September 21, 2021
Boleh Music
Musicology

Persaingan YouTube dan TikTok Siapa Unggul ?

South Jakarta – Dua platform digital YouTube dan TikTok menjadi dua layanan yang paling banyak digunakan saat ini. YouTube saat ini menjadi platform streaming video terbesar di dunia yang nyaman, dengan lebih dari 2 miliar pengguna yang login memutar musik di layanannya setiap bulan. Disisi lain, TikTok tidak lagi terlihat seperti ‘musuh’ bagi YouTube dan lebih seperti pesaing langsung yang serius.

Beberapa waktu lalu, TikTok mengumumkan bahwa mereka meluncurkan opsi bagi penggunanya untuk membuat video berdurasi hingga tiga menit, naik dari yang sebelumnya hanya 60 detik. Sekarang, statistik baru telah terungkap yang kemungkinan akan semakin mengerutkan alis para petinggi YouTube. Menurut laporan baru yang diterbitkan oleh perusahaan analitik terkemuka App Annie , pada Mei 2021, TikTok melampaui YouTube di Amerika Serikat dan Inggris untuk waktu rata-rata yang dihabiskan per pengguna, per bulan di Android.

Dalam laporannya pada bulan Mei lalu,  App Annie mengungkapkan pengguna TikTok yang berbasis di Amerika Serikat pada perangkat Android menghabiskan rata-rata 24,5 jam sebulan dibandingkan dengan 22 jam per pengguna, per bulan di YouTube.Ini adalah fenomena baru-baru ini dimana App Annie (lihat di bawah) menunjukkan bahwa TikTok pada awalnya menyalip YouTube untuk durasi keterlibatan bulanan per pengguna di Amerika Serika pada pertengahan tahun lalu, sebelum kembali unggul pada April 2021. Sementaradi Inggris, keunggulan TikTok lebih nyaman dimana para penggunanya menghabiskan 26 jam sebulan di platform pada Mei tahun ini, berbanding dengan  pengguna YouTube Inggris menghabiskan hanya 16 jam per bulan. Meski demikian, YouTube masih unggul 2,5 kali lipat atas TikTok di Korea dan Jepang di Android, dalam hal waktu rata-rata yang dihabiskan per pengguna, per Mei 2021. Di Korea Selatan, menurut App Annie, ini setara dengan lebih dari 40 jam per orang per bulan, naik 15% dari Desember 2019.

Menggali lebih dalam laporan App Annie mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2020 secara keseluruhan, rata-rata pengguna YouTube yang berbasis di Amerika Serikat menghabiskan 23,1 jam per bulan di platform tersebut. Rata-rata pengguna TikTok yang berbasis di Amerika Serikat menghabiskan rata-rata 21,5 jam per bulan sepanjang tahun, sementara rata-rata pengguna TikTok yang berbasis di Amerika menghabiskan rata-rata 21,5 jam per bulan sepanjang tahun. Atas dasar tersebut, App Annie memperkirakan bahwa TikTok akan mencapai 1,2 miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2021 di Android dan iPhone.

(foto : App Annie)

App Annie mencatat dalam laporannya bahwa “YouTube adalah aplikasi streaming video peringkat No.1 berdasarkan waktu yang dihabiskan di antara semua pasar yang dianalisis, kecuali Tiongkok”, dibandingkan dengan Netflix dan Amazon Prime Video. Namun, TikTok, yang diperingkatkan sebagai aplikasi media sosial dalam laporan tersebut, “melanggar batas Perang Streaming Video”. Basis pengguna aplikasi streaming teratas semakin menggunakan TikTok YoY — yang dapat mewakili ancaman kompetitif [untuk platform video].

Mengutip memo internal untuk dikirim ke staf, Wall Street Journal melaporkan bulan lalu bahwa perusahaan induk TikTok, ByteDance melihat pendapatan tahunannya mencapai $ 34,3 miliar pada tahun 2020. YouTube, di semua videonya, termasuk musik, menghasilkan $19,78 miliar  dari iklan sepanjang kalender 2020. Tetapi YouTube melaporkan pada bulan Juni bahwa mereka  membayar lebih dari $4 miliar kepada industri musik dalam 12 bulan terakhir. Platform Global Head of Music  Lyor Cohen  baru-baru ini juga mengungkapkan bahwa YouTube Music adalah layanan berlangganan yang tumbuh paling cepat di saat ini.

Related posts

Mendalami Ilustrasi Musik Dan Tata Suara Film Di Lokakarya “Behind The Music & Sound of Gundala”

Qenny Alyano

Membanggakan, TRUST Orchestra Berhasil Meraih Medali Emas Di Festival Orkestra Dunia

Qenny Alyano

Produser Album Iron Maiden Dan Deep Purple Martin Birch Wafat Di Usia 71

Qenny Alyano