April 20, 2021
Boleh Music
Musicology What's New

My Bloody Valentine Rilis Katalog Album Versi Digital Bersama Domino Records

South Jakarta – Domino Records dengan sangat bangga mengumumkan bahwa grup musik asal Dublin, Irlandia, My Bloody Valentine (MBV) telah bergabung dengan perusahaan mereka dan semua katalog My Bloody Valentine telah dirilis ulang secara digital dan tersedia di semua platform musik digital untuk pertama kalinya pada 31 Maret 2021 sebelum edisi fisik dari semua katalog tersebut akan dirilis pada tanggal 21 Mei 2021. Edisi Fisik dari semua rilisan My Bloody Valentine juga sudah tersedia untuk di pre-order mulai tanggal 31 Maret 2021. Dua album dari grup musik My Bloody Valentine, ‘Isn’t Anything’ dan ‘Loveless’, sudah di mastering ulang menggunakan master analog awal untuk edisi spesial Deluxe LP, untuk edisi Standard LP master yang digunakan adalah master dengan resolusi digital tinggi dan tidak terkompresi, dimana tiap album tersebut sudah tersedia secara digital untuk pertama kali. Versi master analog dari album MBV juga akan tersedia secara global untuk pertama kalinya dalam edisi Standard LP ataupun Deluxe LP.

My Bloody Valentine yang terbentuk pada tahun 1983, adalah quartet musik yang terdiri dari Bilinda Butcher (vokal/gitar), Kevin Shields (vokal/gitar), Debie Googe (bass)  dan Colm Ó Cíosóig (drums/sampler) dimana mereka banyak dipuja sebagai salah satu grup musik pendobrak zaman dan paling berpengaruh selama empat puluh tahun terakhir, pada zaman dimana semua grup musik dengan basis gitar memainkan musik dengan gaya klasik-retro, grup My Bloody Valentine muncul dan tidak terdengar mirip ataupun mendekati siapapun pada zaman itu, mereka mempunyai sebuah karakteristik yang amat langka dimana mereka dapat terdengar berasal dari masa depan.

My Bloody Valentine ( foto : istimewa )

Dengan album debut mereka, ‘Isn’t Anything’ (awalnya dirilis pada tahun 1988), My Bloody Valentine seakan memicu revolusi musik alternatif dan memperkenalkan sebuah pendekatan musikal baru pada grup musik yang berbasis gitar, yang nantinya, pendekatan ini akan menjadi panutan untuk musisi-musisi di generasi selanjutnya. Album tersebut melahirkan sebuah pola dasar suara baru yang nantinya akan menjadi template bagi ribuan sub genre musik baru yang lahir setelahnya, yang menitikberatkan pada penggunaan pendekatan baru pada musik berbasis gitar dan bagaimana cara memproduksi musik di dalam studio.

Bukan hanya menginspirasi munculnya jenis musik baru, album tersebut juga membuka jalan bagi munculnya pendekatan jurnalisme baru pada musik, merangsang pendekatan baru yang membandingkan musik dengan sebuah fenomena atau atmosfer dan menggunakan pendekatan tentang bagaimana musik dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan. Gitaris Kevin Shields dan Bilinda Butcher bernyanyi dengan jangkauan dan frekuensi vokal yang hampir mirip sehingga membuat kedua suara mereka seakan menyatu. Hal ini membuat suara mereka tidak bisa dibedakan dan juga meleburkan perbedaan gender diantara mereka berdua, suara mereka berdua juga menjadi sebuah lapisan melodi lain yang diperlakukan bagai instrumen, untuk melengkapi suara gitar Kevin Shields yang dapat menyebabkan Vertigo.

Album kedua My Bloody Valentine, ‘Loveless’, dirilis pada tahun 1991. Secara musikal, terjadi lompatan yang tak terduga pada karya ini, album ini seakan berdiri di depan apapun yang dirilis pada saat itu, terlalu maju untuk jamannya. Kevin Shields dan band bergerak lebih jauh ke arah musik yang mengedepankan kemurnian dari sebuah sensasi, menciptakan tekstur dan nada yang bisa dirasakan sebanyak yang didengar; dengan Loveless grup musik ini menciptakan sebuah album yang membanjiri indera.

