August 9, 2022
Boleh Music
Event & Community

‘Out Of Order The Tales of the Urban Misfits’ : Novel Fiksi Musisi Meita Kasim

South Jakarta – Bagi penggemar musik indie di awal tahun 90-an, mungkin sudah tidak asing dengan nama Meita Kasim. Vokalis dan gitaris band Wondergel yang merupakan salah satu band yang eksis dengan personil wanita semua tersebut, kembali meluncurkan karya terbarunya di tahun 2022 ini. Yang berbeda kali ini, Meita Kasim bukan merilis lagu melainkan sebuah buku novel yang bertajuk ‘Out Of Order : The Tales of the Urban Misfits’. Ini merupakan buku pertama dari karya fiksi setebal 300-an halaman yang ditulis dalam genre coming-of-age (peralihan masa remaja menuju dewasa) yang terinspirasi oleh kisah nyata penulis.

Ditulis dalam bahasa Inggris, novel ini menghadirkan kisah protagonis bernama Sigi, seorang gadis usia akhir remaja yang hidup di Jakarta era 90-an dengan latar belakang kondisi sosial politik di Indonesia –sebuah negara dengan mayoritas Muslim dan kuasa militer yang dominan. Saat masih menjadi siswa sekolah menengah, diam-diam Sigi membentuk grup band alternatif bernama Wanderlust dengan beranggotakan semuanya perempuan –yang kala itu sangat tidak lazim di kancah musik underground– dan menjadi penyiar di sebuah stasiun radio.

Dalam kodratnya sebagai gadis Muslim, hasrat kreatifnya ini membangkitkan penilaian negatif dari lingkungan serta sekaligus mengalami tindak pelecehan karena keperempuanannya. Dibayang-bayangi sosok ibunya yang sangat mengendalikan, Sigi lantas mendambakan dirinya menjadi jiwa yang bebas. Sementara itu ekskalasi kancah musik bawah tanah yang didominasi oleh laki-laki, serta kontroversi dari dalam dirinya sendiri tengah meningkat kontroversinya. Terlepas dari semua rintangan tersebut, Sigi dengan berani mengikuti jalannya sendiri dan menentang semua konstruksi waktunya, untuk menemukan suaranya yang benar dan unik; pilihan yang seringkali menyakitkan, menginspirasi, dan, pada akhirnya, penuh harapan.

Sampul Buku ‘Out Of Order – The Tales of Urban Misfits ( foto : istimewa )

Dalam acara peluncuran buku yang berlangsung pada hari Kamis (6/6) di Creative Hall, M Bloc Market M Bloc Space, Jakarta Selatan, Meita Kasim mengungkapkan tentang novel ‘Out Of Order : The Tales of the Urban Misfits’, “Aku menceritakan pengalaman aku sebagai anomali, sebagai seseorang yang keluar jalur, makanya dibilangnya ,’misfits’, seseorang yang tidak fit di tatanan masyarakat pada waktu itu. Novel ini adalah fiksi yang terinspirasi dari kisah nyata. Ada anak remaja yang suka ngeband, dia sukanya musik yang tidak mainstream namun dia terhalang atura-aturan yang ada dalam skena musik yang didominasi laki-laki.”

Sementara alasan Meita ingin mencoba menjadi penulis novel, Meita mengatakan, sejak kecil dirinya punya mimpi jadi penulis novel. Sejak kecil pula, Meita selalu menulis buku harian atau diary. “Aku memang punya mimpi jadi penulis novel dari kecil dan sejak kecil aku sering menulis diary hampir tiap hari. Aku juga sering kerja jadi penulis walaupun profesiku beda-beda. Mungkin cita-citanya ingin menjadi penulis fiksi sehingga bukan sebuah otobiografi” tutur pengagum novelis Agatha Christie tersebut. “Tapi kalau untuk sampai ke level Agatha Christie kayaknya aku masih jauh, itu level tingkat dewa. Tapi banyak orang yang bilang, kalau mau mulai menulis tulislah apa yang kamu tahu. Yang aku tahu adalah pengalaman hidupku sendiri jadi aku mulai dari situ dulu. Jadi buku ini adalah fiksi tapi berdasarkan kisah nyata.”

Hadir pula dalam acara peluncuran buku dan talkshow novel ‘Out Of Order : The Tales Of Urban Misfits’ diantaranya Wendi Putranto (Co-Founder at M Bloc Group, ex Editor Rolling Stone Indonesia), Levi Santoso (Personil The Fly, founder Lingkar8 Production), Kartika Jahja (musisi, Tika and The Dissldents), dan Sam Alatas (Media Relation, The Blackhole).

Untuk informasi lebih lengkap tentang buku novel ‘Out Of Order : The Tales Of Urban Misfits’ bisa menghubungi email :  mkasimkarner@gmail.com

 

Meita Kasim saat peluncuran debut novelnya ( foto : QB )

 

Meita Kasim saat peluncuran debut novelnya ( foto : QB )

Tentang Penulis: Meita Kasim

Meita Kasim memulai karir menulisnya pada tahun 1990-an, sebagai penulis naskah kreatif di Hard Rock FM Jakarta, sebuah stasiun radio pelopor gaya hidup dan hiburan. Dia juga bekerja sebagai Direktur Musik, Penyiar, dan Produser beberapa acara radio mereka.

Hingga hari ini, Meita masih menjadi frontlady dari grup musik bernama Wondergel, band all-girl paling berpengaruh yang muncul dari skena musik underground di tahun 90-an dan masih aktif sampai sekarang.

Awal tahun 2000 Meita pindah ke Bali dan melanjutkan karirnya sebagai Penyiar dan Program Director di Hard Rock Radio, sambil tetap fokus menulis sebagai penulis penuh waktu untuk majalah The Beat Entertainment Bali dan Let’s Eat!.

Pada tahun 2008, Meita membangun The Beat United, agensi musik internasionalnya sendiri. Dia juga bekerja paruh waktu sebagai pekerja festival internasional seperti the Ubud Writers and Readers Festival, dan Earth Day Festival.

Setelah pindah ke Hong Kong pada tahun 2011, Meita bekerja sebentar sebagai DJ paruh waktu dan guru bahasa di Pusat Pembelajaran Bahasa Hong Kong. Sekembalinya ke Bali tiga tahun kemudian, ia menulis novel debutnya, yang terinspirasi oleh kisah kedewasaannya sendiri.

Meita saat ini tinggal di Wina, Austria.

Related posts

Hype Festival Kerja Sama Dengan Kemenparekraf Hadirkan ‘WONDERS’

Qenny Alyano

Mencari Potensi Dan Bakat Musik Muda Di ‘Student Fest 2019’

Qenny Alyano

Musisi HipHop Indonesia-Korea Tampil Bersama Di ‘Asian Sound Syndicate Vol. 1’

Qenny Alyano