February 6, 2023
Boleh Music
New Comers

Jaz Mengawali Tahun 2022 Lepas “Benar Orang Bilang”

South Jakarta – Mengawali tahun 2022, para pencinta musik di Tanah Air akan kembali dihibur oleh lantunan suara merdu Jaz. Pria kelahiran Brunei Darussalam, 5 Maret 1993, ini meluncurkan single terbarunya berjudul “Benar Orang Bilang” pada 4 Februari 2022. Bekerja sama dengan salah satu musisi Indonesia, Dimas Wibisana, Jaz masih tetap mengusung musik bergenre pop, seperti yang selama ini sudah sangat akrab di telinga para pendengarnya.

Meski baru dirilis di tahun 2022 ini, namun “Benar Orang Bilang” sendiri bukanlah lagu baru bagi Jaz karena lagu ini ia ciptakan bersama temannya saat masih di Brunei. “Lagu ”Benar Orang Bilang” sudah cukup lama aku ciptakan bersama Kay Moksin, temanku. Aku yang menulis lirik dan dia yang membuat melodi gitar. Sebenarnya, ini adalah salah satu lagu yang sempat jadi kandidat untuk single pertamaku di Indonesia. Aku mengirimkan lagu ini dan beberapa lagu lainnya dalam bentuk demo. Tapi, yang terpilih adalah “Dari Mata.” Lagu ini pun sempat terlupakan. Lalu, saat sedang mencari lagu untuk single pertamaku di tahun 2022, aku teringat dengan lagu-lagu lamaku, salah satunya “Benar Orang Bilang ini.” Saat dikirim ke label, lagu ini ternyata disukai dan akhirnya terpilih jadi single terbaruku.”

Dengan adanya lirik dan melodi gitar dari penciptaan awal, Jaz pun tidak butuh waktu lama dalam proses pengerjaannya di studio rekaman. Dimas Wibisana pun melengkapi dari segi aransemen musik. “Aku senang bisa bekerja sama dengan Dimas, salah satu musisi yang musiknya aku suka dan cocok di telingaku. Dari sekadar melodi gitar, dialah yang melengkapi bagian musiknya. Dengan sentuhan Dimas, aku yakin, lagu ini akan semakin enak didengar. Versi baru ini membuatku teringat dengan lagu-lagu lamaku. Kalau sebelumnya hanya berupa gitar dan lirik, kali ini sudah lengkap karena ada musiknya. Jadi, pasti jauh berbeda.”

Artwork single “Benar Orang Bilang” – Jaz foto : istimewa )

Melalui “Benar Orang Bilang,” Jaz berharap lagu ini dapat terhubung ke banyak orang karena menggambarkan gejolak perasaan cinta di masa muda yang pada akhirnya harus berakhir. Inspirasinya sendiri muncul dari hubungan yang dia jalani saat masih berusia remaja. “Bisa dibilang, lagu ini menceritakan tentang cinta pertamaku. Aku pernah pacaran sampai lima tahun di usia yang muda, sekitar 15-16 tahun. Jadi, orangtua mantanku itu agak keberatan dengan hubungan kami karena dianggap masih terlalu muda. Setelah lima tahun, kami pun memutuskan untuk pisah dulu. Jadi, lagu ini menggambarkan momen saat kami pisah. Mungkin, mereka yang pernah mengalami cinta pertama seperti aku bisa relate dengan lagu ini.”

Meski tidak mengubah genre musiknya secara keseluruhan, namun Jaz merasakan ada sedikit perbedaan di lagu terbarunya yang nanti berpuncak pada album kedua, ‘Transisi’. “Aku banyak bereksplorasi di single-single terbaruku, sesuai dengan album keduaku nanti yang berjudul ‘Transisi’. Jadi, memang ada perubahan meski pun tidak drastis. Kalau dulu, lagu Jaz itu ‘kan lebih banyak musik yang riangUntuk albumku nanti, aku mencoba musik yang sedikit berbeda dari genre sebelumnya, misalnya balada. Aku juga berkolaborasi dengan sebuah band. Tunggu saja bagaimana hasilnya nanti.”

Seperti biasa, Jaz berharap bahwa single “Benar Orang Bilang” ini bisa diterima oleh seluruh pencinta musik, lokal hingga luar Indonesia. “Aku tidak berharap terlalu tinggi untuk single ini, yang penting bisa diterima oleh seluruh penikmat musikku dan mungkin juga memikat orang- orang baru yang belum pernah mendengar Jaz. Doakan juga semoga album keduaku bisa segera rilis dan aku bisa terus berkarya dengan menghasilkan musik-musik yang bisa dinikmati siapa pun, tanpa terkecuali.”

“Benar Orang Bilang,” single terbaru Jaz sudah bisa didengar di platform musik digital mulai 4 Februari 2022.

Credits Song

written by : Jaz, Kay Moksin

Music Produced by : Dimas Wibisana

All instruments Arranged, Played, and Recorded by: Dimas Wibisana

Vocal Produced by: Bowo Soulmate

Vocal Edited by: Heri Alesis

Vocals Recorded at SumIt! Studio by Aldhan Prasatya

Instruments Recorded at BIANCADIMAS Studio by Dimas Wibisana

Mixed by: Rayendra Sunito

Mastered by: Dimas Pradipta

Lyric Video by Raymond Raphael

(SPR)

Related posts

Sea Girls Rilis Single “Paracetamol Blues” Umumkan Album ‘Homesick’

Qenny Alyano

Amanda Vaharani Rilis Debut “Haruskah Kau Lupakan” ft. Dr. Bram’s Project

Boleh Music

Reikko Cerita Hubungan Putus Nyambung Lewat Single “Gone”

Qenny Alyano