March 4, 2021
Boleh Music
Gearsician What's New

Musisi Jazz Legendaris Chick Corea Tutup Usia

South Jakarta – Berita duka cita datang dari dunia musik internasional terutama untuk para pecinta musik Jazz yang sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini. Musisi dan komposer Jazz legendaris Amerika Serikat, Armando Anthony “Chick” Corea atau dikenal dengan nama Chick Corea, meninggal dunia pada 9 Februari 2021 lalu di  usia 79 tahun, karena penyakit kanker langka yang baru ditemukan baru-baru ini. Kabar duka cita tersebut disampaikan melalui akun media sosial Facebook Chick Corea.

“Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa pada tanggal 9 Februari, Chick Corea meninggal dunia pada usia 79 tahun, karena suatu bentuk kanker langka yang baru ditemukan baru-baru ini. Sepanjang hidup dan kariernya, Chick menikmati kebebasan dan kesenangan dalam menciptakan sesuatu yang baru, dan dalam memainkan permainan yang dilakukan para seniman.

Dia adalah suami, ayah dan kakek tercinta, dan seorang mentor dan teman yang hebat bagi banyak orang. Melalui kerja kerasnya dan puluhan tahun yang dia habiskan untuk berkeliling dunia, dia menyentuh dan menginspirasi kehidupan jutaan orang. Meskipun dia akan menjadi orang pertama yang mengatakan bahwa musiknya berbicara lebih dari kata-kata, dia tetap memiliki pesan ini untuk semua orang yang dia kenal dan cintai, dan untuk semua orang yang mencintainya:

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di sepanjang perjalanan saya yang telah membantu menjaga api musik tetap menyala. Harapan saya adalah mereka yang memiliki firasat untuk bermain, menulis, tampil atau sebaliknya, melakukannya. Jika bukan untuk dirimu sendiri maka untuk kita semua. Dunia tidak hanya membutuhkan lebih banyak artis, tetapi juga sangat menyenangkan. “Dan untuk teman-teman musisi saya yang luar biasa yang telah seperti keluarga bagi saya selama saya mengenal Anda: Merupakan berkah dan kehormatan belajar dan bermain dengan Anda semua. Misi saya selalu menghadirkan kegembiraan dalam berkreasi di mana pun saya bisa, dan melakukannya dengan semua seniman yang sangat saya kagumi — inilah kekayaan hidup saya. ”

Keluarga Chick tentu saja akan menghargai privasi mereka selama masa kehilangan yang sulit ini.

Chick Corea lahir di Chelsea, Massachusetts, Amerika Serikat pada 12 Juni 1941.  Mulai bermain sejak usia dini, Chick Corea merilis album debutnya, ‘Tones for Joan’s Bones’, pada tahun 1966. Dua tahun kemudian ia merilis album trio, ‘Now He Sings, Now He Sobs’, dengan Roy Haynes dan Miroslav Vitous Chick kemudian dikenal dengan komposisinya seperti “Spainl”, “500 Miles High”, “La Fiesta”, “Armando’s Rhumba” dan “Windows” yang dianggap oleh khalayak luas sebagai standar jazz. Sebagai anggota band Miles Davis di penghujung 1960-an, ia ikut melahirkan jazz fusion. Pada 1970-an dia membentuk Return to Forever. Bersama dengan Herbie Hancock, McCoy Tyner, Keith Jarrett dan Bill Evans, dia dianggap sebagai salah satu grand piano utama yang muncul dalam musik  jazz selama era pasca-John Coltrane.

Chick Corea terus mengejar banyak kolaborasi dan mengeksplorasi gaya musik yang berbeda sepanjang 1980-an dan 1990-an. Ia juga dikenal karena mempromosikan dan menggalang dana untuk sejumlah masalah sosial di dunia. Selama perjalanan musiknya, Chick Corea telah memenangkan 23 Grammy Awards dan dinominasikan lebih dari 60 kali.

“… Konsep komunikasi dengan audiens menjadi hal yang besar bagi saya saat itu. Alasan saya begitu sering menggunakan konsep itu pada saat itu dalam hidup saya – pada tahun 1968, 1969 atau lebih – adalah karena itu adalah penemuan bagi saya. Saya tumbuh dengan berpikir betapa menyenangkannya bermain piano dan tidak menyadari bahwa apa yang saya lakukan berdampak pada orang lain. Saya bahkan tidak memikirkan tentang hubungan dengan penonton, sungguh, sampai nanti. ” – Chick Corea

Related posts

‘Ketar Ketir’ Album Terbaru Noah Luncurkan Single “Kupeluk Hatimu”

Qenny Alyano

Dukungan Slank Untuk ‘Black Lives Matter’ Di Single “Fight For Your Right”

Qenny Alyano

Blackpink Luncurkan “Lovesick Girls” Dari ‘The Album’

Qenny Alyano