September 21, 2021
Boleh Music
What's New

Pembuktian Eksistensi Semangat The Brandals Lewat “Belum Padam”

South Jakarta – Band rock asal ibukota, The Brandals belum akan berhenti menelurkan karya terbarunya di tahun 2021 ini. Setelah merilis “The Truth Is Coming Out”  pada bulan September 2020 lalu, The Brandals kembali melepas single terbarunya,  “Belum Padam” yang akan resmi dirilis secara digital pada tanggal 21 Maret 2021 mendatang dimana lagu ini masih diambil dari repertoire koleksi materi yang terangkum dalam album baru yang rencananya akan dirilis tahun ini.

“Belum Padam” masih meneruskan semangat ‘back-to-basic’ dimana secara konsep dan teknis menampilkan 5 personil bermain straight Rock n Roll dengan nuansa Punk Rock tanpa kompromi yang sudah menjadi modus operandi band sejak awal. Tapi tidak hanya mengulang formula lama, ada elemen baru yang membuat materi tetap terdengar baru dan bersemangat.

Narasi lagu bertemakan proses penuaan fisik yang tidak terhindarkan terjadi pada diri personel band. Tapi walaupun dibalut kondisi deteriorasi tubuh perlahan, semangat personil untuk terus menggebu lewat musik tidak berkurang intensitas-nya. Bahkan terus membakar lebih membara dari album-album sebelumnya.

Lirik berbahasa Indonesia yang ditulis Eka Annash, juga dengan gamblang menceritakan kemarahan dan kekecewaan terhadap kondisi dirinya, tapi tidak membuat dirinya menyerah pada keadaan. Justru makin menyalakan bahan bakar untuk berpacu membuktikan kalau usia hanyalah kumpulan angka belaka buat unit band yang telah menggempur industri musik Iokal secara independen selama 20 tahun terakhir ini.

Artwork single “Belum Padam” – The Brandals ( foto : istimewa )

Di lini personil, masih ada 5 orang dalam formasi terlibat dalam pengerjaan lagu dan album. Tapi sayangnya gitaris Tony Dwisetiaji harus mengundurkan diri ditengah proses produksi bulan Desember 2020 lalu untuk meneruskan berbagai proyek musik pribadinya. Kehilangan satu personil tidak membuat momentum kami berhenti. The Brandals tetap melaju bersama Eka Annash (vokal), Radit Syaharzam (bass), PM Mulyadi (gitar) dan Firman Zaenudin (drum).

Untuk video musiknya, The Brandals kembali bekerja sama dengan sutradara muda lokal bernama Alan Soebakir dibawah kolektif Sinema Pinggiran. Video menyorot kehidupan para pekerja pelabuhan di daerah Tanjung Pinang, Riau. Mereka mempunyai komunitas tarung bebas (Fight Club) yang hampir rutin dilakukan setiap akhir minggu untuk menyalurkan hobi dan mencari penghasilan tambahan. Sekelumit potret masyarakat kelas pekerja Indonesia yang terus berjuang dibawah himpitan keterbatasan terasa dekat relevansi-nya dengan konteks lirik lagu.

“Belum Padam” akan menjadi lembaran baru yang meneruskan perjalanan band, penggemar-nya dan pendengar musik Rock menuju album baru yang akan dirills tahun ini secepatnya.

Musik : Tony Dwi Setiaji, PM Mulyadi, Radit Syaharzam, Firman Zaenudin.
Lirik : Eka Annash
Direkam di Starlight Studio, Jkt (engineer : Jatiseno) & Sine Studio, Serpong (engineer : Zuki Sunarya)
Mixing & Mastering : Harmoko
Produser : The Brandals

(SPR)

Related posts

“Sunny Side Up Tropical Festival” Kembali Digelar Di Bali Agustus 2019

Qenny Alyano

Baru Menjadi Ayah Zayn Malik Lepas Single Baru “Better”

Qenny Alyano

Miley Cyrus Tampil Bareng Sang Ibu Di Video Musik Single Baru “Mother’s Daughter”

Qenny Alyano