January 26, 2021
Boleh Music
Musicology

40 Tahun Bermusik Fariz RM Lepas Vinyl Album ‘Sakura’

South Jakarta – Dalam rangka 40 (empat puluh) tahun perjalanan  bermusiknya, Fariz RM mempersembahkan sebuah album yang dikemas  dalam format Vinyl (piringan hitam) bertajuk ‘Sakura’. Album ini sudah dirilis sebelumnya pada tahun 1980. Menurut Fariz yang merupakan penyanyi dan musisi top yang eksis di tahun 1980-an , dirilisnya vinyl ini membawa dampak baik baginya. “Perilisan ulang piringan hitam (vinyl) adalah pujian yang luar biasa. Ini adalah periode baru dalam karir saya. Saya merasa seperti dilahirkan kembali.”

Terdapat 9 (sembilan) lagu dalam album Sakura yang terbagi dalam 2 side, diantaranya:

Side 1:

  1. Sakura
  2. Selangkah Keseberang
  3. (Belenggu) Perjalanan
  4. Semusim
  5. Nada Cinta

 

Side 2:

  1. Mega Bhuana
  2. Suasana (Yang Ada)
  3. Cermin Noda
  4. Malam Kesembilan

 

Pada Desember 2009, lagu ‘Sakura’ dinobatkan sebagai salah satu dari “150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa” oleh majalah Rolling Stone. Vinyl dari album ‘Sakura’ karya Fariz RM rilis pada 11 Desember 2020 dan sudah bisa didapatkan melalui situs jual beli e-commerce dan sudah bisa dinikmati di seluruh platform musik digital.

Fariz Rustam Munaf, lebih dikenal sebagai Fariz RM (lahir Jakarta, 5 Januari 1959) adalah seorang penyanyi-penulis lagu, multi-instrumentalis dan artis audio-visual Indonesia. Memulai karirnya pada tahun 1977,Fariz telah merilis 19 album solo dan tiga album kolaborasi. Dia terkenal karena lagunya “Barcelona” dan “Sakura” (Cherry Blossom). Pada 2009, Fariz menulis dan menerbitkan buku berjudul ‘Living in Harmony’, sebuah buku tentang kehidupan dan juga pengaruhnya, bersama Budianto Shambazy dan Salomo Simanungkalit sebagai editor.

Related posts

Ini Royalti Dalam Karya Cipta

Angga Foster

Inilah 10 Drummer Rock dan Metal Terbaik Sepanjang Masa

Angga Foster

Remarketing? Musisi Harus Tahu Digital Marketing Bekerja

Boleh Music