December 6, 2022
Boleh Music
Event & Community

Ketika Queen dan Def Leppard Tampil Bareng Di Kemang Jakarta

South Jakarta – Apa jadinya jika dua band rock legendaris asal Inggris, Queen dan Def Leppard berada di atas panggung yang sama ? Queen yang menjadi salah satu ikon musik rock tahun 70-an dan 80-an berbagi panggung dengan Def Leppard yang menjadi bagian dari kemunculan New Wave Of British Heavy Metal (NWOBHM) di akhir tahun 70-an dan awal 80-an, di sebuah café di bilangan Kemang, Jakarta. Ternyata kedua band yang tampil kali ini bukanlah band sebenarnya melainkan band tribute yang semua personilnya asli dari Indonesia, hehe. Adalah Bicycle Rhapsody menjadi Queen dan Rocket Dive menjadi Def Leppard yang tampil bareng di acara ‘Star.Live! Sunday Showcase’ pada hari Minggu, 11 April 2021 yang berlangsung di Star Kemang, Jakarta.

‘Star.Live! Sunday Showcase’ yang digagas oleh Ezra Simanjuntak merupakan acara rutin yang berlangsung setiap hari Minggu dengan menampilkan band-band yang mengcover lagu-lagu dari band internasional ternama. Seperti acara-acara sebelumnya di acara kali ini, juga dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaaan “Indonesia Raya” yang dipimpin oleh gitaris band Zi Factor tersebut. Usai bernyanyi bersama, Rocket Dive yang tampil pertama langsung menggebrak dengan “Women” yang diambil dari album terlaris Def Leppard, ‘Hysteria’. Berturut-turut kemudian Rocket Dive memanaskan panggung dengan “Animal” dan “Armageddon It”. Tempo kemudian sedikit diturunkan dengan nomor ballad dari album ‘Adrenalize’, “Have You Ever Needed Someone So Bad”.

Rocket Dive tampil memukau membawakan lagu-lagu Def Leppard (foto : istimewa)

 

Rocket Dive (foto : bolehmusic)

“Pour Some Sugar on Me” menjadi suguhan berikutnya dari Rocket Dive disusul dengan lagu paling laris dari album ‘Hysteria’, “Love Bites”. Memang malam itu Rocket Dive banyak membawakan lagu-lagu dari album dengan penjualan terbanyak sepanjang karir Def Leppard yang dirilis pada tahun 1987 tersebut. Giliran “Photograph” jadi satu-satunya nomor yang dibawakan dari album ‘Pyromania’ malam itu. Kembali dengan lagu ballad “Two Steps Behind”, Rocket Dive sukses membuat semua yang hadir bernyanyi bersama. Dua lagu berikutnya membuat penonton kembali ‘cooling down’ yaitu “Hysteria” dan “Bringin on the Heartbreak”. Rocket Dive” menutup penampilan malam itu dengan “Rocket” dan Let’s Get Rocked” yang mendapatkan sambutan tepuk tangan membahana.

Malam itu rasanya bisa dibilang menjadi malamnya para penggemar Queen. Bicycle Rhapsody yang tampil usai Rocket Dive, menjadi yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung yang hadir. Dengan dukungan dari Queenindo (komunitas penggemar band Queen di Indonesia) yang bernyanyi dan bergoyang sepanjang acara, Bicycle Rhapsody tampil percaya diri dan sangat menghibur membuat panggung semakin panas. Sejak lagu pembuka “I Want to Break Free” dilanjutkan dengan “Bicycle Race”, “Don’t Stop Me Now” , “Crazy Little Thing Called Love”, Bicycle Rhapsody seakan tidak memberi jeda untuk para penonton menarik nafas dan terus bernyanyi dan bergoyang. Bisa dimaklumin selain sudah haus akan acara musik yang telah lama berhenti akibat pandemi COVID-19, kali ini juga menjadi acara musik terakhir sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Bicycle Rhapsody memanaskan Star Kemang dengan lagu-lagu Queen ( foto : bolehmusic )

 

Bicycle Rhapsody feat Oky dari Queenindo di lagu “Under Pressure” ( foto : bolehmusic )

Ternyata sang vokalis Bicycle Rhapsody, Ipeth, juga menyadari bahwa penampilam mereka malam itu juga menjadi penampilan terkahir sebelum masuk bulan puasa. Usai nomor slow “Jealousy” giliran lagu Queen yang bernuansa timur tengah, “Mustapha” menjadi sajian selanjutnya yang dibuka dengan sepenggal lagu milik pedangdut Nassar membuat para penonton tertawa. “Radio Gaga” menjadi nomor berikutnya yang diiringi dengan tepuk tangan seakan membawa suasana saat Queen tampil di Stadion Wembley Inggris dalam acara ‘Rock Aid’ di tahun 1985. “Eee Ooo, Eee Ooo” begitu vokalis Bicycle Rhapsody mengajak penonton mengikuti olah vokal yang ditampilkan mendiang vokalis Queen, Freddie Mercury dalam setiap penampilannya. Di lagu berikutnya “Under Pressure”, Bicycle Rhapsody mengajak perwakilan dari Queenindo, Oky untuk tampil bersama yang mengingatkan duet Freddie Mercury dan David Bowie di lagu tersebut. Bicycle Rhapsody menutup penampilan malam itu dengan lagu sejuta umat “Bohemian Rhapsody” dan “We Are the Champions”. Meskipun penonton masih meminta tambahan lagu dan tidak mau beranjak pulang, namun acara ‘Star.Live! Sunday Showcase’ kali ini memang harus diakhiri karena batasan waktu yang telah ditentukan.

Related posts

Suguhan Apik Hari Pertama Di Java Jazz Festival 2020

Boleh Music

Teladan Music Festival 2022 Hadirkan Boyz II Men di Yogyakarta Desember Mendatang

Qenny Alyano

15 Tahun Berkarya Armada Siap Gelar Konser di 15 Kota Indonesia

Qenny Alyano