January 27, 2023
Boleh Music
Asian Hit List

Musisi Pop Thailand Pyra Rilis EP ”fkn bad pt.1′

South Jakarta – Membangun nama untuk komentar sosialnya yang blak-blakan melalui musik genre-bending, pejuang pop Thailand Pyra membuat pernyataan besar melalui EP barunya yang sangat dinanti-nantikan ‘fkn bad pt.1’. Inti dari EP yang visioner, yang merupakan paruh pertama dari proyek  fkn-nya, adalah keinginan Pyra untuk menghadapi masalah sosial budaya dengan memanfaatkan suara pop yang dinamis dan estetika futuris untuk menginspirasi perubahan dan kesetaraan.

EP ini digawangi oleh pernyataan niat yang sangat kuat lewat single “paper promises”, yang berfungsi sebagai tanggapan Pyra terhadap penanganan pandemi COVID-19 yang tidak menguntungkan oleh pemerintah Thailand. Di atas ketukan pop nostalgia yang mengingatkan pada bintang 2000-an yang didengarkan oleh visioner, Pyra menyanyikan “saya bosan dengan semua janji kertas Anda, katakan padaku Anda minta maaf lagi” sebagai anggukan untuk permintaan maaf yang kosong dan keputusan untuk memprioritaskan uang dan keuntungan di atas segalanya.

Disertai dengan video yang mencolok namun suram, difilmkan dan disutradarai oleh Pyra sendiri dalam gaya estetika video game retro, “paper promise” melihat aktivis pop menavigasi dirinya sendiri ke seluruh dunia untuk mengikuti percobaan uang CGI – yang akhirnya tidak menghasilkan apa-apa selain jalan buntu yang ditandai oleh layar judul ‘game over’, menyiratkan bahwa hidup adalah permainan yang berpusat pada mengejar uang.

Berbicara tentang “paper promises” Pyra menjelaskan: “paper promises” mengeksplorasi kelelahan saya terhadap manusia dan pembunuhan tidak berarti yang didorong oleh keserakahan. Ini mewakili kebingungan saya menyaksikan bagaimana moral dan etika bisa hilang ketika berhadapan dengan uang besar. Lagu ini melihat betapa mudahnya menginjak-injak orang lain untuk keuntungan pribadi, terutama di kalangan politisi dan tokoh berwibawa. Janji itu rapuh seperti lembaran kertas tipis – dan lembaran kertas tipis itu adalah uang.

fkn bad pt.1 juga didukung oleh single sebelumnya “bangkok”, di mana vokal berapi-api Pyra memberikan penghormatan kepada para aktivis politik Thailand, serta hitnya “yellow fever” di mana Pyra bergabung dengan YAYOI DAIMON dan Ramengvrl – dua yang paling ramai dan seniman terkenal yang keluar dari Asia sekarang – untuk menantang stereotip terhadap perempuan Asia, peran gender seksis, kebutaan rasial dan perampasan budaya. EP lebih lanjut diisi melalui “dunia plastik”, di mana Pyra membahas dampak konsumerisme terhadap pemanasan global; vokal yang indah, suara yang terdistorsi dan riff gitar yang menakutkan dari “dystopia” yang mendorong pendengar untuk membuka pikiran mereka terhadap kebenaran; dan “roh bunuh diri”, nomor pop-jebakan industri.

Artwork EP ‘fkn bad pt.1’ – Pyra ( foto : istimewa )

EP Back Cover fkn bad pt.1. – Pyra ( foto : istimewa )

Sudah mengumpulkan lebih dari setengah juta streaming Spotify sendirian untuk single-nya, ada selera global yang tak terbantahkan untuk musik Pyra yang memberdayakan dan visioner, mengukuhkan dirinya sebagai pemimpin budaya untuk kesetaraan dan pemberdayaan; artis Thailand pertama yang bermain di Burning Man Festival di AS, Pyra dipuji sebagai salah satu dari ‘100 Artis Baru Esensial untuk 2021’ bersama dengan pujian internasional dari orang-orang seperti MIXMAG, GQ, L’OFFICIEL dan VICE untuk menamai a sedikit.

Seorang pendongeng berbakat yang membangun dunia baru satu lagu pada satu waktu, Pyra adalah ikon yang sedang membangun dan tidak boleh dilewatkan, nantikan hal-hal yang lebih besar lagi yang akan datang.

 

fkn bad pt.1 Tracklist:

  1. bangkok 
  2. yellow fever 
  3. paper promises
  4. plastic world 
  5. dystopia 
  6. suicide spirit

Related posts

I Don’t Like Mondays Rilis Single “PAINT” Untuk Anime ‘ONE PIECE’

Qenny Alyano

Kolaborasi Kaz INTERSECTION dan Hikari Mitsushima Hadirkan “Drown”

Qenny Alyano

Josh Cumbee Kolaborasi dengan Vicke Blanka Rilis Versi Baru “Sound Of Your Name”

Qenny Alyano