September 21, 2021
Boleh Music
Gearsician

Tony Iommi ‘Black Sabbath’ Rilis Gitar Signature Gibson SG Special

South Jakarta – Gitaris ikonik dari band heavy metal legendaris Black Sabbath, Anthony Frank Iommi atau dikenal dengan nama Tony Iommi,  menjalin kerja sama dengan produsen gitar ternama, Gibson untuk meluncurkan gitar Gibson signature Toni Iommi SG Special Vintage Cherry. Gibson USA telah membuat gitar berdasarkan aslinya yang dari milik sang gitaris yang menghasilkan riff berat yang tak terhitung jumlahnya, dengan bodi mahoni, leher mahoni terikat dengan profil bulat, fretboard Indian Rosewood  dengan 22 fret dengan bodi mahoni, leher mahoni terikat dengan profil bulat, mur Graph Tech, tuner Grover Rotomatic dengan tombol gaya kontemporer, dan pickup P-90 berlapis krom. Reproduksi stiker “Monkey” milik Tony disertakan dalam kasing. Versi untuk gitaris kidal juga tersedia.

Model produksi Amerika  ini datang lebih dari setahun setelah Gibson menciptakan Tony Iommi “Monkey” 1964 SG Special Replica, SG Special 1964 yang banyak dimodifikasi yang digunakan secara ekstensif dengan lineup awal Black Sabbath dan terdengar di setiap album dan tur tahun 1970-an. . Gitar ini juga bisa  dikenali oleh stiker kartun monyet, SG Istimewa 1964 Iommi menjadi instrumen utama. Gitar asli tersebut kemudian disumbangkan oleh Tony ke organisasi Hard Rock Café dan dipajang di lokasi Times Square di New York City, Amerika Serikat.

Berbicara kepada majalah gitaris, Tony Iommi menyatakan tentang gitar aslinya: “Semua empat atau lima album pertama yang digunakan – dan sedikit pada yang lain setelah itu. Akhirnya, saya menghentikannya, karena saya khawatir membawanya di jalan. Karena gitar itu selalu bepergian denganku di kamar, dan aku tidak akan pernah melupakannya — aku tidak akan meninggalkannya sendiri, jika ada orang yang mengambilnya. Karena itu — bagiku, aku tidak bisa begitu saja mengambil gitar lain; itu harus benar. Jadi itu sangat berharga bagi saya. Dan saya sangat khawatir tentang itu, jika saya meninggalkannya di sebuah ruangan dan jika seseorang mengambilnya. Cukup. Selesai. Tidak ada pertunjukan lagi.’ Karena saya tidak punya cadangannya.”

“Saya selalu sangat berhati-hati dengannya – maksud saya, saya benar-benar berhati-hati,” lanjutnya. “Di penerbangan, saya selalu membawanya. Yang merupakan hal lain kemudian, Anda tidak dapat membawa mereka (gitar-gitarI ke pesawat dan hal-hal seperti itu. Jadi akhirnya, saya memensiunkan. Dan saya merasa sedih tentang hal itu. Terjebak dalam sebuah kasus, sungguh, di rumah. Dan di situlah Hard Rock [Café] masuk. Saya pikir akan lebih baik jika orang bisa melihatnya di sebuah etalase daripada saya menyimpannya dengan banyak gitar di dalamnya. sebuah kotak, Tahu kan?”

Gitar Gibson Tony Iommi SG Special dijual dengan harga $2,399.00 ( sekitar Rp 34 juta ) dan bisa dilihat di https://www.gibson.com/Guitar/USAH24673/Tony-Iommi-SG-Special/Vintage-Cherry

Related posts

Legenda Musik Rock & Roll Little Richard Meninggal Dunia Di Usia 87

Qenny Alyano

Ulang Tahun, Mendiang Chris Cornell Bagikan Cover Lagu G’NR “Patience”

Qenny Alyano

Dwiki Dharmawan Rilis Album Fisik ‘Rumah Batu’ Hadirkan Nama Musisi Jazz Dunia

Qenny Alyano