December 5, 2021
Boleh Music
What's New

Kolaborasi Titi DJ, Ashanty, Eka Gustiwana Hadirkan “SUPERWOMAN”

South Jakarta – Penyanyi Titi DJ, Ashanty dan musisi Eka Gustiwana, telah merilis single terbaru mereka pada hari Jumat, tanggal 5 November 2021 lalu. Single berjudul “SuperWoman” tersebut dirilis di berbagai Digital Streaming Platform (DSP) seperti Spotify, Apple Music, YouTube Music, TikTok, Joox, Resso, Deezer dan Langit Musik. Single “SuperWoman” ini merupakan karya terbaru lintas generasi yaitu Titi DJ yang sudah berkarya hampir 4 dekade, Ashanty yang merilis karya perdananya pada tahun 2009 dan Eka Gustiwana yang merupakan musisi muda berbakat perwakilan dari generasi milenial.

“ Kami besar di generasi industri musik yang berbeda. Genre Pop-Disco-R&B/Soul ini menjadi pilihan kami karena kami ingin menulis lagu tentang woman empowerment yang adem, tempo sedang, tetapi tetap dance-able” ujar Eka Gustiwana.

Di lagu ini Eka melepaskan dirinya dari zona nyaman dimana di lagu-lagu Eka sebelumnya kental dengan synth/processed sounds, kini tidak diaplikasikan di lagu ini. Justru di lagu ini, Eka memasukan 70% unsur gitar elektrik di dalamnya. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi Eka Gustiwana.

“Saya mengagumi etos kerja seorang Eka, sangat intens bila sedang mengerjakan musik. Serius tapi tetap luwes dan terbuka menerima masukan dari saya. Detail, hati-hati, kupingnya peka dan luas sound library- nya yang dia bikin sendiri. Di lagu ‘Show Off Your Colors’ part Eka masuk di bagian mengaransement musiknya, karena lagunya saya bawa ke dia sudah dalam keadaan jadi, sedangkan di ‘SuperWoman’ kita benar-benar membuatnya dari nol. Kita selalu diskusi dalam setiap tahapannya. Jadi saya semakin terkesan dengan cara kerja Eka dan puas dengan hasil yang dicapai oleh produser musik ‘SuperWoman ini.” jelas Titi DJ

“SuperWoman” adalah lagu yang bercerita tentang Woman Empowerment (Pemberdayaan Wanita), tentang wanita pekerja keras yang mampu mewujudkan impian dan cita-citanya, wanita yang kuat tetapi tetap membumi, wanita yang penuh daya upaya dan tetap bahagia, wanita yang saling mendukung satu sama lain.

Artwork single “SUPERWMOMAN” – Titi DJ, Ashanty, Eka Gustiwana ( foto : istimewa )

Kronologi cerita dibalik pembuatan lagu SuperWoman

Setelah bekerjasama di lagu “Show Off Your Colors”, Eka Gustiwana mengajak Titi DJ  mengikuti studio session dan workshop untuk bersama-sama menciptakan lagu baru. Setelah diskusi tentang lagu apa yang akan di buat dan pesan apa yang akan di angkat, lalu secara on the spot dimulailah proses penciptaan lagunya baik musik maupun liriknya. Titi DJ bersama dengan Michelle Sudarsono mulai mencari lirik yang sesuai dan jadilah beberapa lagu, dan belakangan Salmaa Chetizsa (anak sulung dari Titi DJ) ikut membantu dalam proses pembuatan  liriknya, lalu lagu “SuperWoman” pun tercipta.

Ketika lagu ini tercipta, Titi DJ memutuskan untuk berduet dengan sosok penyanyi yang memenuhi kriteria sebagai SuperWoman. Muncul beberapa nama dan akhirnya pilihan dijatuhkan kepada Ashanty.

“Ashanty merupakan Seorang penyanyi dan juga sebagai sosok perempuan yang Super, dia sukses menyelesaikan sekolah dengan gelar yang tinggi, sukses menjadi seorang istri yang mampu mengurus suaminya, sukses sebagai seorang ibu yang mampu mendidik semua anaknya, baik anak kandung maupun anak sambung dan dia juga menjadi wanita karir yang sukses dengan bisnis-bisnisnya” ujar Titi DJ.

“Suatu kehormatan banget bisa dipilih untuk ikut berkolaborasi sama mba Titi, Mba Titi orang yang ramah banget dan kita suka chat-an, baik dikolom komen Instagram maupun di DM, lalu mulai lebih intens lagi setelah beliau bernyanyi di acara resepsi pernikahan Aurel. Tiba-tiba aku dichat sama mba Titi untuk kolaborasi diproject ini, aku kaget luar biasa, antara senang dan deg-deg an. Aku sempet berfikir untuk tidak mengambil project ini, bukan karena nggak mau tapi karena terlalu deg-deg an, tapi akhirnya aku memutuskan memberanikan diri untuk ikut bergabung di project ini” jelas Ashanty

“Menurut aku lagu ‘SuperWoman’ ini easy listening banget, Eka jago banget bikin musiknya dan ditambah lyricnya yang di buat sama mba Titi bikin lagu ini catchy dan sebenarnya lagu ini gampang-gampang susah, tapi makna lagunya yang meng-empower sesama wanita yang bikin aku semangat” sambung Ashanty.

