayangan #MusikalDirumahAja yang sudah mencapai lebih dari 500.000 penayangan. Hari ini penikmat seni dapat menyaksikan #MusikalDiRumahAja episode ‘Rara J’ yang tidak hanya mengangkat cerita rakyat Rara Jonggrang, namun juga mengadaptasinya ke zaman kekinian sehingga lebih dekat dengan kehidupan generasi muda saat ini. Rara Jonggrang yang dalam legenda merupakan seorang putri, dalam episode ini dikisahkan sebagai seorang vlogger yang terkenal dan adaptasi tokoh-tokoh kekinian lainnya menjadikan episode ini sangat menghibur namun tetap memuat pesan moral bagi para penikmat seni,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Indonesiakaya.com.

Kisah ‘Rara J’ ini diramaikan oleh para pemain yang mendukung pertunjukan #MusikalDirumahAja seperti Daniel Ongko sebagai Bandung, Neala Vangelin sebagai Rara J, Damien Errol Jonathans sebagai Workout Influencer, Aldafi Adnan sebagai Mukbang Influencer, Zaya Fadhillah sebagai Kpop Influencer, Tina Simanjuntak sebagai Mama Rara. Episode ini juga diproduseri Bayu Pontiagust dan disutradarai oleh sutradara teater Chriskevin Adefrid dan Venytha Yoshiantini sekaligus koreografer dan manajer panggung. Sutradara teater ini juga berkolaborasi dengan sutradara film Naya Anindita, asisten sutradara Habibie Alkateer.

Selain itu banyak juga pihak-pihak yang turut terlibat seperti Ivan Tangkulung yang memberikan sentuhan melodi indah sebagai penata musik, penulis lirik dan komposer, Gerry Habir sebagai sinematografer, penata artistik dipegang oleh Jacobas Dimas, penata suara oleh Decky Nelwan dan alunan selaku audio post. Tim produksi ini juga diisi oleh Muthiara Rievana, Tary sebagai penata busana, Super 8MM studio sebagai penyunting video, Venytha Yoshiantini sebagai koreografer, Ronald Soe sebagai koreografer penari dan para penari dari Team Roro.

Daniel Ongko sebagai Bandung dan Neala Vangelin sebagai Rara J foto : istimewa

 

Seluruh Narasumber foto : stimewa

Naya Anindita selaku sutradara film dalam episode Rara J ini mengatakan, “Menjadi bagian dari program #MusikalDiRumahAja ini memberikan energi baru bagi saya untuk menjadikan keterbatasan yang ada menjadi sesuatu pengalaman menarik dalam menciptakan sebuah karya yang diadaptasi dari cerita legenda yang dikemas secara ringan kekinian. Di sini saya bekerja sama dengan sinematografer Gerry Habir dan diproses produksi pada kisah Rara J kali ini juga sangatlah menarik, karena proses syuting ini memanfaatkan teknologi yang dekat dengan genggaman kita sehari-hari dan seluruh adegan pada proses syuting ini menggunakan Iphone.”

“#MusikalDirumahAja yang mengangkat cerita rakyat lalu diadaptasi dengan kehidupan masa kini merupakan hal yang menarik di industri kreatif dan belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh saya. Ada banyak tantangan untuk memproduksi sebuah karya di tengah pandemi dengan pemberlakuan pembatasan sosial namun tim produksi Rara J ini sungguh luar biasa. Tiap orang memberikan energi positif dan berusaha memberikan yang terbaik sehingga pertemuan-pertemuan virtual untuk latihan hingga syuting menjadi hal yang  sangat menyenangkan bagi saya. Semoga penampilan kami dapat menghibur serta menginspirasi para penikmat seni di rumah,” ujar Neala Vangelin yang berperan sebagai Rara J.

Kegiatan #MusikalDiRumahAja juga mengajak para penikmat seni untuk mendukung para Pekerja Seni dan penanganan Covid-19 dengan menyalurkan bantuan melalui website https://kitabisa.com/campaign/boowlive dan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GOPAY/LinkAja/JeniusPay/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Setiap rupiah yang disumbangkan merupakan uluran tangan penuh arti bagi pekerja seni Indonesia.

Berikut adalah jadwal penayangan #MusikalDiRumahAja:

Hari, tanggal

Pukul

Kamis, 06 Agustus 2020

20.00 WIB

Judul RARA J
Sutradara Teater Chriskevin Adefrid
Sutradara Teater, Koreografer & Manager Panggung Venytha Yoshiantini
Sutradara Film Naya Anindita
Komposer, Penata Musik, Penulis Lirik Ivan Tangkulung
Penulis Naskah & Lirik Titien Wattimena & Ivan Tangkulung
Pemain Daniel Ongko sebagai Bandung

Neala Vangelin sebagai Rara J

Damien Errol Jonathans sebagai Workout Influencer

Aldafi Adnan sebagai Mukbang Influencer

Zaya Fadhlillah sebagai Kpop Influencer

Tina Simanjuntak sebagai Mama Rara

 

Hari, tanggal

Pukul

Kamis, 13 Agustus 2020

20.00 WIB

Judul SANGKURIANG
Sutradara Teater Maera
Sutradara Film & Sinematografer Tanta Ginting
Penata Musik & Komposer  Ava Victoria & Ifa Fachir
Penulis Lirik Titien Wattimena & Maera
Pemain Taufan Purbo sebagai Sangkuriang

Kikan Namara sebagai Dayang Sumbi

Bima Zeno sebagai Tumang

Chandra Satria sebagai Radjiman/ Narator

Hari, tanggal

Pukul

Kamis, 20 Agustus 2020

20.00 WIB

Judul BAWANG MERAH BAWANG PUTIH
Sutradara Teater Sari Madjid
Sutradara Film Fajar Nugros
Penata Musik & Pencipta Lagu Haris Pranowo
Penulis Naskah Titien Wattimena
Pemain Sha Ine Febriyanti sebagai Bawang Merah & Bawang Putih

Gabriel Harvianto sebagai Ayah Bawang Putih

Netta Kusumah Dewi sebagai Ibu Bawang Merah

Olivia Zalianty sebagai Nenek

 

Hari, tanggal

Pukul

Kamis, 27 Agustus 2020

20.00 WIB

Judul LUTUNG KASARUNG
Sutradara Teater & Koreografer Rusdy Rukmarata
Sutradara Film Nia Dinata
Penata Musik & Komposer Oni Krisnerwinto
Penulis Naskah Titien Wattimena & Nia Dinata
Pemain Nala Amrytha sebagai Purbasari

Ara Ajisiwi sebagai Purbararang

Beyon Destiano sebagai Lutung

Gusty Pratama sebagai Guruminda

Alip Purnomo sebagai Indrajaya

(SPR)

Related posts

KLA Project, Glenn Fredly Dan Vina Panduwinata Hadir Di ‘ICEFEST MUSIC CONCERT 2019’

Qenny Alyano

Begini Keseruan Konser ‘Noah x Yovie And His Friends 10 Years of Brilliant Show’

Boleh Music

DWP Ke-11 Kembali Berlangsung Di Jakarta Desember 2019

Qenny Alyano