September 21, 2021
Boleh Music
Musicology What's New

‘ΛΛLIYΛH’ Album Terakhir Mendiang Aaliyah Dirilis Digital

South Jakarta – ΛΛLIYΛH’, album terakhir dalam diskografi mendiang penyanyi ikonik Aaliyah dirilis hari ini. Dikenal juga sebagai “The Red Album”, album ketiga musisi peraih 5 nominasi GRAMMY® Award tersebut sudah tersedia di semua platform streaming musik berkat kerjasama antara Blackground Records 2.0 dan EMPIRE.

Dirilisnya album ‘ΛΛLIYΛH’ untuk pertama kalinya ke ranah digital hari ini menyusul perilisan digital album ‘One In  A Million’ pada 20 Agustus 2021 yang pekan lalu berhasil mencapai posisi #1 chart Album Katalog Billboard dan menduduki posisi #1 chart US iTunes Album chart saat dirilis ulang pada 20 Agustus lalu, #2 chart Independent Albums Billboard, dan debut di posisi #10 chart album Billboard 200 pekan lalu. Saat pertama kali dirilis pada 2001, album ‘ΛΛLIYΛH’ mendapatkan sambutan hangat dari para kritikus musik dan berhasil mencapai posisi #2 chart album Billboard 200. Menampilkan hit single “Rock The Boat” dan “More Than a Woman”, album yang disertifikasi 2 kali platinum oleh RIAA tersebut menjadi cetak biru untuk musisi-musisi R&B hari ini, serta mendapatkan nominasi GRAMMY® Award untuk kategori Best R&B Album dan Best R&B Vocal Performance untuk “More Than A Woman” dan “Rock The Boat”. Pasca tragedi yang merenggut nyawa Aaliyah pada 25 Agustus 2001, album ‘ΛΛLIYΛH’ kemudian berhasil duduk di posisi #1 chart album Billboard 200 dan telah terjual lebih dari 13 juta keping di seluruh dunia.

Dirilis di masa keemasan genre R&B, album ‘ΛΛLIYΛH’ telah didaulat oleh berbagai kritikus musik sebagai salah satu karya terbaik di genre R&B dan menjadi salah satu karya paling berpengaruh dari eranya. ‘ΛΛLIYΛH’ masuk ke daftar ‘150 Greatest Albums Made By Women’ oleh NPR pada 2017 dan masuk ke daftar “100 Coolest Albums in the World” dari GQ di posisi #66 pada 2005. Beberapa tahun kemudian album terakhir Aaliyah tersebut masuk ke daftar ‘150 Essential Albums of the Vibe Era’ dari VIBE.

Merchandise Aaliyah tersedia melalui blackgroundrecords.net/shop/collection. Merchandise Aaliyah mengusung gaya nostaljik khas dekade 90an yang terdiri dari jersey vintage hingga kaos dan hoodie.

Cover album ‘ΛΛLIYΛH’ – Aaliyah ( foto : istimewa )

‘ΛΛLIYΛH’ Tracklist

1. We Need a Resolution featuring Timbaland
2. Loose Rap featuring Static
3. Rock the Boat
4. More Than a Woman
5. Never No More
6. I Care 4 U
7. Extra Smooth
8. Read Between the Lines
9. U Got Nerve
10. I Refuse
11. It’s Whatever
12. I Can Be
13. Those Were the Days
14. What If
15. Try Again

Tentang Blackground Records 2.0

Didirikan oleh Barry dan Jomo Hankerson pada 1993, Blackground Records menjadi nama familiar di ranah musik dan kultur pop pada dekade 1990an dan awal 2000an karena kemampuan Hankerson untuk mengembangkan potensi para musisi yang kemudian berlanjut menjadi karir yang gemilang. Selama bertahun-tahun — bersama musisi-musisi seperti mendiang Aaliyah, Timbaland, Tank, dan Jojo — Blackground Records telah menjual jutaan album, merilis sepuluh album yang masuk ke 10 besar chart album Billboard 200, dan memenangkan berbagai penghargaan. Kini, sebagai Blackground Records 2.0, Hankerson berencana untuk melanjutkan kontribusi luar biasa mereka terhadap kultur pop.

Tentang EMPIRE
Didirikan pada 2010 oleh Ghazi Shami, EMPIRE saat ini menjadi yang terdepan lewat pendekatan inovatif mereka terhadap era musik digital di sejumlah divisi label, distribusi, dan publishing yang EMPIRE naungi. Ghazi telah diakui untuk kontribusinya dalam daftar Indie Power Players oleh Billboard pada 2019 serta Billboard’s 2020 Power List. Dengan fokusnya terhadap pengembangan tahap awal untuk musisi, perusahaan yang berbasis di San Francisco tersebut memiliki peran penting dalam karir sejumlah musisi multi-platinum dan peraih Grammy Award seperti Kendrick Lamar, Cardi B, DRAM, dan Anderson .Paak.

Melalui bentuk kerjasama yang selalu menguntungkan untuk sisi musisi, EMPIRE mampu menciptakan sebuah kerjasama dalam makna yang sesungguhnya bersama tiap musisi dan label dalam rosternya. Didukung oleh software unik EMPIRE dalam ranah analisa, ganti rugi, dan royalti, yang tersedia untuk tiap rekan, EMPIRE menawarkan transparansi yang luar biasa di industri musik.

(SPR)

Related posts

Blackpink Kembali Dengan Single Dan Video Musik Baru “How You Like That”

Qenny Alyano

Akan Konser Di Indonesia Inilah Sejumlah Permintaan Shawn Mendes

Qenny Alyano

Mikha Angelo Sambut Valentine Dengan ‘LOVER’

Boleh Music