August 9, 2022
Boleh Music
Musicology What's New

Michael Lang Penggagas Festival Woodstock Tutup Usia

South Jakarta – Dunia musik internasional kembali berduka. Michael Lang, romotor, produser, dan manajer artistik konser Amerika yang paling dikenal sebagai salah satu pencipta Woodstock Music & Art Festival pada tahun 1969, tutup usia pada hari Sabtu lalu, 8 Januari 2022 di usia 77 tahun. Dikutip dari Guardian, Michael Pagnotta, juru bicara keluarga Michael Lang, mengatakan pria kelahiran Brooklyn, 11 Desember 1944 tersebut sebelumnya menderita kanker limfoma non-Hodgkin dan meninggal pada hari Sabtu di Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering di New York.

“Dia benar-benar sosok yang bersejarah, dan juga pria yang hebat,” kata Pagnotta. “Kedua hal itu berjalan beriringan. “Dia meninggalkan istrinya Tamara, putra mereka Harry dan Laszlo dan putrinya LariAnn, Shala dan Molly.”

Dengan partnernya, Artie Kornfeld, John Roberts dan Joel Rosenman, Lang mengadakan festival yang disebut sebagai “tiga hari perdamaian dan musik” pada musim panas 1969, ketika perang Vietnam berkecamuk dan menyebabkan pemuda Amerika yang tidak puas untuk berpaling dari adat istiadat tradisional dan memeluk gaya hidup yang merayakan kebebasan berekspresi. Sekitar 400.000 orang turun ke dusun Bethel, sekitar 50 mil barat laut New York City, mengalami kemacetan lalu lintas sepanjang mil, hujan deras, kekurangan makanan dan fasilitas sanitasi yang kewalahan. Lebih dari 30 musisi dan artis tampil di panggung utama di kaki bukit di tanah milik petani Max Yasgur, penonton konser disuguhi penampilan terkenal dari artis termasuk Jimi Hendrix, Carlos Santana, the Who dan Jefferson Airplane. Festival Woodstock kemudian kembali digelar pada tahun 1994 dan 1999.

Setelah Woodstock, ia menjadi manajer Joe Cocker, salah satu artis unggulan festival, dan kemitraan mereka berlangsung lebih dari 20 tahun. Dia juga direkrut dalam waktu singkat untuk membantu merelokasi konser gratis Rolling Stones pada Desember 1969 di California dari Sears Point Raceway ke Altamont Speedway. ntuk ulang tahunnya yang ke-25, Lang ikut memproduksi Woodstock ’94 di Saugerties, New York, sekitar 70 mil dari situs tahun 1969. Artis termasuk veteran dari lineup asli, seperti Crosby, Stills dan Nash dan Country Joe McDonald, di samping nama-nama baru termasuk Nine Inch Nails dan Green Day.

Related posts

Akhirnya Isyana Sarasvati Lepas EP Kejutan ‘my Mystery’

Qenny Alyano

Seringai Kolaborasi Dengan Danilla Hadirkan Video Animasi “Ishtarkult”

Boleh Music

Ardhito Pramono Rilis Album ‘Wijayakusuma’ Berisi 8 Lagu

Qenny Alyano