September 21, 2021
Boleh Music
Musicology What's New

Setelah 40 Tahun ABBA Rilis Album Baru

South Jakarta –  Kabar gembira untuk para penggemar musik pop asal Swedia ABBA. Setelah sekian lama, ABBA akhirnya mengumumkan kembalinya mereka, mengkonfirmasi rincian album baru dan  menggelar konser “revolusioner” bertajuk ‘ABBA Voyage’, serta merilis dua lagu baru. Pengumuman album baru ini disertai dengan perilisan singel baru “I Still Have Faith in You” dan “Don’t Shut Me Down” yang telah diumumkan sebelumnya. Video musik untuk “I Still Have Faith in You”, menampilkan cuplikan band selama tahun-tahun pertunjukan mereka dan juga tampilan pertama ABBAtars, yang memperoleh lebih dari satu juta tampilan dalam tiga jam pertama. Sementara setelah lebih dari 40 tahun, album baru ABBA,’ ‘Voyage’ akan dirilis pada 5 November mendatang melalui Universal Music.

Pengumuman album baru ABBA pada 2 September 2021  melalui streaming langsung YouTube. Sebelumnya ABBA mengumumkan pada tahun 2018 bahwa mereka telah merekam dua lagu, “I Still Have Faith in You” dan “Don’t Shut Me Down”, yang diumumkan sebagai singel utama dari album di streaming langsung. Grup ini juga mengumumkan konser avatar digital ABBA Voyage bersama 10 anggota band, dimulai pada 27 Mei 2022, yang akan diadakan di Queen Elizabeth Olympic Park London. Lagu “I Still Have Faith in You” ditulis oleh Benny Andersson dan Björn Ulvaeus yang juga bertindak sebagai produser serta dinyanyikan oleh vokalis  Anni-Frid Lyngstad. Sementara lagu “Don’t Shut Me Down” dinyanyikan oleh Agnetha Fältskog.

Saat konferensi pers beberapa waktu lagu seperti dilansir NME, personil ABBA, Benny Andersson, mengungkapkan,  “Pertama hanya dua lagu, lalu saya berkata, ‘Mungkin kita harus membuat beberapa lagu lainnya – bagaimana menurutmu para wanita ? Mereka berkata ya, jadi saya bertanya kepada mereka, ‘Mengapa kita tidak membuat satu album saja?.

“Lagu pertama, ‘I Still Have In You’, saya baru tahu bahwa ketika Benny memainkan melodi itu pasti tentang kami. Ini tentang menyadari bahwa tidak mungkin berada di tempat kita sekarang. Tidak ada imajinasi yang bisa memimpikan hal itu – untuk merilis album baru setelah 40 tahun dan masih menjadi teman terbaik, dan masih menikmati kebersamaan satu sama lain dan memiliki loyalitas total. Siapa yang pernah mengalami itu? Tidak seorang pun” tambah Björn Ulvaeus.

Björn Ulvaeus dan Benny Andersson jgua sepakat mereka tidak berusaha mengikuti tren pop kontemporer saat ini, “Kami tidak bersaing dengan Drake dan semua musisi lainnya ini,” kata Andersson menyindir diri sendiri pada konferensi pers reuni. “Kami tidak bisa, karena saya tidak mengerti bahan dalam lagu yang bekerja hari ini, jadi tidak mungkin untuk meniru. Saya tidak keberatan Drake, saya hanya tidak tahu apa yang dilakukan artis pop modern.”

Berikut daftar lagu dari album ABBA mendatang, ‘Voyage’

 

1. “I Still Have Faith in You”
2. “When You Danced with Me”
3. “Little Things”
4. “Don’t Shut Me Down”
5. “Just a Notion”
6. “I Can Be That Woman”
7. “Keep an Eye on Dan”
8. “Bumblebee”
9. “No Doubt About It”
10. “Ode to Freedom”

ABBA terbentuk di Stockholm, Swedia pada tahun 1972 oleh Agnetha Fältskog, Björn Ulvaeus, Benny Andersson, dan Anni-Frid Lyngstad. Nama grup adalah akronim dari huruf pertama dari nama depan mereka. DI kemudian hari, grup menjadi grup pasangan suami istri dimana Agnetha Fältskog menikah dengan Björn Ulvaeus dan Benny Andersson dengan Anni-Frid Lyngstad meskipun kemudian berpisah. ABBA menjadi salah satu grup paling sukses secara komersial dalam sejarah musik populer, menduduki puncak tangga lagu di seluruh dunia dari tahun 1974 hingga 1983. Selama perjalanan karir musiknya ABBA telah melahirkan sejumlah single hit seperti “Dancing Queen”, ” Waterloo”, “Mamma Mia”, “Fernando”, “Knowing Me, Knowing You”, “Money, Money, Money”, “Thank You for the Music” , “I Have a Dream” dan masih banyak lagi. Meski tidak pernah menyatakan bubar secara terbuka, namun mereka merilis album terakhir mereka, ‘The Visitor’ pada tahun 1981. Personil ABBA lainnya kemudian meneruskan karir solo masing-masing meraih kesuksesan. Nama ABBA dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2010.dan pada tahun 2015, lagu mereka “Dancing Queen” dilantik ke dalam Grammy Hall of Fame dari Recording Academy.

Related posts

NOAH Lelang Vinyl Special Gold Edition Untuk Didonasikan

Qenny Alyano

Sad Alex Kolaborasi Dengan Gnash Lewat “I’m Glad That You Found Someone”.

Qenny Alyano

Blackmore’s Night Rilis Album Baru Lepas Video “Second Element”

Qenny Alyano