May 20, 2022
Boleh Music
Asian Hit List What's New

Sukses Lagu “Every Summertime” Bawa NIKI Menjadi Sensasi Global

South Jakarta – Single “Every Summertime” dari penyanyi, penulis lagu, dan produser asal Indonesia, NIKI, telah menjadi fenomena global, meraih lebih dari 60 juta streams kumulatif sejak pertama dirilis pada bulan Agustus 2021. Ditulis dan diproduksi dalam kolaborasi dengan Jacob Ray, “Every Summertime” adalah lagu cinta yang hidup dengan sound nostalgik yang mengingatkan pendengar akan karakter alunan R&B dan soul klasik.

Dalam waktu satu minggu ke belakang, “Every Summertime” dari NIKI berhasil menduduki tangga lagu Daily Top 50 Spotify di sejumlah negara seperti Filipina, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Tak hanya itu, lagu ini turut masuk pada daftar Global Daily Viral 50 Spotify di seluruh Amerika Serikat, Filipina, Indonesia, Australia, Kanada, Selandia Baru, Malaysia, Thailand, Singapura, dan banyak lagi.

“Every Summertime” dirilis sebagai single utama dari soundtrack resmi untuk film besutan Marvel Studios, Shang-Chi dan The Legend of The Ten Rings, melalui Marvel Music/Hollywood Records dan Interscope Records. Album soundtrack berjudul Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings: The Album tersebut digarap oleh kolektif musik pionir 88rising —sebuah platform musik terkemuka untuk artis yang berasal dari Asia dan Asia-Amerika di seluruh dunia — sebagai produser eksekutif. Album ini menampilkan lagu produksi original dari film Shang-Chi dan The Legend of The Ten Rings, serta sejumlah lagu yang terinspirasi dari film karya sutradara Destin Daniel Cretton tersebut. Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings: The Album dirilis di seluruh dunia bersamaan dengan perilisan global film tersebut pada 3 September 2021.

NIKI ( foto : istimewa )

Soundtrack film ini turut menghadirkan sejumlah lagu dari nama-nama seperti Anderson .Paak, Rich Brian, Swae Lee, Jhené Aiko, Mark Tuan, Saweetie, keshi, 21 Savage, Rick Ross, DJ Snake, dan masih banyak lagi. NIKI sendiri menyumbangkan empat lagu, termasuk di antaranya “Every Summertime”, “Always Rising” yang dibawakan bersama Rich Brian dan Warren Hue, “Clocked Out” bersama Audrey Nuna, dan “Swan Song” dengan Saweetie.

“”Every Summertime” rampung begitu cepat – kami menulisnya dalam waktu kurang dari satu jam! Menciptakan lagu ini adalah salah satu momen ajaib yang terasa seperti semacam sihir, dan sekarang lagu ini menjadi satu lagu favorit kami dalam sepanjang karier,” ujar NIKI yang ikut menulis dan memproduseri lagu tersebut.

“Saya rasa saya hanya ingin mengeksplorasi pengalaman dari diaspora Asia,” jelas NIKI dalam sebuah wawancara dengan TeenVogue. “Kehidupan dua orang dari generasi pertama Asia-Amerika yang kuliah dan jatuh cinta—itulah inspirasinya.”

Perilisan single “Every Summertime” disertai dengan tiga video musik resmi yang dapat diakses pada kanal YouTube 88rising, NIKI, dan Marvel Entertainment. Video pertama, dirilis pada 9 Agustus 2021, bercerita tentang sepasang ayah dan anak — masing-masing diperankan oleh rapper sekaligus aktor Dumbfoundead dan aktor cilik dari film Minari, Alan Kim — yang mengemudi di sekitar lingkungan tempat tinggalnya sambil mendengarkan lagu “Every Summertime”. Video kedua, dirilis pada 3 September 2021 — bertepatan dengan tanggal perilisan global film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings — menampilkan NIKI bernyanyi di lorong supermarket 99 Ranch, jaringan toko kelontong Asia-Amerika ternama.  Sementara itu, video musik ketiga yang dirilis pada 10 Desember 2021 secara garis besar mengisahkan alur perjalanan musik NIKI yang unik dan belum pernah terjadi sebelumnya, sejak masih mahasiswa hingga bertransformasi menjadi superstar internasional.

“Every Summertime” dirilis mendahului penampilan spektakuler NIKI di Head in the Clouds Festival 88rising di California pada November 2021. Set berdurasi satu jam yang ikonik ini mendapat beragam pujian dari MTV, Flaunt, dan The AV Club yang menobatkannya sebagai “goddamn superstar.”

Baru-baru ini, NIKI dan rekan satu labelnya, Rich Brian, mencatat sejarah sebagai artis Indonesia pertama yang dijadwalkan tampil di gelaran legendaris Coachella Valley Music and Arts Festival yang berlangsung pada dua akhir pekan: 15-17 April dan 22-24 April 2022.

NIKI ( foto : istimewa )

TENTANG NIKI:

Dengan lebih dari 1,4 MILIAR++ streams hingga saat ini, penyanyi berusia 22 tahun, NIKI, telah mendobrak berbagai ‘kebiasaan’ dari seorang bintang musik pop — menulis, merekam, dan memproduksi musiknya sendiri. Lahir di Jakarta dan tinggal di Los Angeles, NIKI telah menarik perhatian penonton di seluruh dunia, mendapatkan pujian dari Billboard “sebagai salah satu rising star yang paling bersinar.” Berhasil meraih pujian kritis yang luas sejak perilisan EP terobosannya, “Zephyr”, dan album debutnya, “MOONCHILD”, NIKI sukses memukau penggemar di seluruh dunia dengan suara yang ekspresif, songwriting yang personal, dan kecakapan seni lintas genre, menjadi simbol dinamis sekaligus representasi bagi generasi baru musisi Asia.

Album debut NIKI, ‘MOONCHILD’, dirilis pada 10 September 2020 dan telah meraih lebih dari 172 juta streams hingga saat ini. Complex menyebut MOONCHILD sebuah “persembahan lengkap yang mencerminkan pertumbuhan dan kemampuan vokalis/penulis lagu/multi-instrumentalis Indonesia.” Sementara itu, i-D mengatakan bahwa kemampuan storytelling NIKI di album MOONCHILD adalah “sesuatu yang hanya ada di angan-angan kami.” “MOONCHILD” dianugerahi NME Asia’s #1 Album of the Year dan menerima berbagai pujian dari sejumlah media seperti Harper’s BAZAAR, Forbes, Teen Vogue, Hypebae, dan banyak lagi.

Dengan akar Indonesia yang turut menjadi bagian esensial dari kisah dan perjalanannya, NIKI merasa memiliki “tanggung jawab sosial untuk mewakili seniman Asia, terutama sebagai panutan bagi perempuan muda Asia.” Untuk para talenta muda Asia dan Asia-Amerika yang ingin mendobrak norma budaya dan menjawab kurangnya keterwakilan seniman Asia dan Asia-Amerika di industri musik global, NIKI membuktikan bahwa mimpi tertinggi pun dapat kita capai.

(SPR)

Related posts

Alfie Templeman Membagikan Single Baru “Everybody’s Gonna Love Somebody”

Qenny Alyano

UNGU Remake “Para Pencari-Mu” Untuk Sinetron ‘Para Pencari Tuhan’

Qenny Alyano

“Lighthouse” Kolaborasi The Used Dan Mark Hoppus ‘Blink 182’ Dedikasi Untuk Pejuang COVID-19

Qenny Alyano