April 20, 2021
Boleh Music
New Comers

Dayglow Siap Rilis Album ‘Harmony House’ Lepas Single “Something”

South Jakarta – Sloan Struble, mastermind Dayglow, menggarap album debutnya ‘Fuzzybrain’ dari kamar asramanya di Texas pada tahun 2018 dengan satu tujuan, membuat musik yang membuat orang bahagia. Kini setelah tiga tahun, ratusan juta stream, posisi #2 di berbagai format radio (Alternative, Triple A), pengakuan media seperti NPR, NME, dan banyak lainnya, serta debut di acara Late Night TV, tujuannya tidak berubah dan hanya ambisinya yang bertambah besar.

‘Harmony House’ adalah album yang sudah lama dinantikan dari Dayglow yang akan dirilis pada 21 Mei 2021 mendatang melalui perusahaan rekaman milik Struble, Very Nice Records yang berpartner dengan AWAL. Sejak meluncurkan album debutnya ‘Fuzzybrain’, Dayglow mengumpulkan banyak fans di seluruh dunia, membuat komunitas dan musik yang memberikan aura positif. Album ‘Harmony House’ direkam dengan mindset yang sama, seperti yang direfleksikan oleh lagu-lagunya. Hari ini, ia merilis lagu yang terinspirasi dari lagu “Something” oleh David Byrne. Lagu tentang pengalaman hidup yang terkadang sulit dicerna karena kita saat ini memiliki dua kehidupan, di digital (media sosial) dan dunia nyata.

Struble menjelaskan, “Aku lagi scrolling Instagram suatu hari dan aku berpikir, media sosial ini kadang-kadang bisa sangat bodoh, dan betapa kita semakin materialistis dan identitas budaya kita semakin dipengaruhi oleh iklan-iklan. Kalimat “jika satu hal dapat membuat orang lain menjadi seseorang yang berbeda, mengapa aku tidak bisa memiliki hal itu?” merangkum situasi saat ini dengan cukup tepat. Hal-hal duniawi tidak akan pernah memuaskan kita, kita akan terus menerus menginginkan lebih dan lebih lagi, dan ini semua hanya buang-buang waktu. Orang-orang berpikir kalau mereka adalah korban dari waktu, tetapi kita sendiri tidak menggunakan waktu kita dengan baik. Sulit sekali karena banyak orang yang terdistraksi di dalam ruang media dan konten yang dikurasi oleh mereka sendiri.”

Dayglow mengawali tahun ini dengan merilis “Close To You”, lagu yang mengingatkan para pendengar pada duet pop ikonik tahun 80an, mengambil inspirasi dari Whitney Houston, Patti Labelle, DAN Michael McDonald. Video klip untuk lagu ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali, sempat viral di TikTok, dan perlahan naik di tangga lagu radio.

Berikut daftar lagu dari album Dayglow ‘Harmony House’

1. Something
2. Medicine
3. Balcony
4. December
5. Close To You
6. Crying On The Dancefloor
7. Into Blue
8. Moving Out
9. Woah Man
10. Strangers
11. Like Ivy

Dayglow ‘Harmony-House’ Album Artwork-photo-by-Pooneh-Ghana

Bayangkanlah sebuah bungalow di pinggiran jalan yang teduh. Rumah satu lantai bercat biru telur asin dan ada seorang pria muda dengan kemeja kotak-kotak, berdiri di depan pintunya sambil bertelanjang kaki. Ia melambaikan tangan ke kamera seiring judul muncul di bagian bawah layar: ‘Harmony House’. Film yang menampilkan one-man-band kita Sloan Struble, meskipun kalian belum pernah menonton acara TVnya sebelum ini, membuatmu merasa nyaman. Lewat lambaian tangannya itu, Struble mengundangmu masuk ke dunianya – dan album barunya.

Struble, yang dikenal sebagai Dayglow, menjelaskan bahwa albumnya memulai hidup seperti sitcom imajiner. Ia mulai menulis setelah debutnya di tahun 2018 lewat ‘Fuzzybrain’, dan menyadari bahwa ia memang lebih menyukai lagu-lagu soft rock penuh melodi piano dari tahun 70an dan awal 80an. Ia juga banyak menonton Cheers, sitcom terkenal yang mengajak penontonnya pergi ke tempat yang, seperti lagu temanya, “semua orang tahu namamu”. “Pada awalnya, aku menulis soundtrack untuk sitcom yang tidak nyata,” kisahnya.

