March 4, 2021
Boleh Music
New Comers

Falana Penyanyi Blasteran Kanada-Nigeria Rilis Single “Joy”

South Jakarta – Setelah sambutan hangat untuk EP ‘Chapter One’-nya yang ia produseri sendiri, penyanyi dan penulis lagu berdarah Kanada-Nigeria, Falana, merilis lagu terbarunya “Joy”. Perjalanan Falana mengarungi Afrika, Amerika Utara, Eropa, dan Karibia sambil menulis materi-materi terbarunya merupakan sebuah proses penemuan diri yang menunjukan sisi lain dari kemampuan Falana menulis lagu. “Joy” menjadi awal dari karya-karya yang ia ramu selama perjalanan tersebut. Kental dengan perpaduan dari berbagai genre seperti Afrobeats, R&B, dan nuansa tropikal, “Joy” merupakan sebuah lagu yang mewakili sebuah masa — saat ini.

Pembawaan vokal Falana akan membuat semua pendengarnya yakin akan semua kata yang ia nyanyikan. Dan saat ia menyanyikan bagian chorus (“No stress, I’ve got pure intentions… I count my blessings one day at a time”), secercah semangat akan menerangi rangka pikiran semua pendengarnya. Lagu tersebut ditulis bersama penyanyi dan penulis lagu Omolara Ayodele dan produser musik KINGBNJMN (Future, DJ Snake) di Geejam Studios, Port Antonio, Jamaika.

“Sangat gila rasanya mengingat lagu ini ditulis dua minggu sebelum banyak tempat di dunia masuk ke fase lockdown,” ujar Falana. “Selama 10 bulan terakhir, pesan yang dibawakan lagu tersebut selalu muncul, dalam perbincangan sehari-hari, di berita, atau media sosial. Rasanya seperti lagu tersebut lahir di saat yang tepat,”

Falana kembali ke Jamaika untuk membuat video musik “Joy” bersama sutradara Mykal Cushnie yang dikenal dengan narasi kultur-sentris-nya yang telah ia hasilkan bersama Popcaan, Sean Paul, dan Damian Marley. Menampilkan keindahan alam Port Antonio, video musik “Joy”juga menampilkan gaya khas Falana dengan rambut kepang ala pom-pom yang menjadi perpanjangan dari identitas musiknya.

Falana menambahkan, Video musik ‘Joy’ merupakan representasi visual yang indah dari lagu dan perasaan yang ditampilkannya. Energinya sama dengan energi yang dibawa lagu tersebut dan aku sangat bersyukur untuk itu,”

“Joy” menjadi lagu pertama dari serangkaian persembahan sejumlah musisi global yang dirilis oleh Red Bull Records. Mengusung semangat untuk menemukan dan menampilkan beragam talenta di panggung internasional, Falana menjadi musisi terbaru yang bekerja sama dengan label tersebut.

Artwork single “Joy” – Falana ( foto : istimewa )

Falana rilis single “Joy” ( foto credit : Savannah-Baker )

Lahir dan tumbuh di Toronto, Kanada, masa kecil Falana diiringi oleh beragam jenis musik mulai dari Fela Kuti sampai Sia. Di rumahnya, orang tua Falana yang berasal dari Nigeria sering memasang lagu tradisional Yoruba sebagai cara untuk melestarikan kultur mereka dan melalui skena musik Toronto Falana dikenalkan kepada pop, hip-hop, dan R&B yang ia kemudian kumpulkan dalam bentuk mixtape.

Di tahun terakhirnya duduk di bangku SMA, Falana memutuskan untuk fokus di dunia musik dan mulai menyicil gitar pertamanya. Ia belajar secara otodidak lewat YouTube sambil mempelajari lagu-lagu Lauryn Hill terfavoritnya. Menyeimbangkan berbagai aspek kehidupannya seperti perjalanan akademisnya sambil memenangkan berbagai kompetisi menyanyi, ketertarikan Falana untuk mengarungi dunia bertambah: ia memenangkan sebuah perjalanan ke London, tinggal di Denmark selama enam bulan, dan mengunjungi Kuba.

Ia kemudian pindah ke Havana dan menyadari bahwa budaya musik yang pulau tersebut miliki dapat memperkaya potensinya sebagai seorang musisi. Disanalah ia merekam EP perdananya ‘Things Fall Together’ dengan produser dan band setempat. Ia kemudian kembali ke Toronto selama setahun sebelum akhirnya ia tinggal di kampung halaman orang tuanya, Lagos, Nigeria, selama lima tahun.

Mengusung berbagai genre yang telah mempengaruhi perjalanannya, Falana merasa seperti orang luar yang selalu berpindah dari satu skena musik ke skena lainnya dan tidak pernah merasa cocok dengan sekelilingnya. Melalui karya terbarunya, Falana akhirnya dapat mendapatkan keseimbangan yang telah ia cari selama hidupnya. Ini menjadi awal dari masa depannya yang gemilang. (SPR).

Related posts

Eutonia Rilis Debut Single “Galaxy” Bersama Sondang Silalahi

Qenny Alyano

Kampanye Anti Kekerasan Seksual Gabriel Mayo dan Dita Permatas Lewat “Hampir Pagi”

Qenny Alyano

Angkat Kisah Nyata Treasure Hiding Luncurkan Video Lirik “Menjauh”

Boleh Music