March 4, 2021
Boleh Music
Event & Community

Vakum Panjang Submission Kembali Dengan “Young Offender”

South Jakarta – Bagi anda yang sering menyambangi skena musik indie bawah tanah di sekitar tahun 90-an mungkin tidak asing dengan nama band yang satu ini. Submision, yang sepintas mengingatkan satu tembang punk lawas dari Sex Pistols, adalah nama band yang besar di awal sampai pertengahan 90-an. Kini di tahun 2021, Submission kembali meluncurkan karya terbarunya berjudul “Young Offender”.

Melihat sekilas ke belakang, awal dari cikal bakal Submission adalah dari pertemanan di masa SMP pada akhir tahun 1980-an, antara Ondy, Udet, Nami dan Adit yang menyukai Skateboard. Dari sering berkumpul di bilangan Slamet Riyadi 3, Jakarta Timur, mereka kemudian dipertemukan dengan Levi yang ternyata menggemari musik Skatepunk. Ondy yang kemudian sering bertandang ke rumah Levi di daerah Guntur,  sepakat membentuk band yang kemudian diberi nama Submission bersama Rully dan Sendy yang belakangan baru bergabung.

Submission kemudian sering tampil di berbagai event ‘bawah tanah’ (underground) yang kerap digelar di Jakarta seperti Blackhole di Viola dan Hot Spot, Manari,  Kampus IKJ, Poster Cafe, Harley Davidson Cafe dan masih banyak lagi. Masa antara tahun 1991 sampai dengan 1994 menjadi era Submission aktif tampil di berbagai panggung dan menjadi buah bibir di skena musik Jakarta. Dalam penampilannya musik Submission dipengaruhi oleh The Exploited, Nine Inch Nails sampai dengan The Jesus and Mary Chain.

Sayangnya di saat nama Submission semakin besar, Ondy harus meneruskan studi ke luar negeri yang membuat Submission harus vakum panjang tanpa sempat melepas satu rilisan pun. Levi kemudian juga membentuk band The Fly dan Sendy bergabung dengan band Fable. Kini di awal tahun 2020, Submission dengan formasi Ondy, Levi dan Aries melepas single berjudul “Young Offender” yang juga menjadi nama komunitas punk pertama di Indonesia pada awal tahun 90-an. Lagu “Young Offender” menjadi bagian dari kompilasi ‘Young Offender Compilation Vol 1’ yang dirilis oleh Young Offender Records pada akhir Januari 2021.

Related posts

Ed Sheeran Sukses Hipnotis Puluhan Ribu Penonton Di GBK

Qenny Alyano

Dibantu Musisi Serumpun Singapura GSUI Kembali Salurkan Bantuan Dampak COVID-19

Qenny Alyano

Kahitna Jadi Penampil Pertama Diumumkan Di ‘Drive-In Konser’

Boleh Music