Musik yang dapat memberikan nostalgia untuk sesuatu yang tidak pernah nyata. Kebanyakan lagu-lagu di ‘Harmony House’ menceritakan proses beranjak dewasa dan bertahan dengan perubahan, setelah ‘Fuzzybrain’, ia meninggalkan universitas dan memutuskan untuk menjadi musisi full-time. Saat itu, ia menemukan koleksi puisi di rumah keluarganya yang juga merupakan favorit nenek buyutnya. Sebuah bait di dalam buku itu menjadi lirik untuk lagu “December”, lagu favoritnya di album ini: “So my friend, just remember every year has a December.”

“Harmony House adalah tentang mengatasi perubahan, dan menyadari bahwa perubahan itu oke-oke aja. Bahwa semuanya berubah dan kita nggak perlu kaget dengan itu,” ungkap Struble. Ia juga menemukan catatan kecil di koleksi puisi yang ia temukan yang menyebutkan bahwa buku tersebut pemberian dari teman nenek buyutnya. Kini, lagu-lagu di album ini menjadi hadiah untuk para pendengar di seluruh dunia yang mungkin membutuhkan pengingat bahwa perubahan merupakan bagian dari perjalanan hidup. Seperti koleksi puisi itu, “December” — dan album Harmony House secara keseluruhan — adalah ungkapan kebaikan hati. Struble lahir dan besar di Texas, dan menulis lagu pertamanya untuk Harmony House, “Medicine,” saat masih berada di kamar asramanya.  Setelah ‘Fuzzybrain’, yang kebanyakan lagunya ia tulis dengan gitar, ia mencoba menulis lagu menggunakan piano. Pada usia 21 tahun, ia kini sudah berhenti sekolah, tetapi ia merilis debutnya — menulisnya, memproduserinya, merekamnya, dan menggabungkan musiknya seorang diri di kamarnya.

“Aku mencoba membuat lagu-lagu ini supaya kalian bisa langsung duduk di piano dan memainkannya,” jelasnya. “Ini adalah tanda dari sebuah lagu yang bagus, ia bisa tetap eksis dengan musikalitasnya.”

Kesungguhannya dalam menulis lagu membuat lagu-lagunya awet sepanjang masa, seperti di album Harmony House ini. Bahkan ketika ia menulis tentang hidup yang terkadang sulit dicerna ketika saat ini kita memiliki dua kehidupan di digital (media sosial) dan dunia nyata, melodi lagunya mudah diterima, seperti di lagu pembuka album ini yang berjudul “Something”. Melodi di lagu pertama ini juga beberapa kali digunakan untuk lagu-lagu lain. Kamu mungkin tidak menyadari saat pertama kali mendengarkan, tetapi melodi itu selalu ada di sana, seperti tangan yang menepuk bahumu dengan lembut. Album ini juga mengajakmu untuk berdansa lewat single “Close To You”, single pertama Dayglow setelah lebih dari satu tahun dan merupakan pembuka untuk ‘Harmony House’. Terinspirasi dari lagu tahun 80-an tentang perasaan malu ketika jatuh cinta, seperti lagu Whitney Houston “How Will I Know”, “Close To You” adalah duet antara Struble dan perasaan ragu akan dirinya sendiri. Synth di lagu ini seakan mendorongnya untuk terus berani (sekaligus mengajakmu berdansa).

‘Harmony House’ adalah album yang digarap dengan piawai, menjadi penyemangat bagi siapapun yang membutuhkannya. Album ini diakhiri dengan “Like Ivy,” lagu penuh melodi yang dijelaskan di lagu pembuka “growing up like the ivy” dan bagaimana waktu berjalan secara misterius. Vokal tenor Struble mengeksplorasi nada-nada tinggi seraya ia melantunkan ide besar dari Harmony House. Belajar menjadi dewasa adalah sebuah pelajaran yang tidak pernah berakhir. (SPR)

Related posts

Trio The Saxo Brothers Luncurkan Single Instrumental “Getaway”

Qenny Alyano

Girl In Red Nikmati Natal Bersama Yang Terkasih Lewat “Two Queens in a King Sized Bed”

Qenny Alyano

Stevan Pasaribu Lepas Single “Belum Siap Kehilangan” Bersama Indra ‘The Titans Dan David ‘Noah’

Qenny Alyano