October 27, 2020
Boleh Music
Gearsician What's New

Gitaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia Di Usia 65

South Jakarta – Dunia musik rock kembali berduka. Gitaris ternama Edward Lodewijk Van Halen atau Eddie Van Halen, meninggal dunia pada 6 Oktober 2020 di usia 65 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker. Dikabarkan oleh situs selebritis ternama TMZ, Eddie meninggal di Rumah Sakit St. John di Santa Monica, California. Istrinya, Janie, berada di sisinya, bersama dengan Wolfgang, dan Alex, adik Eddie, yang juga drummer Van Halen. Situs tersebut melaporkan bahwa perjuangan kesehatan Eddie yang sedang berlangsung menurun drastis dalam 72 jam terakhir, dengan dokter menemukan kankernya telah berpindah ke otaknya serta organ lainnya.

Kabar duka cita ini disampaikan oleh putranya, Wolfgang Van Halen yang juga menjadi bassist band Van Halen terakhir dalam akun media sosial Twitter.

“Saya tidak percaya saya harus menulis ini, tetapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah menyerah dalam pertempuran panjang dan sulit melawan kanker pagi ini.

“Dia adalah ayah terbaik yang pernah saya minta. Setiap momen yang saya bagikan dengannya di dalam dan di luar panggung adalah sebuah hadiah.

“Hati saya hancur dan saya rasa saya tidak akan pernah pulih sepenuhnya dari kehilangan ini.

“Aku sangat mencintaimu, Pa.

Eddie Van Halen (EVH) dilahirkan pada 26 Januari 1955, di Amsterdam, Belanda. Eddie  adalah putra dari pasangan Jan van Halen dan Eugenia van Halen. Jan adalah seorang pemain klarinet, saksofon, dan pianis Belanda, dan Eugenia adalah seorang wanita asal kota Rangkasbitung di daerah Banten di Hindia Belanda (sekarang menjadi Indonesia). Pada bulan Februari 1962, keluarga Van Halen pindah dari Belanda ke Amerika Serikat, menetap di Pasadena, California. Baik Eddie dan kakak laki-lakinya, Alex van Halen, dinaturalisasi sebagai warga negara Amerika Serikat. Kedua bersaudara tersebut kemudian membentuk band Van Halen di tahun 1972 bersama bassist Mike Stone yang kemudian diganti Michael Anthony dan vokalis David Lee Roth.

Nama EVH terkenal karena mempopulerkan teknik solo gitar tapping, memungkinkan arpeggio cepat dimainkan dengan dua tangan di papan fret gitar. Sosok Eddie juga dikenal karena menamakan gitar miliknya dengan nama ‘The Frankenstrat’, juga dikenal sebagai “Frankenstein”, yang menggabungkan suara gitar Gibson klasik dengan atribut fisik dan fungsionalitas tremolo bar dari Fender Stratocaster. Gitar tersebut memiliki maple dan papan fret, perangkat keras krom, dan dicat dengan desain garis-garis hitam dan putih hingga mencapai kombinasi akhir dari latar belakang merah dengan garis-garis hitam dan putih. Pada tahun 2012, nama Eddie Van Halen terpilih sebagai gitar nomor satu dalam polling pembaca majalah Guitar World dan dinobatkan sebagai “The 100 Greatest Guitarists of All Time”.

Eddie Van Halen menikah dengan aktris Amerika Serikat, Valerie Bertinelli di tahun 1981 yang merupakan ibu dari Wolfgang. Setelah bercerai di tahun 2007, Eddie menikah dengan Janie Liszewski ditahun 2009.

Selamat jalan Eddie Van Halen.

Related posts

Kim Shattuck Pendiri Band The Muffs Meninggal Dunia Di Usia 56 Tahun

Qenny Alyano

Inilah 10 Riff Gitar Akustik Terbaik Versi Guitar World

Qenny Alyano

Kylie Minogue Rilis Single Kedua “Magic” Dari Album Baru ‘Disco’

Qenny Alyano