April 20, 2021
Boleh Music
Musicology

Mantan Pemimpin EMI dan Capitol Records Bhaskar Menon Tutup Usia

South Jakarta – Kabar duka datang dunia musik internasional. Mantan petinggi EMI dan Capitol Records, Bhaskar Menon, meninggal dunia di usia 86 tahun. Pria kelahiran 29 Mei 1934 tersebut meninggal di rumahnya di Beverly Hills, California pada Kamis (4 Maret). Penyebab kematiannya belum terungkap. Sebagai pemimpin dan CEO pertama EMI Music Worldwide, Bhaskar Menon paling dikenal sebagai eksekutif industri musik, mengawasi operasi dan anak perusahaan Grup EMI di seluruh dunia.

Bhaskar Menon memulai karirnya di perusahaan rekaman dan penerbitan musik Inggris, EMI, pada tahun 1956 setelah lulus dari universitas. Dia pindah ke anak perusahaan EMI di India, Gramophone Company of India pada tahun 1957 dan kemudian menjadi ketuanya pada tahun 1969. Sebagai ketua dan CEO pertamanya, Menon membentuk EMI Music Worldwide pada tahun 1978, yang menyatukan semua rekaman dan kepentingan penerbitan musik EMI Group di seluruh dunia di bawah manajemen global terpadu. Di antara perusahaan terkemuka dunia dalam bisnis hiburan, Grup Musik EMI bernilai miliaran dolar yang berkantor pusat di London telah beroperasi di lebih dari 46 negara. Menon tetap menjadi Ketua EMI Music Worldwide dan Direktur Thorn EMI plc Board sampai dia pensiun dari Grup pada tahun 1990.

Selama di EMI, Menon terkait erat dengan karier sejumlah artis terkenal seperti The Beatles, The Rolling Stones, Pink Floyd, Queen, Jack Jersey, Glen Campbell, Kenny Rogers, Tina Turner, Anne Murray, Peggy Lee, Paul McCartney & Wings , Duran Duran, Nancy Wilson, Iron Maiden, Diana Ross, Bob Seger, Carole King, dan Steve Miller. Pada tahun 1973, Menon memainkan peran penitng dalam memimpin promosi dan pemasaran album Pink Floyd ‘The Dark Side of the Moon’. Dia menempatkan kekuatan Capitol / EMI di belakang band dengan upaya pemasaran, public relation, dan periklanan yang luar biasa yang dipimpin oleh wakil presiden Capitol, Al Coury. Album yang disebut sebagai “rekaman paling canggih secara teknis pada masanya” dipuji sebagai perpaduan unik antara keajaiban studio dan inovasi musik yang luar biasa.

Menon kemudian menjadi Ketua I.M.I. (International Media Investments Incorporated), yang didirikannya pada tahun 1995. Perusahaan yang berbasis di Beverly Hills ini menyediakan layanan dukungan dan konsultasi investasi untuk usaha kreatif baru dan berkembang di bisnis media, hiburan dan rekreasi. Ia juga menjabat sebagai Direktur pada Dewan Perusahaan di AS, Eropa & Asia, termasuk sebagai Direktur Independen NDTV.com dari tahun 2005 hingga 2016.

Related posts

25 Tahun “DLBA” Oasis Rilis 2 Video Lirik Single B-Side

Qenny Alyano

JOOX Sukses Gelar Live Streaming Donasi Bareng Artis Untuk Lawan COVID-19

Qenny Alyano

Sambut Ramadan JOOX Gaet Musisi Millenial Hadirkan “Kedap Suara”

Qenny Alyano