Menurut Ashanty Semua wanita di dunia ini multitasking, bisa mengurus suami, anak, rumah dan sambil bekerja juga, tapi banyak yang tidak menyadari betapa hebatnya perempuan.

Titi DJ menambahkan, “Ada satu lagi kekaguman saya terhadap Ashanty. Pada saat take vocal dia sangat semangat padahal sehari sebelumnya dia baru saja vaksin. Dan tidak cepat puas dengan hasil rekaman vokal dia. Sampai-sampai dia 2X re-take vocal pada esok harinya dan esok harinya lagi. Saya mengacungkan jempol untuk tekadnya yang kuat utk mendapatkan hasil rekaman suara yang maksimal, salut banget dengan semangatnya! Bertambah lagilah keyakinan saya bahwa pilihan saya terhadap Ashanty adalah tepat”

“Warna suara kami yang berbeda pun ternyata justru jadi saling melengkapi. Suara saya tinggi dan tajam berpadu selaras dengan suara Ashanty yang rendah dan bulat, menjadi harmonisasi yang seimbang”, ujar Titi DJ.

Proses produksi pembuatan Video Musik SuperWoman dipercayakan kepada Rev Production dan Dewalantis Studio. Disutradarai oleh Alffy Rev yang baru-baru ini berhasil dengan project Wonderland Indonesia dan The Spirit Of Papua. Yang menarik dalam Video Musik SuperWoman ini Titi Dj, Ashanty, Eka Gustiwana dan Alffy Rev sepakat untuk menghadirkan teknologi Computer Generated Imagery (CGI) atau special efek. Pembuatan Video Musiknya di lakukan di Pulau Bali dengan 3 (tiga) lokasi yang berbeda, yaitu di Pantai Melasti, Taman Ujung Water Palace Karang Asem dan Taman Dedari Ubud.

Yang tak kalah penting didalam Video Musik ini menampilkan aksesoris serta kostum atau busana terbaik yang dirancang oleh designer-designer ternama Indonesia, untuk aksesoris Headpiece dirancang langsung oleh Rinaldy Yunardi, untuk kostum atau busana dirancang oleh Ivan Gunawan, Denny Wirawan, Wiki Wu dan Didit Hediprasetyo.

“Saya dan Ashanty berdiskusi dengan stylist masing-masing untuk membahas tentang designer siapa saja yang akan dihubungi, dan yang pertama dihubungi adalah Rinaldy Yunardi untuk mendesain Aksesoris Headpiece-nya. ” ujar Titi DJ

Titi DJ dan Ashanty senang sekali mendapat tanggapan yang sangat antusias dari Rinaldy Yunardi, padahal saat itu sedang sangat padat jadwalnya dan sibuk dengan persiapan Pembukaan PON Papua karena beliaulah yang mengerjakan seluruh aksesoris untuk event tersebut.

Demikian juga dengan designer- designer lainnya yaitu Ivan Gunawan, Denny Wirawan, Wiki Wu dan Didit Hediprasetyo yang sangat antusias untuk membantu merancang kostum atau busana untuk project ini. Titi DJ dan Ashanty sangat bersyukur dan berterima kasih terhadap seluruh designer yang terlibat di dalam project SuperWoman ini, yaitu Rinaldy Yunardi, Ivan Gunawan, Denny Wirawan, Wiki Wu dan Didit Hediprasetyo karena telah meluangkan waktunya untuk merancang dan membuat karya terbaiknya di sela-sela kesibukan dan padatnya jadwal mereka.

Video Klip lagu SuperWoman juga sudah tayang sejak tanggal 5 November 2021 pada pukul 17.00 WIB di YouTube Channel TITI DJ. Titi DJ, Ashanty dan Eka Gustiwana berharap single “SuperWoman” Ini dapat menjadi pemicu Woman Empowerment (Pemberdayaan Wanita) bagi wanita- wanita di seluruh Indonesia, bisa menjadi penyemangat untuk melakukan yang terbaik dalam hidup dan tetap berbahagia, serta agar para Wanita dapat lebih menghargai diri sendiri dan sesama wanita, serta saling mendukung satu sama lain.

Sedikit penggalan lirik SuperWoman “ Lets Support Each Other We’ll take the power, hand in hand we’ll set the world on fire”

Kolaborasi Titi DJ, Ashanty, Eka Gustiwana Hadirkan “SUPERWOMAN” ( foto : istimewa )

Artist                                                     : Titi DJ, Ashanty, Eka Gustiwana

Title                                                       : SuperWoman

Written by                                          : Titi DJ, Michelle Sudarsono and Salmaa Chetizsa

Music Produced by                         : Eka Gustiwana

Vocal Produced & Edited by                    : Barsena Besthandi

Mixed & Mastered by                                      : Iqbal Mssvkntrl

Executive Produser                         : EDJA Music

Publishing                                          : Aquarius Pustaka Musik

© & ℗                                                  : EDJA Music

Music Video Director                     : Alffy Rev (Rev Production & Dewalantis Studio)

(SPR)

Related posts

Ada Zooey Deschanel Di MV Baru Katy Perry “Not the End of the World”

Qenny Alyano

Saykoji Jadi Pembicara Di Panel “This is Hip-Hop” Bagian Dari ‘True Colors Festival’

Boleh Music

“To Be Young” Single Baru Kolaborasi Anne-Marie Dan Doja Cat

Qenny Alyano