May 20, 2022
Boleh Music
New Comers

Thundercat Menangkan Grammy Awards 2021 Untuk “Best Progressive R&B Album”

South Jakarta – Album ‘It Is What It Is’ adalah album keempat dari Stephen Lee Bruner sebagai Thundercat dan menampilkan sejumlah single meliputi “Black Qualls”, “Dragonball Durag”, “Fair  Chance” dan hit viral “Funny Thing”. Diramaikan oleh sejumlah nama-nama besar di musik — Ty Dolla  $ign, Childish Gambino, Lil B, Kamasi Washington, Steve Lacy, Steve Arrington,  BADBADNOTGOOD, Louis Cole, Pedro Martins dan Zack Fox — album tersebut diproduseri oleh Thundercat dan rekannya dalam bermusik Flying Lotus yang mendapatkan nominasi GRAMMY® Award di kategori “Producer of the Year, Non-Classical” untuk kontribusinya di album tersebut.

Thundercat berhasil memenangkan sebuah Grammy untuk kategori “Best Progressive R&B Album” untuk album 2020-nya ‘It Is What It Is’  Diwarnai oleh nama-nama seperti Childish Gambino, Kamasi Washington, Ty Dolla $ign, BADBADNOTGOOD, Steve Lacy, dan sebagainya, album tersebut diproduseri oleh Thundercat dan Flying Lotus yang juga mendapatkan nominasi di GRAMMY® Awards tahun ini untuk kategori “Producer of the Year, Non-Classical” untuk kontribusinya di album Thundercat.

Kemenangan ini menjadi kali ke-2-nya di ajang GRAMMY® Awards. Sebelumnya ia mendapatkan sebuah Grammy untuk kolaborasinya bersama Kendrick Lamar di lagu “These Walls” dari album Kendrick, ‘To Pimp A Butterfly’, yang merupakan album hip-hop paling berpengaruh di abad 21

Konyol, sentimental, dan serius — kadang semuanya secara bersamaan — “Album ini bercerita tentang cinta, kehilangan, kehidupan, serta suka dan suka yang datang,” ujar Bruner. “Album ini jenaka, tapi dalam hidup kita dihadapkan dengan hal-hal yang mungkin tidak kita pahami…banyak hal yang memang tidak bisa dimengerti.” Album tersebut didedikasikan kepada teman dekatnya Mac Miller yang meninggal dunia secara tragis pada 2018.

Thundercat adalah salah satu figur penting di label musik Brainfeeder di mana ia merilis ‘The Golden Age of  Apocalypse’ (2011), ‘Apocalypse’ (2013), dan ‘Drunk’ (2017) yang melengkapi transisinya dari seorang bassist jenius menjadi seorang bintang, menempatkannya sebagai talenta yang menghapus batas genre. Ia berada di “pusat kreativitas” dari album hip-hop paling berpengaruh di abad ke-21 yaitu ‘To Pimp A Butterfly’ dari Kendrick Lamar, dan ia memenangkan sebuah GRAMMY untuk lagu kolaborasinya “These Walls” di album tersebut.

Meski tur dunianya terhenti pada April 2020 akibat pandemi global, Bruner tampil di sebuah acara spesial dengan format drive-in di Rose Bowl, Los Angeles bersama Hannibal Buress bulan Oktober lalu dan ia juga mendatangkan Ariana Grande untuk berduet dengannya di lagu “Them Changes” di Adult Swim Festival 2020 yang disiarkan secara virtual. Kolaborasi musik terbarunya meliputi “Track 6” bersama Ty Dolla $ign, Anderson .Paak, dan Kanye West yang diambil dari album Ty Dolla $ign tahun lalu, dan “3am” yang diambil dari album ‘Women in Music Pt III’ milik HAIM yang dirilis tahun ini.

Brunner memainkan instrumen pertamanya di umur 4 tahun. Hal tersebut terbilang terlambat di keluarganya di mana ayahnya, Ronald Bruner, Sr., pernah bermain drum bersama The Temptations. Bass pertamanya adalah sebuah black Harmony dan ia berlatih memainkan lagu-lagu dari Ninja Turtles sebelum ayahnya memperkenalkannya kepada musik Jaco Pastorius. Ia bergabung dengan Suicidal Tendencies di masa remajanya dan menghabiskan waktu di jalan dan studio dengan beragam musisi mulai dari Stanley Clarke dan Herbie Hancock hingga Leon Ware, N.E.R.D., Travis Scott, dan Erykah Badu.

Nama Thundercat diambil dari kartun yang ia sayangi sejak kecil dan menjadi sebuah perpanjangan dari bagaimana ia mempersembahkan karyanya yaitu dengan sebuah spirit bak manusia super. Momen full circle dialami Bruner pada 2020 saat ia menjadi pengisi suara (serta menulis lagu) untuk karakter “Grune the Destroyer” di seri kartun Thundercats Roar yang ditayangkan Cartoon Network. (SPR)

Related posts

Siapkan Album Perdana De’Wayne Luncurkan Single “Stains”

Qenny Alyano

Ringgo 5 Kembali Dengan Single Baru “You, Me & Bed” Di 2021

Qenny Alyano

Transformasi Mantan Killing Me Inside Jadi RE:UNION Hadirkan Single “Home”

Qenny Alyano