December 5, 2021
Boleh Music
Musicology What's New

Candra Darusman dan Dian Sastrowardoyo Hadirkan MV “Perjumpaan Kita”

South Jakarta – Signature Music Indonesia bekerja sama dengan demajors merilis video musik single “Perjumpaan Kita”. Video ini merupakan visualisasi single “Perjumpaan Kita” ciptaan Candra Darusman yang dinyanyikan secara duet oleh Candra Darusman dan Dian Sastrowardoyo dan dirilis pada bulan Juni 2021 yang lalu. Video Musik yang disutradarai oleh Eandaru Kusumaatmaja ini menyampaikan semangat dan kegembiraan dari kolaborasi Candra Darusman dan Dian Sastrowardoyo yang diwakili oleh sepasang remaja yang diperankan oleh aktor dan model Luthesa serta Jati. Pengambilan gambar dilakukan dengan protokol kesehatan yang tertib dan mengambil lokasi di kompleks Mbloc Space, Jakarta Selatan. Menampilkan sudut-sudut Mbloc sebagai lokasi yang artistik dan inspiratif bagi penonton video musik ini. Beberapa adegan juga sengaja dilakukan di Mbloc Market, sebuah gerai dalam kompleks Mbloc Space yang mengkhususkan diri menampilkan dan menjual produk-produk jenama lokal, sehingga diharapkan video ini dapat menggugah kebanggaan akan produk dan jenama Indonesia.

“Setelah dengerin Perjumpaan Kita, rasanya kita jadi muda lagi, jadi ingin menari-nari, bawaannya bahagia! Kami juga coba merespon sudut-sudut Mbloc Space yang menarik. Dengan musisinya yang orang Indonesia, tempatnya Indonesia banget, kenapa ngga kita masukin tradisi Indonesia? Akhirnya saya putuskan untuk mengawinkan antara romansa, musik, budaya dan gaya klasik, namun tetap elegan,”, Eandaru menjelaskan latar belakang konsep videonya.

Lagu “Perjumpaan Kita  dibalut irama samba Brazil yang riang hasil aransemen pianis Irsa Destiwi, lagu ini menampilkan duet unik yang belum pernah terjadi sebelumnya: Candra dan Dian. Secara lirik, lagu ini menceritakan kegembiraan dari situasi sebuah perjumpaan antara dua orang. Namun secara semangat, lagu ini juga menyiratkan sebuah pertemuan dua dunia kreatif yang berbeda, yakni perjumpaan dan sinergi karya antara Candra Darusman yang seorang musisi dengan Dian Sastrowardoyo yang seorang aktris film. Keduanya menyatukan kreativitas mereka dan berkarya dalam keceriaan lagu ini sekaligus membawa misi memasyarakatkan semangat penciptaan karya musik, dan juga PP 56/ 2021 tentang Pengumpulan Royalti. Dalam sesi dan proses kolaborasi ini, Dian Sastrowardoyo juga mengajak Candra Darusman untuk turut memperhatikan hak cipta dunia perfilman di mana ajakan ini langsung disanggupi oleh Candra yang selama ini memfokuskan perhatiannya ke hak cipta musik dan buku.

Artwork video musik “Perjumpaan Kita” –

Sebagai ekspresi dukungan semangat penciptaan karya musik, Candra Darusman dan Dian Sastrowardoyo juga bersepakat untuk mendonasikan sebagian royalti lagu “Perjumpaan Kita” bagi upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kepatuhan hak cipta seni musik dan film, termasuk jenis seni lainnya melalui Pundi Fesmi (Federasi Serikat Musik Indonesia) yang juga diketuai Candra Darusman. Candra Darusman mengungkapkan tantangan yang dihadapi seniman dalam hal ini musisi dan masyarakat musik Indonesia terutama di masa pandemi ini, sehingga dibutuhkan banyak usaha dan pemikiran untuk dapat terus memompa semangat berkarya dan berkesenian.

“Perjumpaan Kita adalah perwujudan semangat memajukan negeri melalui kampanye hak cipta, melalui kesenian. Singkatnya, melalui hak cipta “S.E.N.I.” kita bersama “SElamatkan Negeri Ini. Karena salah satu esensi seni adalah membentuk karakter yang diperlukan agar bangsa Indonesia dapat hidup dalam harmoni yang salah satu sikapnya adalah dengan menghormati karya orang lain,”, ungkap Candra Darusman. “Sebagai musisi, saya juga sangat menghargai dukungan dan kontribusi dari Dian Sastrowardoyo dari dunia perfilman Indonesia yang bersedia mendonasikan sebagian royaltynya dari lagu ini dan mendukung musik Indonesia dan kesadaran serta kepatuhan hak cipta,”, demikian disampaikan oleh Candra Darusman.

Tentang keikutsertaannya di “Perjumpaan Kita”, Dian Sastrowardoyo berharap partisipasinya bisa menjadi salah satu perwujudan semangat yang Candra Darusman ungkap sebelumnya. “Adalah sebuah kehormatan buat saya saat Om Candra Darusman yang merupakan salah seorang living legend musik Indonesia – mengajak untuk berkolaborasi lewat lagu Perjumpaan Kita ini. Awalnya, saya sempat ragu untuk menerima tawaran tersebut, karena walaupun saya hobi bernyanyi, tapi saya bukanlah penyanyi profesional dan tidak ada niat beralih profesi menjadi penyanyi. Akhirnya saya menerima ajakan tersebut karena melalui kolaborasi ini, ada satu good cause yang dilakukan, yakni memasyarakatkan semangat penciptaan karya musik dan juga tentang Pengumpulan Royalti. Semoga semangat berkarya dari Candra Darusman – termasuk kolaborasinya dengan saya dari bidang seni yang berbeda – bisa menjadi penyemangat para seniman dan pencipta lainnya,”.

