March 9, 2021
Boleh Music
Musicology

Phil Spector Sang Produser Musik Kontroversial Tutup Usia

South Jakarta – Kabar duka datang dunia musik internasional. Produser musik kontroversial, Harvey Phillip Spector atau dikenal dengan Phil Spector, meninggal dunia di usia 81 tahun pada hari Sabtu, 16 Januari 2021 lalu karena sakit. Meninggalnya produser musik yang dikenal karena teknik rekaman ‘Wall of Sound’  dikonfirmasi oleh Departemen Koreksi dan Rehabilitasi California. “Narapidana Fasilitas Perawatan Kesehatan California, Phillip Spector, dinyatakan meninggal karena sebab alami pada pukul 18:35. pada Sabtu, 16 Januari 2021, di luar rumah sakit, ”kata pejabat dalam sebuah pernyataan. Penyebab resmi kematiannya akan ditentukan oleh pemeriksa medis di Kantor Sheriff County San Joaquin.”

Phil Spector lahir  pada tanggal 26 Desember 1939 di Bronx,  New York City, Amerika Serikat. Artis dan proyek rekaman  pertama yang dikerjakan oleh Phil Spector sebagai produser adalah Ronnie Crawford. Pekerjaan produksi saat itu termasuk rilisan    LaVern Baker, Ruth Brown, dan Billy Storm, serta rekaman asli Top Notes, “Twist and Shout”. Pada akhir 1961, Phil Spector mendirikan perusahaan rekaman dengan Lester Sill bernama Philles Records menggabungkan nama depan dari dua pendirinya, Phil Spector dan Lester Sill.

Nama Phil Spector kemudian semakin dikenal saat bekerja sama dengan sejumlah musisi seperti the Crystals, Bob B. Soxx and the Blue Jeans, Darlene Love, the Righteous Brothers, the Ronettes sampai The Beatles. Pada tahun 1970, Allen Klein, manajer The Beatles, membawa Phil Spector ke Inggris. Saat memproduksi single solo hit John Lennon “Instant Karma!”, Phil diundang oleh John Lennon dan George Harrison untuk mengambil tugas mengubah sesi rekaman ‘Let It Be’ yang ditinggalkan The Beatles. Phil Spector banyak menggunakan banyak teknik rekaman dan melakukan perubahan aransemen di album tersebut. Hasilnya album ‘Let It Be’ meraih sukses dengan melahirkan single “The Long and Winding Road”.

 

Selepas The Beatles bubar, Phil Spector tetap bekerja sama dengan personil The Beatles seperti bersama John Lennon di album ‘Imagine’. Pada tahun 1980, Phil Spector juga bekerja sama dengan band The Ramones di album ‘End of Century’ sebagai produser dan juga komposer. Phil Spector, yang dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1989 semakin tidak terkendali perilakunya memasuki dekade 1980-an. Puncaknya pada 3 Februari 2003, dia ditangkap setelah aktris Lana Clarkson ditemukan tewas tertembak di rumahnya. Setelah pembatalan pengadilan tahun 2007, Spector diadili kembali pada tahun 2009 dan dihukum atas tuduhan pembunuhan tingkat dua dan dijatuhi hukuman 19 tahun penjara

Pada saat kematiannya, Phil sedang menjalani status narapidana di Fasilitas Perawatan Kesehatan California di Stockton, California. Phil Spector akan memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat pada tahun 2024. Karya terakhir Phil sebagai produser adalah bersama band Starsailor di lagu “Silence Is Easy” di tahun 2003. Sosok Phil Spector pernah diangkat ke layar lebar dengan judul ‘Phil Spector’ pada tahun 2013 yang diperankan oleh aktor kawakan, Al Pacino.

Related posts

Maren Morris Tandatangan Kesepakatan Global Dengan Universal Music Publishing Group (UMPG)

Qenny Alyano

Mantan Personil Van Halen Ini Bawain Lagu Lawas “Good Enough” Saat Masa Karantina

Qenny Alyano

Shure Luncurkan Series Headphone Nirkabel Pertama, ‘AONIC 50 Wireless Noise Cancelling’

Qenny Alyano