September 21, 2021
Boleh Music
Editor's Picks Flash News Gearsician What's New

Charlie Watts Drummer The Rolling Stones Meninggal Dunia

South Jakarta – Dunia musik internasional kembali berduka. Drumer band rock n’ roll legendaris asal Inggris, The Rolling Stones, Charles Robert Watts atau dikenal dengan nama Charlie Watts, meninggal dunia pada 24 Agustus 2021 di usia 80 tahun. Belum ada pernyataan resmi band penyebab kematian drummer kelahiran London, 2 Juni 1941 tersebut. Berita duka  tersebut disampaikan dalam sebuah pernyataan resmi dari juru bicara band,

“Dengan sangat sedih kami mengumumkan kematian Charlie Watts yang kami cintai. Dia meninggal dengan tenang di rumah sakit London hari ini dikelilingi oleh keluarganya. Seorang suami, ayah, dan kakek yang disayangi” dan “salah satu penabuh drum terhebat di generasinya. Kami dengan hormat meminta agar privasi keluarga, anggota band, dan teman dekatnya dihormati di masa sulit ini.” 

Diberitakan sebelumnya bahwa pada awal bulan ini para personil band menunjukkan dukungan mereka untuk Charlie Watts setelah dia mengundurkan diri dari tur The Rolling Stones mendatang untuk “beristirahat dan memulihkan diri” mengikuti prosedur medis. Pada saat itu juru bicara Charlie Watts menjelaskan dalam sebuah pernyataan,

“Charlie telah menjalani prosedur yang benar-benar berhasil, tetapi saya mengumpulkan dokternya minggu ini menyimpulkan bahwa dia sekarang membutuhkan istirahat dan pemulihan yang tepat,” Dengan latihan yang dimulai dalam beberapa minggu, sangat mengecewakan untuk sedikitnya, tetapi juga adil untuk mengatakan tidak ada yang melihat ini terjadi.”

Saat itu Charlie juga mengungkapkan, “Sekali lagi waktu saat sedikit terhambat. Saya bekerja keras untuk menjadi bugar sepenuhnya tetapi hari ini saya menerima saran dari para ahli bahwa ini akan memakan waktu cukup lama. Setelah semua penderitaan para penggemar yang disebabkan oleh Covid, saya benar-benar tidak ingin banyak penggemar RS yang telah memegang tiket untuk tur ini kecewa dengan penundaan atau pembatalan lagi. Karena itu saya meminta teman baik saya Steve Jordan untuk menggantikan saya.”

Steve Jordan juga ikut memberikan pernyataan, “Merupakan kehormatan mutlak dan hak istimewa untuk menjadi pengganti Charlie dan saya menantikan untuk berlatih dengan Mick, Keith dan Ronnie. Tidak ada yang akan lebih bahagia daripada saya untuk menyerahkan kursi saya di penabuh drum segera setelah Charlie memberi tahu saya bahwa dia telah siap untuk kembali.”

 

Charlie Watts mulai bermain drum di klub ritme dan blues London, di mana dia bertemu Brian Jones, Mick Jagger, dan Keith Richards. Pada Januari 1963, ia bergabung dengan The Rolling Stones, sebagai drummer, sambil merangkap sebagai perancang album rekaman dan panggung tur mereka. Charlie Watts, bersama dengan Mick Jagger dan Keith Richards, adalah satu-satunya anggota band yang tampil di semua album studio mereka. Dia menyebut jazz sebagai pengaruh besar pada gaya permainan drumnya. Dia melakukan tur dengan grupnya sendiri, Charlie Watts Quintet, dan muncul di London di Ronnie Scott’s Jazz Club dengan Charlie Watts Tentet. Pada tahun 2006, Watts terpilih menjadi Modern Drummer Hall of Fame . Pada tahun 2016, ia menduduki peringkat ke-12 dalam daftar “100 Drummer Terhebat Sepanjang Masa” versi majalah Rolling Stone.

Selamat jalan Charlie Watts.

Related posts

Warpaint Rilis Single Baru “Lilys” Setelah 5 Tahun

Qenny Alyano

Vokalis KSP Band Marthin Saba Meninggal Dunia

Qenny Alyano

Hayley Williams Luncurkan Album Solo Kedua ‘FLOWERS for VASES / descansos’

Qenny Alyano