January 27, 2023
Boleh Music
New Comers

Winaya Rilis Debut “Tunggu Dulu” Bernuansa City Pop

South Jakarta – Dunia musik Indonesia tidak henti hentinya melahirkan solois muda yang berbakat, salah satunya Winaya. Bernaung di bawah label Sony Music Indonesia, pemilik nama lengkap Winaya Satasya ini siap meramaikan belantika musik Tanah Air dengan merilis single perdananya dengan judul “Tunggu Dulu” yang merupakan gubahan Asta RAN, Handy Soulvibe, dan Winaya sendiri. Pengerjaannya sendiri bisa dibilang memakan waktu cukup lama karena sudah mulai dikerjakan dari awal Februari 2020. Namun, dikarenakan pandemi yang merebak saat itu dan kesibukan Winaya yang sedang berkuliah di luar negeri, pembuatan single ini sempat tertunda. Setelah kondisi mulai membaik, pengerjaannya kembali dilanjutkan di awal 2021 hingga akhirnya siap dilempar ke pasaran.

“Aku senang sekali akhirnya single perdana aku selesai dikerjakan dan akan segera dirilis. Untuk genrenya, masih fokus pada pop Indonesia, tapi ada sedikit sentuhan ‘city pop’ untuk menggambarkan nuansa era tahun ’80-an. Mengenai ide lagu ini, aku tidak langsung mengambil inspirasi dari lagu-lagu Indonesia yang sudah ada dengan harapan bahwa lagu ini akan terdengar baru, tetapi tetap nyaman untuk didengar. Mudah-mudahan, single perdana ini bisa menjadi gambaran untuk image dan karya-karya aku yang akan datang,” papar gadis kelahiran Jakarta, 4 Maret 1998, ini.

Ditawari bergabung ke dalam Sony Music Indonesia dan bisa merilis single perdana dianggap Winaya sebagai kesempatan untuk menyalurkan kembali passion-nya di dunia musik. “Dari dulu, aku selalu bergelut di area kehewanan, olahraga, dan musik. Sempat terpikir untuk melanjutkan studi dan karier di musik, tapi berhenti aku tekuni saat memasuki bangku SMP dan SMA. Aku lebih mantap untuk melanjutkan studi jurusan Zoologi di Australia. Sekarang, karena ada kesempatan, aku tidak mau menyia-nyiakan salah satu passion yang sempet terredam. Aku juga berharap karier di dunia musik bisa mengiringi keinginanku untuk menyuarakan isu-isu lingkungan hidup.”

Artwork single “Tunggu Dulu” – Winaya foto : istimewa )

Penyuka olahraga scuba diving, berkuda, dan basket ini mengidolakan banyak penyanyi. Namun, ada tiga nama yang Winaya anggap sudah sebagai panutannya, yaitu IU, Amy Winehouse, dan Yura Yunita. “Kalau disuruh menyebut penyanyi yang aku idolakan ada banyak, contohnya seperti IU, mendiang Amy Winehouse, dan Yura Yunita. Untuk IU dan Amy Winehouse, aku rasa, mereka bisa dianggap memorable di generasinya. Aku suka Amy Winehouse karena genre yang dia bawakan dan suara raspy-nya yang bertolak belakang dengan suaraku. Sedangkan untuk IU, beliau telah menjadi bukti nyata kalau suara ringan dan tipis pun bisa membawakan lagu-lagu dari genre berbeda, khususnya swing, jazz, bahkan bossanova. Sementara, untuk Yura Yunita, beliau berani tampil beda dalam berkarya sejak awal, mulai dari lagu “Kataji” dan “Jester Suit” hingga akhirnya sekarang dikenal banyak orang.

Di album terbarunya, ada lagu-lagu yang, menurut aku, cukup susah untuk dibuat, seperti “Apakah Kamu” dan “Dekap,” namun ternyata bisa diterima dengan baik oleh pencinta musik di Indonesia.” Bisa bekerja sama dengan Asta RAN dan Handy Soulvibe di single pertamanya, membuat Winaya tertarik untuk berkolaborasi dengan lebih banyak musisi.

“Seandainya diberi kesempatan, aku ingin bisa berkolaborasi dengan musisi lain. Misalnya, Yura Yunita, Monita Tahalea, Ardhito Pramono, atau Sivia Azizah. Sebenarnya, sama siapa pun aku mau karena tiap musisi pasti punya sentuhan masing-masing dalam bermusik. Jadi, aku senang sekali kalau bisa bekerja sama dengan bermacam-macam musisi, baik dari genre yang sama mau pun lintas genre, karena aku tahu, karya yang dihasilkan nantinya akan sangat unik dan berbeda.”

Tidak hanya ingin fokus pada satu genre saja, pemilik tinggi 165 cm ini berharap bisa menekuni musik di area-area lagu seperti musisi Corrine Bailey Ray, India Arie, Lianne La Havas, dan Norah Jones. Selain itu, ia pun ingin mengembangkan kemampuannya dalam bermain instrumen musik.

“Sebenarnya, kebisaanku bermain piano dan gitar berasal dari hobi dan kebetulan dua alat musik ini yang paling accessible. Tapi, aku nggak benar-benar mendalami keduanya, hanya sekadar bisa mengiringi saat aku nyanyi saja. Seandainya ada waktu, aku ingin lebih memperdalam kemampuanku di piano dan gitar serta belajar instrumen lain walau hanya untuk ilmu fundamentalnya”.

Sebagai single perdana, tentunya Winaya menaruh harapan yang besar pada single “Tunggu Dulu” ini. “Aku ingin karya pertamaku ini bisa dinikmati dan diterima dengan baik oleh para pencinta musik di Indonesia. Semoga saja single ini bisa membuka pintu kesempatan untuk aku berkarya lebih banyak lagi ke depannya.” Single perdana Winaya, “Tunggu Dulu,” bisa didengarkan di platform-platform online mulai 16 Juli 2021.

Winaya rilis single “Tunggu Dulu” bersama Sony Music Indonesia foto : istimewa )

 

Song & Lyrics by Ramadhan Handyanto Jiwatama, Asta Andoko & Winaya

Produced & Arranged by Ramadhan Handyanto Jiwatama & Asta Andoko (KananMusik)

Guitar by Asta Andoko

Keyboard & Synthesizer by Kitut Sinjingo

Bass by Ramadhan Handyanto Jiwatama

Vocal Directed by Bowo Soulmate

Music recorded at Bangka XI Studio by Asta Andoko except keyboard & synthesizer at Kitut Studio by Kitut Sinjingo

Vocal recorded at Back beat studio by Ogie

Vocal edited by Hery Alesis

Mixed by Stevano at Sembunyi Studio

Mastered by Stephan Santoso at Slingshot Studio

(SPR)

Related posts

Taj Dharmadji Luncurkan Single Baru “Loose on the dancefloor”

Qenny Alyano

Holywings Academy Fasilitasi Para Penyanyi Muda Luncurkan Single “Hanya Sementara”

Qenny Alyano

Tune-Yards Luncurkan MV “Hold Yourself” Rilis Album ‘Sketchy’

Qenny Alyano