April 20, 2021
Boleh Music
New Comers

Baru 14 Tahun Nadine Fatiana Rilis Debut “Enough”

South Jakarta – Muda dan bertalenta, dua kata yang patut disematkan untuk YouTuber berusia 14 tahun bernama Nadine Fatiana. Di usianya yang terbilang masih sangat belia, ia telah memantapkan diri untuk terjun di industri dan mewarnai belantika musik Indonesia dengan melepas debut single berjudul “Enough” tepat pada hari Jumat, tanggal 26 Februari 2021.

Tak tanggung-tanggung, dalam pengerjaan single “Enough” Nadine turut menggandeng solois wanita yang tengah naik daun, Madukina, untuk menulis lirik bersama. Sedangkan dalam proses produksi dan aransemen, dara ayu kelahiran 3 Juni 2007 tersebut turut melibatkan produser handal Mahatamtama Arya Adinegara. Keterlibatan dua nama tersebut dalam proses pengkaryaan single Enough dapat menjadi refleksi jika bakat Nadine memang patut mencuri perhatian.

Lagu “Enough” ini sendiri menyimpan pesan motivatif yang terinspirasi dari pengalaman hidup Nadine sendiri. Cewek yang begitu menggemari IU, Maroon 5, dan Tulus itu ingin menyampaikan pesan bahwa meski setiap orang selalu menyimpan ketidaksempurnaan, tak perlu khawatir karena selalu ada kecantikan dari dalam (beauty inside) yang harus selalu dipancarkan. 

Proses pembuatan single “Enough” sendiri digarap oleh Nadine bersama Madukina dan Mahatamtama dalam waktu kurang lebih satu bulan. Diawali dengan membuat beat, dilanjut penulisan lirik, untuk kemudian baru melodi lagunya. Proses pembuatan liriknya pun terbilang begitu menyenangkan, mengingat meski sebelumnya belum pernah terjun di dunia songwriting, Nadine terbilang begitu lihai dalam mengombinasikan diksi dan melodi. Jika dinikmati secara saksama, single “Enough” ini memang mengusung nuansa RnB yang juga banyak ter-influence oleh musik-musik K-Pop. 

Artwork single “Enough” – Nadine Fatiana ( foto : istimewa )

Nadine Fatiana ( foto : istimewa )

Nadine mengaku jika ia sebenarnya sudah terpikir cukup lama untuk merilis single. Baru pada tahun 2021, cewek yang juga hobi main skate dan melukis itu memantapkan diri untuk melepas karya sendiri, setelah sebelumnya pada 2020 cukup aktif membuat berbagai video cover. Beberapa di antaranya adalah “BBIBBI” dari IU, “Jatuh Hati” dari Raisa, serta “Love Story” dari Taylor Swift.

Lebih lanjut, Nadine berharap jika debut single berjudul “Enough” ini dapat memberikan semangat serta menghadirkan motivasi bagi mereka yang terkadang dilanda rasa tidak percaya diri. 

“Semoga lewat lagu Enough ini, ada banyak orang yang merasa relate dan punya perasaan yang sama. Biar mereka juga makin percaya diri,” pungkas Nadine.

Nadine Fairuz Tiana ini lahir di Jakarta pada tanggal 3 Juni 2007. Ia biasa mengisi hari-harinya dengan melakukan berbagai hobi menyenangkan, seperti bermusik, main skate, dan juga melukis. Mengenai influence bermusik, Nadine begitu menggemari musik pop, RnB, serta K-Pop yang tengah happening. Bicara tentang musisi favorit, ia begitu mengidolakan IU dan Tulus serta tak lupa band penuh pesona Maroon 5. Akhir-akhir ini Nadine juga mengaku tengah menggemari lagu Heartbreak Anniversary dari Giveon. Pecinta film Aquaman dan Frozen itu memulai karier dengan menjadi Youtuber pada tahun 2020 lalu dan pada 2021 ini ia memutuskan untuk terjun dan serius menekuni dunia musik. 

Credit ‘ENOUGH’

Written by: Madu Kinanti, Nadine Fairuztiana

Composed by: Mahatamtama Arya Adinegara, Nadine Fairuztiana

Produced by: Mahatamtama Arya Adinegara

Vocal Director by: Mahatamtama Arya Adinegara

Recorded at: GZZ Studio

Mixed and Mastered by: Mahatamtama Arya Adinegara

Label: Nadine Records

Special Thanks: My Parents Gita Destiana & Puput Marhaendra

Release Date: 26 Feb 2021

(SPR)

Related posts

Berulang Kali Disakiti Tyok Satrio Ungkap Lewat “Kedua Kali”

Qenny Alyano

Pindah Jalur Musik Gieya Hadirkan Single “Jangan Panggil Sayang”

Qenny Alyano

Penyanyi Thavita Luncurkan Video Musik Extended “Lagu Untukmu”

Qenny Alyano