September 21, 2021
Boleh Music
Gearsician What's New

30 Tahun Album ‘Nevermind’ Fender Rilis Ulang Fender Jag-Stang Kurt Cobain

South Jakarta –  Bagi anda penggemar band grunge legendaris, Nirvana, pasti tidak akan melewatkan kabar yang satu ini. Fender akan kembali merilis gitar Fender Jag-S tang signature vokalis Nirvana, Kurt Cobain, pada bulan Oktober 2021 mendatang. Perilisan ulang gitar ini juga untuk memperingati 30 tahun album terlaris Nirvana ‘Nevermind’ dan mengikuti spesifikasi asli gitar milik Kurt Cobain yang menggabungkan elemen favorit dari model Fender Jaguar dan Fender Mustang miliknya.

Prototipe gitar Fender Jag-Stang milik Kurt Cobain, memiliki pickup Fender Texas Special di bagian neck dan DiMarzio H-3 di brigde. (Humbucker H-3 tidak tersedia sebagai produk individual, tetapi pickup pengganti yang terdengar paling dekat dengan DiMarzio adalah Pickup Neck DiMarzio DP158 Evolution.) Produksi Jag-Stang mencakup pickup single coil  “gaya vintage” dan satu ” desain khusus” humbucker, masing-masing dengan sakelar sakelarnya sendiri yang dapat digunakan pemain untuk beralih dari pengaturan “on”, “off”, atau “out-of-phase”. Ini menggunakan bridge “Dynamic Vibrato” Mustang dan seperti kedua pendahulunya, gitar ini memiliki neck skala pendek 24 “(replika persis leher favorit Cobain, dari Fender Mustang).

Sebelumnya pada 90-an silam, Kurt Cobain menyarankan idenya untuk sebuah instrumen ke Fender, menghasilkan dua prototipe kidal yang dibuat oleh mantan Custom Shop Master Builder,  Larry L. Brooks, untuk dimainkan oleh Kurt sendiri. “Kurt selalu memainkan kedua gitar itu,” kata Larry Brooks dari Fender kepada Total Guitar. “Dia mengambil foto masing-masing, memotongnya menjadi dua, dan menyatukannya untuk melihat seperti apa bentuknya. Itu adalah konsepnya, dan kami merinci dan membentuknya untuk memberinya keseimbangan dan perasaan.

“Dia sangat mudah diajak bekerja sama,” tambah Brooks. “Saya memiliki kesempatan untuk duduk dan berbicara dengannya, lalu kami membuatkan prototipe untuknya. Dia memainkannya sebentar dan kemudian menulis beberapa saran pada gitar dan mengirimkannya kembali kepada kami. Kedua, saat kami melakukannya dengan benar.”

Awalnya gitar ini diproduksi pada musim gugur 1995, setelah kematian Kurt Cobain, Fender Jepang menerbitkan kembali Jag-Stang dua tahun setelah pembatalan tahun 2001 karena banyaknya permintaan. Fender sekali lagi menghentikan impor Jag-Stang dari Jepang mulai Mei 2006. Pada 8 Juli 2021, Fender mengumumkan bahwa Jag-Stang akan diterbitkan kembali sekali lagi untuk memperingati 30 tahun Nevermind, tersedia untuk dibeli pada Oktober 2021. Jag-Stangs akan dibuat di Meksiko untuk pertama kalinya.

Gitar Jag-Stang Sonic Blue milik Cobain diberikan kepada gitaris R.E.M, Peter Buck oleh Courtney Love setelah Cobain meninggal. Kita dapat melihatnya (dimodifikasi untuk permainan tangan kanan) di  video musik “What’s the Frequency, Kenneth?”.

Related posts

Siap Rilis Album Baru Electric Boys Lepas MV “Super God”

Qenny Alyano

Metallica Rayakan 30 Tahun ‘The Black Album’ Dengan 2 Rilisan Baru

Qenny Alyano

D’Masiv Hadirkan Keindahan Kota London Di Video Musik “Tanpamu”

Qenny Alyano