December 6, 2022
Boleh Music
Event & Community

Begini Keseruan ‘The Britpop Rewind’ Gelaran Hard Rock Cafe Jakarta

South Jakarta – Generasi 90-an pastilah tidak asing dengan nama-nama band asal Inggris seperti Oasis, Blur, Pulp, Suede, Morrissey dan The Stone Roses. Band-band tersebut menjadi ikon musik Britpop yang pernah berjaya di awal dan pertengahan era 90-an. Begitulah yang dihadirkan Hard Rock Cafe Jakarta bekerja sama dengan Indonesian Britpop Community (IBC) yang berlansung pada hari Senin, 10 Januari 2022 lalu. Mengusung tema ‘The Britpop Rewind’ yang menjadi bagian dari program rutin ‘I Like Monday’, dimana kali ini ada 4 band asal Jakarta yang mengusung lagu-lagu dari band-band diatas yaitu His’N’Hers yang mengusung karya dari Suede dan Pulp, Merah yang membawakan lagu-lagu Morrissey dan Blur, Whatever mengcover Oasis dan One Love memberikan penghormatan untuk The Stone Roses.

 

Sebenarnya acara ini digelar pada akhir tahun 2021 lalu. Namun karena adanya peraturan pemerintah untuk ditiadakan keramaian menyambut tahun 2022 lalu, maka akhirnya baru dapat terlaksana di awal tahun ini. Karena masih dalam masa pandemi COVID-19, gelaran ‘The Britpop Rewind’ digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan berlangsung lebih awal yaitu dimulai jam 5 sore dan berakhir pada sekitar jam 9 malam. Kali ini giliran His’N’Hers yang tampil pertama. His’N’Hers langsung membuka  penampilan dengan nomor dari Suede, “The Chemistry Between Us” dan berlanjut berturut-turut, “Trash”, “By the Sea”, “Everything Will Flow” dan juga “Beautiful Ones”. Setelah mendendangkan lagu-lagu Suede, giliran nomor-nomor dari Pulp digelontorkan His’N’Hers diantaranya “Do You Remember the First Time?”, “Babies”, “Disco 2000” dan ditutup dengan “Common People”.

 

His’N’Hers membawakan lagu-lagu Suede dan Pulp ( foto : Bagus A )

 

His’N’Hers membawakan lagu-lagu Suede dan Pulp ( foto : QB )

Usai break Maghrib, giliran band Merah yang menjadi sajian berikutnya di ‘The Britpop Rewind’. Merah membuka dengan lagu lawas dari awal Morrissey, The Smiths, “Please Please Ple ase Let Me Get What I Want” yang langsung disambung dengan “We Hate It When Our Friends Become Successful” yang diambil dari album Morrissey, ‘Your Arsenal’. Kembali mengusung nomor The Smiths, kali ini giliran  “There Is A Light That Never Goes Out” yang menjadi sajian selanjutnya. Suasana semakin panas saat Merah membawakan “You’re the One for Me, Fatty” dan disambung dengan “Now My Heart Is Full” dan “Alma Matters”. Usai tembang-tembang dari Morrissey, Merah juga membawakan lagu-lagu dari Blur seperti “Parklife”,  “Country House”, “Advert”, “Charmless Man” dan “Girls & Boys”. Merah menutup penampilan dengan lagu Blur dari album ‘The Great Escape’, “The Universal”.

Merah membawakan Morrissey dan Blur ( foto : Bagus A )

 

Merah membawakan lagu-lagu Morrissey dan Blur ( foto : Bagus A )

Whatever menjadi penampil ketiga di gelaran ‘The Britpop Rewind’ kali ini. Band yang sudah dikenal di kalangan komunitas pecinta band Oasis tersebut, langsung menggebrak dengan nomor “Stand by Me” dari album ‘Be Here Now”. Tanpa jeda, Whatever langsung membawakan “Roll with It”, “Morning Glory” dan “Don’t Go Away”. Whatever kemudian mencoba menurunkan tempo pertunjukan saat mereka mendampuk penyanyi cilik, Vin,  di nomor “Stop Crying Your Heart Out”. Suasana kembali panas saat Whatever membawakan single pertama Oasis dari album ‘(What’s the Story) Morning Glory?’, “Some Might Say” yang kali dibantu oleh MC acara, Irsya, di sektor drums. Koor massal kemudian berkumandang di Hard Rock Cafe Jakarta, saat Whatever membawakan nomor sejuta umat Oasis, “Don’t Look Back in Anger”. Whatever menyudahi penampilan kali ini dengan “Rock ‘n’ Roll Star”.

 

Whatever cover Oasis ( foto : Bagus A )

 

Whatever ( foto : Bagus A )

Semakin malam, suasana Hard Rock Cafe Jakarta, semakin ramai. One Love yang menjadi penutup gelaran ‘I Like Monday : The Britpop Rewind’ kali ini, langsung membuka penampilan dengan “Elephant Stone”. One Love yang dikomando oleh Aca yang juga vokalis band hardcore Jakarta, Straight Answer, langsung memanaskan suasana dengan nomor-nomor The Stone Roses, berturut-turut, “She Bangs the Drums”, “I Wanna Be Adored”, “Going Down”, “Mersey Paradise” dan “Shoot You Down”. One Love kemudian mengajak Kiki dari They Dissappear untuk berduet di lagu “Waterfall”. Menutup gelaran kali ini, One Love berturut-turut membawakan “I Am the Resurrection” , “This Is the One”, “Made of Stone” dan “Ten Storey Love Song”.

Sampai jumpa di gelaran ‘The Britpop Rewind’ selanjutnya.

 

One Love cover The Stone Roses ( foto Bagus A )

 

One Love cover The Stone Roses ( foto Bagus A )

Related posts

Ramai-ramai Musisi Dunia Gelar Konser Amal Virtual ‘One World: Together at Home’ Lawan COVID-19

Qenny Alyano

Penantian 7 Tahun Calvin Harris Sukses Panaskan DWP 2019 Hari Ketiga

Qenny Alyano

Rayakan Kemerdekaan Di ‘Young Gunz Festival Independance Day’ Jimbaran Bali

Qenny Alyano