October 3, 2022
Boleh Music
New Comers

Band Jakarta 90HP Kembali Lepas Single Baru “Resign”

South Jakarta – Band asal Jakarta 90HP (dibaca: ninety horsepower) merilis lagu kembali setelah tiga tahun tidak merilis karya. Karya terakhir mereka sebelumnya adalah album berjudul ‘Pagi Pasti Kembali’ yang dirilis pada November 2018. Band yang terbentuk tahun 2013 asal Jakarta ini sempat hiatus pada tahun 2020 akibat pandemi dan kesibukan masing-masing personil. Di awal tahun 2022 ini mereka kembali dengan single berjudul “Resign” yang menjadi pembuka dari trilogi single tentang perjalanan menuju kehidupan manusia dewasa. Single ini juga menjadi penanda dimulainya karir bermusik mereka di bawah naungan RENZ Records.

90HP yang terdiri dari Ghina Salsabila (vokal,gitar), Wahyu Ramadhan (gitar), Irvannudin Rahman (drums) ini sempat kehilangan bassist sekaligus vokalis mereka Bayu Fajri yang mengundurkan diri dan posisinya sekarang digantikan dengan sosok Kunio (bass). Bongkar pasang formasi yang terjadi ini malah menjadikan mereka semakin solid dan siap menyambut 2022 dengan materi baru. Tidak tanggung-tanggung setelah single Resign ini rencananya album terbaru dari 90HP juga dipersiapkan untuk riis pada awal tahun 2023.

“Resign” merupakan sebuah lagu yang bercerita tentang pesan untuk berhenti menjalani sesuatu saat hati dan pikiran sudah benar-benar tidak bisa meneruskan. Banyak orang kebingungan mengambil keputusan untuk tetap meneruskan atau berhenti menjalani sesuatu dengan pertimbangan hati dan logika yang terkadang tidak sejalan. Lagu ini mengajak pendengarnya untuk lebih mengenal hati dan pikiran sebelum akhirnya mengambil sebuah keputusan. 90HP sendiri menyimbolkan “Resign” dengan kehidupan pekerja kantoran yang terkadang bimbang untuk tetap menjalankan pekerjaan atas dasar kebutuhan, atau berhenti atas nama hati yang sudah tidak sejalan, walaupun lagu ini dapat dimaknai juga dengan resign dari banyak hal, seperti hubungan, kehidupan dan lingkungan tidak terbatas hanya pada pekerjaan.

Artwork single “Resign” – 90HP ( foto : istimewa )

“Awalnya agak takut mau rilis lagu ini karena ini tuh lagu pertama yang aku terlibat langsung dalam penulisannya, sebelumnya hampir semua lagu 90HP ditulis oleh Bayu baik lirik maupun nada kemudian diaransemen oleh band, namun di lagu ini pembuatannya agak lain, Bayu cuma bikin draft berupa bassline dan aku diminta untuk bikin notasinya dari piano, abis itu Bayu bikin lirik baru kita aransemen, alhasil jadilah lagu ‘Resign’ ini.” ujar Ghina yang juga merupakan keyboardist dari band indie senior The Adams.

Hal menarik dalam pengerjaan lagu “Resign” ini, sang drummer dari 90 HP yaitu Ipang mengatakan bahwa ia sebenarnya dalam proses resign dari tempat kerja sebelumnya saat memproduksi lagu ini. Hal yang sebenarnya sangat relate berkaitan dengan judul lagu dari 90HP ini. Walaupun hal ini sebenernya tidak menjadi alasan utama inspirasi dari lagu “Resign”.

Dalam single ini 90HP menggaet Vit Alian sebagai producer dengan tujuan lebih mengembangkan karya mereka dengan sentuhan musik jepang yang lebih kental, melalui aransemen yang lebih berani mereka memasukan unsur orkestra di tengah balutan distorsi rock dan suara lembut Ghina Salsabila yang sekarang mengambil alih posisi frontman menggantikan Bayu Fajri yang memutuskan tidak lagi tampil bersama band. Di tahun 2022 ini mereka berencana untuk merilis 2 single lagi sebagai sekuel yang berkesinambungan dengan single “Resign” ini.

Song Credits:

Composed by Bayu Fajri & Ghina Salsabilla

Written by Bayu Fajri

Produced by Vit Alian

Recorded by Bayu Fajri & Vit Alian

Mixing by Danu Mahardika 

Mastering by Takenori Yamaguchi

(SPR)

90HP ( foto : istimewa )

Related posts

Akhirnya Manilla Killa Luncurkan Album Perdana ‘Dusk’

Qenny Alyano

Duo Derai Asal Sukabumi Kembali Lepas Single “Relate To You”

Qenny Alyano

Sukses Dengan “double take” dhruv Hadirkan “airplane thoughts”

Qenny Alyano