November 24, 2020
Boleh Music
New Comers

Space Comma Space Rilis Double Single “Pale in Time” / “Loveless Malaise”

South Jakarta – Space Comma Space merilis double single pertama mereka yang bernuansa melankolis bercerita tentang waktu dan perpisahan. Setelah 6 tahun lalu terbentuk dan hanya pentas di acara-acara sekolah, kolektif musik asal Jakarta Space Comma Space merilis materi perdana mereka yang dapat didengar di berbagai online platforms. Space Comma Space terbentuk pada tahun 2014, diprakarsai oleh dua sahabat semasa sekolah—Adil Akbar sebagai penyanyi/penulis lagu dan Adiguna Palinrungi sebagai multi-instrumentalist—atas kecintaan mereka pada musik yang sama: dream pop, shoegaze, dan baroque pop. Melalui Space Comma Space, mereka mengeksplorasi bebunyian dan tema dalam menulis lirik.

Melalui double single bertajuk “Pale in Time / Loveless Malaise”, Space Comma Space mengajak berkenalan dan memperdengarkan arahan musik yang mereka sebut Malleable Rock, yaitu musik rock yang terbentuk oleh referensi-referensi musik yang beragam, seperti di lagu “Pale in Time” yang terdengar ketukan 3/4 ala musik waltz dan klimaks penuh gitar elektrik dan synthesizer layaknya shoegazing sound.

Sedangkan di lagu “Loveless Malaise”, terdengar perpaduan influence musik samba dan funk. Adapun pemilihan penggabungan dua lagu tersebut dalam ‘satu paket’ karena memiliki kesamaan tema dalam lirik, yaitu meditasi akan waktu dan perpisahan yang kental akan sudut pandang melankolis.

Artwork double single “Pale in Time / Loveless Malaise” – Space Comma Space ( foto : istimewa )

Proses pengerjaan single ini dimulai oleh aransemen dan komposisi yang dibuat oleh Akbar dan Palinrungi. Dalam proses rekaman dan produksi, Space Comma Space dibantu oleh Rafi Krisananda pada drum (untuk seluruh lagu) dan desain/foto untuk artwork.Lendmeamonk juga turut berperan sebagai penyanyi latar untuk lagu “Loveless Malaise”, menyumbangkan suara lembutnya. Double single ini direkam pada tahun 2017-2019 di Als Studio oleh sound engineer Dimas Martokoesoemo,  Wendi Arintyo, dan Refo Ramadhan. Proses mixing dilakukan oleh Dimas Martokoesoemo, sedangkan mastering oleh Tegara Hadinata.

Rilisnya double single—yang memerlukan kurang-lebih tiga tahun pengerjaan—oleh Space Comma Space ini juga terwujud atas bergabungnya Space Comma Space dengan Bureau Mantis. Sebagai rumah/label musik yang sebelumnya telah merilis EP bergenre hip-hop oleh Kink Yosev dan Tacbo. “Pale in Time” / “Loveless Malaise” menandakan rilisan pertama Bureau Mantis yang berformat grup musik. Diharapkan, rilisan ini menguatkan tujuan Bureau Mantis untuk menaungi beragam jenis musik tanpa batasan. (SPR).

Related posts

YouTuber Cilik Quinn Salman Luncurkan Mini Album ‘Hari Yang Indah’

Qenny Alyano

Lebih Dekat Dengan Musisi Malaysia Lunadira Pelantun Single “Hoodie”

Qenny Alyano

Keresahan Tiya Akan Wabah COVID-19 Lewat Single “Hidup Melawan Waktu”

Boleh Music