January 31, 2023
Boleh Music
New Comers

Band Metal Progresif Prancis Spheric Universe Experience Lepas MV “Where We Belong”

South Jakarta – Setelah merilis single pertama “Legacy”, band metal progresif Prancis Spheric Universe Experience (S.U.E) kini mengumumkan single digital kedua mereka berjudul “Where We Belong” dari album mendatang berjudul ‘Back Home’. “Where We Belong” mengembangkan sedikit lebih banyak cerita konseptual di sekitar album, serta memberikan sepotong logam progresif yang solid dan sangat emosional. Ini juga akan dirilis sebagai video resmi.

“Kami sangat bersemangat untuk merilis “Where We Belong” sebagai single kedua dari album baru kami, terutama dengan video resmi yang menghidupkannya dengan indah”, kata kibordis Fred Colomb. “Sama seperti judul album “Back Home”, “Where We Belong” memiliki makna ganda simbolis — karakter manusia dari cerita konsep menyadari pada saat album di mana mereka benar-benar berada – ibu Pertiwi – dan kami sebagai sebuah band adalah kembali ke akar melodic progressive metal kami, dengan riff yang berat, chorus yang catchy, dan bagian piano klasik yang mengarah ke akhir yang epik. Di sinilah kami sepenuhnya berada”.

 

Riff yang melonjak, ritme yang berdebar kencang, dan vokal yang memukau, tertinggi. Ini adalah pendekatan yang diambil oleh pendukung metal progresif Prancis Spheric Universe Experience, saat mereka memasuki album studio kelima mereka, berjudul “Back Home”. Dengan produksi yang luar biasa dari produser berbakat Damien Rainaud, Symphony X, Dream Theater dan musik yang terinspirasi dari Queen dari kuartet Code d’Azur adalah sebuah pernyataan, diukir di atas batu!

‘Back Home’ tidak hanya berarti kembali ke Bumi bagi para penjelajah ruang angkasa dalam kisah konsep tersebut, tetapi juga berarti kembali ke rumah bagi band, karena mereka telah kembali ke akar aslinya: untuk mengarang dan menciptakan yang sejati, progresif mahakarya, untuk setiap album yang mereka buat. Di luar angkasa, tidak ada yang mendengar Anda berteriak, tapi S.U.E. pasti diatur untuk membuat diri mereka didengar di sini di Bumi dengan ‘Back Home’.

Masa awal S.U.E. kembali ke tahun 1999, ketika gitaris Vince Benaim memutuskan untuk membuat sebuah band metal progresif. Setelah beberapa tahun menyusun materi sendiri, band ini merekam demo album resmi pertama mereka pada bulan April 2003, berjudul “The Burning Box”. Album debut, Mental Torments, di-mix oleh Tommy Hansen (Jailhouse Studios, Denmark – a.o. Helloween, TNT, Pretty Maids), dirilis oleh Replica Records di Eropa dan Nightmare Records di AS. Band ini kemudian menghabiskan tahun 2005 dengan menulis materi baru ditambah memainkan berbagai pertunjukan langsung, membuka penampilan seperti Scorpions dan Uli Jon Roth di Prancis.

S.U.E selesai merekam album kedua mereka, ‘Anima’, dengan Charles Massabo selama musim panas 2006 di Coxinhell Studio Studio dan Kallaghan Studio di Prancis, dengan rekaman tersebut dikuasai di Jailhouse Studios di Denmark oleh Tommy Hansen. Replica Records merilisnya lagi di Prancis, tetapi di AS dan di seluruh dunia labelnya adalah Sensory Records. 2007 juga melihat band membuka festival ProgPower Scandinavia di Kopenhagen, Denmark. Tanggapan dari pertunjukan ini begitu besar sehingga festival ProgPower USA memutuskan untuk memesan band untuk edisi mereka, dan pada bulan Oktober 2008 band ini tampil di panggung di Atlanta, Georgia.

Dengan beberapa pertunjukan yang sukses di bawah ikat pinggang mereka, termasuk pertunjukan dengan proggers Inggris, Threshold, band ini menemukan waktu untuk menulis dan merekam album ketiga mereka, ‘Unreal’, yang dirilis di seluruh dunia pada Mei 2009 oleh Sensory Records. ‘Unreal’ membawa band menambahkan kedudukan lain pada merek teknis dan melodic metal mereka yang sudah spektakuler, memiliki kemajuan tingkat tinggi.

Pada tahun 2012 album ‘The New Eve’ dirilis, di mana S.U.E. mengubah sisi musik band, ingin menggali lebih dalam ke suara yang lebih modern dengan gitar yang disetel ke bawah dan pendekatan yang lebih agresif pada gaya prog-melodi mereka. Sebuah album yang mencakup semua yang ditawarkan gaya ini, namun pada saat yang sama, melalui campuran keduanya, membawa nafas orisinalitas baru ke genre ini. Pada tahun 2017 band ini merilis EP live “Live In London 2016” melalui Nightmare Records, yang dikuasai oleh Jacob Hansen.

Setelah melakukan tur secara ekstensif selama beberapa tahun terakhir; dari Perancis ke Denmark, dari Belanda ke Polandia dan dari Italia ke Amerika Serikat, S.U.E. telah menjelajahi batas-batas kehidupan musik dalam genre tersebut, dan sekarang telah menghabiskan lima tahun terakhir menyusun apa yang menjadi puncak mutlak dari karir mereka sejauh ini, yaitu album konsep luar angkasa ‘Back Home’.

‘Back Home’ akan dirilis dalam format digital dan CD oleh UPRISING! Rekaman pada 20 Mei 2022.

Spheric Universe Experience (S.U.E) :

Franck Garcia: vokal
Vince Benaim: gitar
John Drai: bass
Fred Colombo: keyboard
Romain Goulon: drum

Related posts

Bernyanyi Sejak Kecil Alya Syahrani Rilis Debut “Still You”

Qenny Alyano

Saksofonis Jogja Ayom Satria Lepas Debut “Toward The Sun”

Qenny Alyano

Duo Derai Luncurkan Single Berbahasa Inggris “In My Blood”

Qenny Alyano