January 19, 2021
Boleh Music
Musicology What's New

Liburan Yuk Simak 10 Lagu Rock Bertema Natal

South Jakarta – Setiap tanggal 25 Desember umat Kristiani di seluruh dunia merayakan hari Natal. Menjelanag hari Natal, lagu-lagu bertema Natal juga sering diputar di berbagai tempat untuk membuat suasana menjadi semarak. Beberapa artis dan musisi dari berbagai genre biasanya juga merilis lagu-lagu bertema Natal atau juga meremake lagu lama yang sudah populer sebelumnya tak terkecuali dari genre rock. Musik rock mungkin terdengar kurang pas dengan suasana Natal namun tidak demikian dengan beberapa band dan musisi rock berikut ini.

Yuk simak 11 lagu rock bertema Natal di bawah ini

10. “Merry Xmas Everybody”  – Slade

Lagu ini merupakan  single non-album yang dirilis pada 7 Desember 1973. Lagu ini ditulis oleh vokalis Slade, Noddy Holder dan sang bassis, Jim Lea, dan diproduseri oleh Chas Chandler. Lagu ini menjadi  single nomor satu keenam dan terakhir Slade di Inggris dan mencapai  nomor satu untuk lagu Natal di Inggris pada bulan Desember 1973,

9. “Christmas Time” (Don’t Let the Bells End) – The Darkness

Single ini dirilis pada 15 Desember 2003, bertepatan dengan balapan Natal nomor satu Inggris, yang akhirnya menjadi runner-up. Lagu ini kemudian dimasukkan dalam “edisi Natal” dari album studio debut mereka, ‘Permission to Land’, yang diterbitkan di beberapa wilayah Eropa pada 22 Desember 2003. Untuk video musiknya, The Darkness juga melibatkan sang manager, Sue Whitehouse.

8. “The Season’s Upon Us” – Dropkick Murphys

Diambil dari album studio kedelapan band asal  Quincy, Massachusetts, yang berjudul ‘Signed and Sealed in Blood’. “The Season’s Upon Us” dirilis pada 18 Desember 2012 dan menjadi lagu bertema Natal yang menjadi salah satu single charting band yang  sukses. Album ‘Signed and Sealed in Blood’ mencapai debut di No 9 di chart album Billboard 200, dan menjadi debut tertinggi ketiga untuk band.

7. “We All Need Christmas” – Def Leppard

Diambil dari album kompilasi ‘The Story So Far’ yang dirilis pada 30 November 2018 bersama dengan lagu-lagu hits Def Leppard lainnya, Di album ini Def Leppard juga mengcover lagu dari band Inggris, Depeche Mode, “Personal Jesus”.

6. “Thank God It’s Christmas” – Queen

Lagu ini ditulis oleh gitaris Brian May dan drummer Roger Taylor. Dirilis pada 26 November 1984, single ini menghabiskan enam minggu di tangga lagu Inggris selama Natal tahun 1984 dan tahun baru 1985, dan mencapai puncak di nomor 21. Lagu ini juga masuk untuk versi rilis ulang album ‘The Works’ (1984) yang dirilis ukang di tahun 2011.

5. “Won’t Be Home For Christmas” – Blink 182

 

Lagu ini awalnya direkam dan dirilis sebagai promo radio pada tahun 1997. MCA Records menerbitkannya kembali secara internasional sebagai single pada 16 Oktober 2001. Lagu ini direkam dengan drummer asli Scott Raynor dan diproduksi oleh Mark Trombino, yang memproduksi album studio kedua Blink 182 ‘Dude Ranch’ (1997). Judul lagu tersebut adalah parodi dari lagu Natal “I’ll Be Home for Christmas”.

4. “Merry Christmas (I Don’t Want to Fight Tonight)” – Ramones

 

Ditulis oleh sang vokalis Ramones, Joey Ramone, dan menjadi lagu terakhir dari album studio kesebelas ‘Brain Drain’ yang dirilis pada tahun 1989. Di lagu posisi bassist diisi oleh CJ Ramone yang menggantikan posisi Dee Dee yang juga mengisi bass untuk lagu  “I Believe In Miracles”. Lagu ini juga menjadi soundtrack film komedi keluarga ‘Christmas With The Kranks’ di tahun 2004.

3. “Do They Know It’s Christmas?” – Band Aid 1984

Lagu ini dirilis pada tahun 1984 dan merupakan karya dari vokalis band The Boomtown Rats,  Bob Geldof dan vokalis band Ultravox, Midge Ure. Lagu ini dibawakan oleh Band Aid,  supergrup amal yang menampilkan sebagian besar musisi Inggris dan Irlandia  untuk mengumpulkan uang bagi upaya anti kelaparan di Ethiopia. “Do They Know It’s Christmas?”telah direkam ulang tiga kali: pada tahun 1989, 2004 dan 2014.

2. “Christmas Lights” – Coldplay

“Christmas Lights” adalah lagu dari band rock alternatif asal Inggris Coldplay yang dirilis pada 1 Desember 2010. Awalnya lagu ini akan menjadi lagu dari album studio kelima Coldplay, ‘ Mylo Xyloto’. Lagu ini memulai debut dan memuncak di posisi nomor 25 di tangga lagu single Billboard Hot 100 dan posisi nomor 12 di tangga lagu Hot Digital Songs Billboard.

1. “Happy Xmas (War Is Over)” – John & Yoko/Plastic Ono Band

Dirilis pada tahun 1971 sebagai single dari  John & Yoko / Plastic Ono Band dengan Harlem Community Choir. Itu adalah rilis single ketujuh oleh Lennon di luar karyanya dengan The Beatles. Lagu ini mencapai nomor empat di Inggris, di mana perilisannya ditunda hingga bulan November 1972, dan secara berkala muncul kembali di UK Singles Chart. Lagu ini juga menjadi lagu protes untuk perang Vietnam yang terjadi pada akhir tahun 1960-an.

Related posts

Kolaborasi Ebiet G Ade Dan Adera Di Versi Baru “Untuk Kita Renungkan”

Qenny Alyano

Iron Maiden Kenang Sosok Produser Album Klasik Mereka, Martin Birch

Qenny Alyano

Frontman MSP James Dean Bradfield Siap Rilis Album Solo ‘Even In Exile’

Qenny Alyano