October 27, 2020
Boleh Music
Musicology

Inilah 10 Lagu Tersukses Van Halen Versi Billboard

South Jakarta – Kepergian sang maestro gitar Eddie Van Halen, menyisakan rasa duka cita sekaligus kenangan dalam industri musik dunia. Selama lebih dari lima dekade, Eddie bersama grup musik Van Halen yang dibentuk bersama saudara kandungnya, Alex Van Halen, menghasilkan sejumlah lagu hits  dan album sukses di sejumlah chart dunia. Selama perjalanan musiknya, Van Halen berhasil mencetak lima album No. 1 di tangga lagu Billboard 200 dan lebih dari 20 hit di tangga lagu Billboard Hot 100, termasuk single sukses mereka di tahun 1984, “Jump”. Dengan diperkuat Michael Anthony (bass) dan David Lee Roth (vokal), Van Halen berhasil menjadi ikon musik rock di akhir tahun 1970-an sampai awal tahun 1980-an.

Lagu “Jump” adalah hit terbesar Van Halen di Hot 100, setelah menghabiskan lima minggu berturut-turut menjadi No. 1 dalam daftar sejak dirilis pada tahun 1984. Pada daftar 10 lagu hit di Hot 100 terbesar sepanjang masa Van Halen, peringkat teratas adalah “Jump” diikuti oleh “Why Can’t This Be Love,” yang merupakan single pertama band dengan penyanyi Sammy Hagar, setelah mantan penyanyi David Lee Roth meninggalkan band. Masuknya Sammy Hagar juga membawa kesuksesan dengan album ‘5150’ yang berhasil bertengger di nomor satu tangga album Billboard 200 selama tiga minggu berturut-turut. Keempat album studio yang direkam Sammy Hagar dengan band berhasil mencapai No. 1 yaitu ‘5150’, ‘OU812’ (No. 1 selama empat minggu pada tahun 1988), ‘For Unlawful Carnal Knowledge’ (No. 1 selama tiga minggu pada tahun 1991) dan’’Balance’ (No. 1 selama satu minggu di tahun 1995).

Billboard baru mengumumkan 10 lagu tersukses dan terpopuler Van Halen sepanjang perjalanan musiknya baik di era David Lee Roth maupun masa bersama Sammy Hagar. Berikut adalah 10 lagu terpopuler dan tersukses Van Halen di tangga lagu Hot 100 Billboard.

10. “Dreams”

Dirilis pada 1986 dari album ‘5150’ dan menjadi single kedua dari album tersebut dan mencapai nomor 22 di tangga lagu Billboard Hot 100 tahun 1986.  Lagu “Dreams” kemudian memperkenalkan band ini kepada generasi penggemar baru ketika muncul di film ‘Mighty Morphin Power Rangers: The Movie’

9. “Dance the Night Away”

Lagu “Dance the Night Away” menjadi lagu hit pertama Van Halen yang berhasil masuk dalam tangga lagu 20 Amerika Serikat, dan mencapai puncaknya di nomor 15. Vokalis David Lee Roth awalnya ingin memberi judul lagu itu “Dance, Lolita, Dance”, tetapi Eddie Van Halen meyakinkannya bahwa “Dance the Night Away” lebih cocok dan bagian refrein diubah untuk mencerminkan hal itu.

8. “Love Walks In”

Salah satu single sukses di awal masuknya Sammy Hagar di Van Halen. Menjadi single dari album ‘5150’ dan juga B-side ‘Summer Nights’, lagu ini berhasil mencapai nomor 4 di tangga lagu US Billboard Mainstream Rock Songs dan nomor 22 di Billboard Hot 100.

7. “Panama”

Ini merupakan single ketiga dari album Van Halen ‘1984’. Meskipun menjadi polemik tentang lagu tersebut, David Lee Roth menjelaskan arti dibalik lagu tersebut  tentang sebuah mobil yang dilihatnya di suatu balapan di Las Vegas bernama “Panama Express”. Lagu “Panama” berhasil mencapai posisi 13 di Billboard 100 pada tahun 1984.

6. “I’ll Wait”

Masih dari album ‘1984’ , “I’ll Wait’ menjadi single kedua syang dirilis dari album  tersebut dan mencapai nomor 13 di Billboard Hot 100. Sama seperti lagu “Jump”,  lagu ini menampilkan keyboard hampir sepanjang lagu termasuk bassline synthesizer, dan juga penggunaan drum kit Rototom Alex Van Halen yang berat.

5. “(Oh) Pretty Woman”

Lagu ini merupakan lagu remake dari musisi tahun 1950-an, Roy Orbison dengan judul yang sama. Diambil dari album ‘Diver Down’ di tahun 1982, lagu ini berhasil mencapai posisi 12 di tangga lagu Billboard 100 pada tahun 1982. Video musik untuk “(Oh) Pretty Woman” yang disutradarai oleh David Le Roth menjadi salah satu yang pertama dilarang oleh MTV, meskipun VH1 Classic secara konsisten menayangkannya dalam beberapa tahun terakhir.

4. “Finish What Ya Started”

Dirilis pada September 1988 diambil dari album ‘OU812’ ( diplesetkan menjadi Oh You Eat One Too). Video musik resmi untuk lagu tersebut disutradarai oleh Andy Morahan menampilkan band yang bermain dengan latar belakang putih polos dengan wanita-wanita yang menari. Pada tahun 1988, lagu ini  berhasil bertengger di posisi 13 Billboard Hot 100 dan nomor 2 di chart rock Billboard.

3. “When It’s Love”

Lagu ini adalah lagu paling populer dari album itu, mencapai nomor 1 di tangga lagu Billboard Mainstream Rock dan nomor  5 di Billboard Hot 100. “When It’s Love” menjadi single kedua dari album ‘OU812’ dan salah satu lagu ballad terkenal dari Van Halen.

2. “Why Can’t This Be Love”

Lagu ini dirilis sebagai single utama dari album ‘5150’ pada 26 Februari 1986, melalui Warner Bros. Records. Itu adalah single pertama Van Halen dengan vokalis Sammy Hagar, yang menggantikan posisi David Lee Roth. Ini adalah single hit untuk band yang berhasil mencapai posisi tiga di Billboard Hot 100 di Amerika dan membantu album ‘5150’ mencapai nomor satu di tangga album.

1.“Jump”

Lagu ini menjadi pencapaian tersukses Van Halen di tangga lagu dunia dan juga mendongkrak penjualan album ‘1984’. Dirilis pada bulan Desember 1983, “Jump” menjadi single pertama Van Halen dari album ‘1984’. “Jump” berhasil bertengger di posisi pertama Billboard 100 selama 4 minggu berturut-turut. Video musik untuk “Jump” disutradarai oleh David Lee Roth. dan memenangkan MTV Music Awards untuk kategori “Best Stage Performance” untuk video tersebut.

Related posts

Ini Royalti Dalam Karya Cipta

Angga Foster

Begini Beda Mixing dan Mastering Versi Barock Nirock Studio

Angga Foster

Produser Album Iron Maiden Dan Deep Purple Martin Birch Wafat Di Usia 71

Qenny Alyano