Dian Sastrowardoyo juga mengungkapkan betapa menyenangkan lagu “Perjumpaan Kita” ini baginya. “Saya jawab tantangan Mas Candra berduet juga karena lagunya enak banget, berirama brazilian yang riang dan sangat cocok untuk menghibur serta memberi semangat teman-teman yang sedang berada di masa-masa penuh tantangan ini.”, sambung Dian.

Irama Samba Brasil dipilih membalut “Perjumpaan Kita” dikarenakan penciptaan lagu yang memang beranjak dari struktur akord dan melodi yang ditulis Candra Darusman berangkat dari musik samba dan brazilian yang merupakan salah satu genre musik favorit Candra, di mana Candra kita kenal tak hanya sebagai pianis jazz senior Indonesia, tapi juga memainkan beragam sub-genre musik jazz dan pop. Dalam mewujudkan aransemennya, Irsa Destiwi yang didapuk sebagi aranjer memilih menampilkan musisi Indonesia lintas generasi: Oele Pattiselano (gitar), Iwan Wiradz & Revie Pongoh (perkusi), Donny Koeswinarno (flute), Odi Purba (bass), Ivan Alidyan (keyboards), Ranya Badudu (Backing vocals) Nikita Dompas (gitar) dan Irsa Destiwi sendiri pada piano.

“Perjumpaan Kita adalah sebuah lagu baru dimana liriknya puitis tapi ringan dan melodinya sangat catchy dan menarik – ini akan menjadi pilihan lagu yang sangat segar ditengah trend yang ada sekarang,”, Irsa Destiwi membagi pandangannya mengenai lagu ini.

Video musik “Perjumpaan Kita” akan menjadi pembuka dirilisnya single-single lain dari album rekaman berjudul ‘Detik Waktu #2 – Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman’ selama akhir 2021 hingga 2022 mendatang. Album ini merupakan sebuah album berisi lagu-lagu karya cipta dari Candra Darusman dan merupakan sebuah “sequel” (kelanjutan) dari album yang dirilis sebelumnya di tahun 2018, yakni ‘Detik Waktu’, yang meraih dua AMI Award, penghargaan tertinggi dalam dunia musik Indonesia pada tahun 2018 sebagai “Album Terbaik Terbaik” dan “Album Pop Terbaik”. Album ‘Detik Waktu #2 – Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman’ ini akan menampilkan beberapa lagu ciptaan Candra Darusman yang akan direkam oleh beberapa penyanyi dan musisi Indonesia dan direncanakan akan dirilis oleh Signature Music Indonesia dan didistribusikan oleh demajors pada kuartal pertama 2022.

 

“PERJUMPAAN KITA” Music Video Production:

Director: Eandaru Kusumaatmaja
Executive Producer: Panji Prasetyo
Producer: Perlita Desiani; Wira Hardiprakoso
Director of Photography: Eandaru Kusumaatmaja
Assistant Camera: Barry
Editor: Fabian Nusi
Models: Luthesa & Jati
Assistant Lighting: Annas
Storyboard Artist: Fajraaraf
Behind The Scenes: Rana Putriani
Wardrobe: Timami Yestha P.
Assistant Wardrobe: Firda Amelia
Make Up: Marina Tasha
Hair Do: Rachela Yu
Make Up: Maya Vi
Make Up Dian: Watiewauw
Hair Do Dian: Tisna Hairdo
Wardrobe: Rusli Hadiwinata @rusihadiwinata; Hartono Gan
@hartonogan.madeinindonesia; TAWA @ta.wa; ANW @__anw; Effya @effyaofficial;
Saroong Atelier @saroongatelier; PATTERO @playwithpattero; Kainzoow @kainzoow;
Bajunenek.id @bajunenek.id; Mader @maderofficial; Jovem @jovemstudio; House of
Jealouxy @houseofjealouxy; Nirawatro @nirawatro; KLAR @klar_access
Supported by MBloc Space: Wendi Putranto; Aldo Matatula; Dhani; Yanto; Wawan;
Imelda
Also supported by MBloc Market: Ayu; Angga; Hikki; Hanafi

 

 

“PERJUMPAAN KITA” Music Production:

Performed by CANDRA DARUSMAN & DIAN SASTROWARDOYO
Music & Lyrics by CANDRA DARUSMAN
Arranged by IRSA DESTIWI
Produced by PANJI PRASETYO, CANDRA DARUSMAN, NIKITA DOMPAS
Executive Producer PANJI PRASETYO
Project Coordinator WIRA HARDIPRAKOSO
Guitar OELE PATTISELANO
Piano IRSA DESTIWI
Flute DONNY KOESWINARNO
Bass ODI PURBA
Percussions REVIE PONGOH & IWAN WIRADZ
Nylon Guitar NIKITA DOMPAS
Add. Keyboards IVAN ALIDYAN
Backing Vocals RANYA BADUDU
Vocal Director NESIA ARDI
Editor ARIO HENDARWAN
Rhythm Section recorded by DIMAS PRADIPTA & ALDHAN PRASATYA at Sum It Studio
Vocals recorded by FAY ISMAIL at Studio 168
Mixing and Mastering by HARMOKO AGUSWAN at Next Level Mixing and Mastering

(SPR)

Related posts

Billie Eilish Lepas Single Dan Video Animasi Baru “My Future”

Qenny Alyano

WARPs UP dan GENIC Rilis Lagu Untuk Anime ‘Fruits Basket The Final’

Qenny Alyano

The Rolling Stones Umumkan Jadwal Tur Musim Gugur 2021

Qenny Alyano