November 24, 2020
Boleh Music
What's New

Kolaborasi The Brandals Dan KONTRAS Lewat “The Truth Is Coming Out”

South Jakarta – Band rock asal Jakarta The Brandals kembali merilis single baru berjudul “The Truth Is Coming Out”  pada 15 Oktober 2020 lalu. Lagu ini merupakan bagian repertoire dari album penuh terbaru yang akan dirilis dalam secepatnya. Secara musikal, strukturdi  lagu “The Truth Is Coming Out” menawarkan unsur organik band tanpa ada lapisan elemen elektronik yang membalut materi album ‘DGNR8’ atau single terakhir “Retorika” yang rilis di tahun 2018. The Brandals yang saat ini mempunyai formasi PM Mulyadi (gitar), Eka Annash (vokal), Firman Zaenudin (drums),  Tony Dwi Setiaji (gitar) dan  Raditya Syaharzam (bass) akan kembali mengoptimalkan instrumen masing-masing personil.

“The Truth Is Coming Out”  ditulis dan diproduksi oleh personil The Brandals sendiri, dengan aransemen gubahan gitaris Tony Dwi Setiaji yang merubah tempo lagu menjadi lebih cepat dari versi aslinya. Proses mixing dan mastering kembali dipegang oleh Harmoko Aguswan (Moko) yang menjadi pemain kunci dalam pemolesan tata suara materi Brandals di album berikut. Untuk departemen lirik ditulis oleh vokalis Eka Annash dalam bahasa Inggris, tapi secara implisit menyorot tema tentang fakta-fakta sejarah yang banyak dikubur oleh para elit politik Indonesia seperti bagaimana banyak nyawa dikorbankan, sejarah dimanipulasi dan fakta dibelokkan.

Artwork single “The Truth Is Coming Out” – The Brandals ( foto : istimewa )

Untuk video musiknya, dikerjakan oleh sutradara muda berbakat Kathleen Malay untuk menginterpretasi tema lagu melalui visinya. Sebelumnya Kathleen Malay telah sukses  lewat karya videonya diantaranya adalah Rich Brian, Gabber Modus Operandi dan Ras Muhamad. Bagian artwork single ini, The Brandals bekerja sama dengan seniman muda asal Yogyakarta yang bernama Isnandito Henri Saputro.

Selain itu di single ini, The Brandals bekerja sama dengan KONTRAS (Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) sebagai badan organisasi non-pemerintah yang bergerak menginvestigasi kasus-kasus penculikan aktifis politik dan kekerasan di Indonesia. KONTRAS mengkontribusi profil aktifis serta data kasus yang masih terbuka dan belum terselesaikan sampai sekarang. Profil tersebut ditampilkan di video klip sebagai pengingat kepada publik bahwa masih banyak kebenaran yang belum terungkap di Indonesia.

Sebelumnya The Brandals telah merilis vinyl (piringan hitam) debut album mereka yang dirilis 17 tahun lalu lewat Lamunai Records yang sebelumnya dirilis oleh Sirkus Records dan Aksara Records untuk versi kaset dan CD. Sama dengan rilis pada tahun 2003 silam, di vinyl tersebut terdiri dari 10 lagu satu bonus “Ain’t Nobody’s Bitch”  yang diambil dari album kompilasi JKT:SKRG.

Related posts

Musisi Pop Reggae Johnny Nash Tutup Usia

Qenny Alyano

Katy Perry Lepas Single “Smile” Siap Rilis Album Baru Agustus Mendatang

Qenny Alyano

Samsung Dan BTS Kolaborasi Luncurkan Ponsel Pintar Edisi Khusus Untuk Penggemar

Qenny Alyano