Album Loveless secara luas oleh para penikmat musik, dianggap sebagai satu keseluruhan tanpa cela dan pantas dianggap sebagai sebuah karya besar; sebuah padanan di tahun 1990-an yang setara dengan album ‘Pet Sounds’ milik The Beach Boys , ‘In A Silent Way’ milik Miles Davis atau ‘Innervisions’ milik Stevie Wonder, sebuah rekaman yang dibuat dengan menjelajahi batas dari apa yang mampu dilakukan oleh studio rekaman. Ini adalah rekaman yang paling baik dinikmati langsung secara keseluruhan, dalam satu kali sesi mendengarkan karena rekaman ini menawarkan pengalaman mendengarkan yang tidak seperti yang lain dan tak tertandingi dalam kepiawaian sonik-nya.

Ep’s 1988-1991 and rare tracks, rekaman ini terdiri dari empat mini album (EP) yang telah dirilis pada periode tahun 1988 – 1991, di mana banyak dari musik favorit para penggemar setia mereka berada. ‘You Made Me Realize’ dan ‘Feed Me With Your Kiss’ keduanya mendahului album debut band pada tahun 1988 secara beruntun. Pada jeda antara merilis ‘Isn’t Anything’ dan ‘Loveless’, band ini merilis dua EP lebih lanjut; ‘Glider’ (1990) dan ‘Tremolo’ (1991).

My Bloody Valentine akhirnya muncul kembali pada tahun 2013 setelah dua dekade penuh dalam persembunyian dan tidak aktif mengeluarkan karya baru, album ketiga mereka ‘m b v’, adalah rekaman mereka yang paling eksperimental, namun juga yang paling melodius; bukti nyata dari keinginan kuat mereka untuk menemukan sebuah terobosan baru. Terus mendorong batas-batas musik dan genre, mbv adalah album musik yang menakjubkan, beberapa di antaranya bisa mengklaim sebagai jenis musik yang belum pernah dibuat sebelumnya. Penuh dengan rasa musik yang berasal dari dunia yang berbeda dimensi, intim, serta merupakan sebuah pengalaman mendengarkan yang sangat mendalam, mbv adalah karya yang mengejutkan dan metamorfosis indah dari apa yang diketahui sebagai spektrum suara ciri khas dari My Bloody Valentine, mendorong batas-batas genre tidak seperti band lainnya. Lagu penutup dalam album tersebut, “Wonder 2” adalah contohnya, melihat Kevin Shields berhasil menggabungkan gitar yang menghipnotis dengan drum’n’bass dengan hasil yang mencengangkan.

 

‘Isn’t Anything’ tracklisting

1. Soft As Snow (But Warm Inside)
2. Lose My Breath
3. Cupid Come
4. (When You Wake) You’re Still In A Dream
5. No More Sorry
6. All I Need
7. Feed Me With Your Kiss
8. Sueisfine
9. Several Girls Galore
10. You Never Should
11. Nothing Much To Lose
12. I Can See It (But I Can’t Feel It)

Loveless tracklisting

1. Only Shallow
2. Loomer
3. Touched
4. To Here Knows When
5. When You Sleep
6. I Only Said
7. Come In Alone
8. Sometimes
9. Blown A Wish
10. What You Want
11. Soon

ep’s 1988-1991 and rare tracks tracklisting

CD1

1. You Made Me Realise
2. Slow
3. Thorn
4. Cigarette In Your Bed
5. Drive It All Over Me
6. Feed Me With Your Kiss
7. I Believe
8. Emptiness Inside
9. I Need No Trust
10. Soon
11. Glider
12. Don’t Ask Why
13. Off Your Face

CD2

1. To Here Knows When
2. Swallow
3. Honey Power
4. Moon Song
5. instrumental no. 2
6. instrumental no. 1
7. Glider (Full Length Version)
8. Sugar
9. Angel
10. Good For You
11. How Do You Do It

mbv Tracklisting

1. She Found Now
2. Only Tomorrow
3. Who Sees You
4. Is This And Yes
5. If I Am
6. New You
7. In Another Way
8. Nothing Is
9. Wonder 2

(SPR)

Related posts

Evanesscence Rilis Video Musik Single Baru “Wasted On You” Dengan Ponsel

Qenny Alyano

Evanescence Rilis MV “Better Without You” Dari Album ‘The Bitter Truth’

Qenny Alyano

Girlband Secret Number Rilis Debut “Who Dis?” Ada Personil Indonesia Dita Karang

Qenny Alyano