October 2, 2022
Boleh Music
Asian Hit List What's New

PSY Rilis Album Baru Luncurkan MV “Celeb”

South Jakarta – Masih ingat dengan lagu “Gangnam Style” yang populer beberapa waktu lalu yang dibawakan oleh PSY ? Kini musisi yang mempunyai nama asli Park Jae-sang tersebut kembali melepas single dan video musik baru berjudul “Celeb”. Lagu “Celeb” merupakan single kedua dari album kedelapan Psy ‘Psy 9th’, menyusul single sebelumnya “That That” dimana ia berkolaborasi dengan Suga dari BTS. Di video musik “Celeb” juga tampil mantan personil girl group Miss A, Bae Suzy.

Di video musik “Celeb” yang menampilkan visual eksentrik dirilis pada 4 Mei 2022,  di mana Bae dan Psy terlihat melakukan koreografi di tengah taman hiburan bertema Psy. Di bagian lain dalam video, Bae menghadiri pesta eksklusif di mana dia adalah “selebriti” yang menjadi fokus semua orang. ‘Celeb’ dan video musiknya pertama kali ditayangkan secara langsung hampir tiga tahun lalu selama konser Psy ‘Summer Swag 2019’, di mana terungkap bahwa Psy dan rapper Zico ikut menulis dan menyusun lagu tersebut.

Selain “Celeb”, album baru Psy juga menampilkan beberapa kolaborasi lainnya, termasuk “Happier” yang menampilkan penyanyi K-R&B Crush, dan remake dari single hit Jermaine Jackson dan Pia Zadora tahun 1984 “When The Rain Begins To Fall”  dengan Hwasa dari MAMAMOO. Album ‘Psy 9th’ dirilis pada 29 April 2022 melalui P Nation, dan didistribusikan oleh Dreamus Company. Album ini adalah rilisan pertama Psy dalam lima tahun setelah ‘4X2=8’ (2017) dan rekaman pertamanya setelah mendirikan labelnya sendiri, P Nation, pada Januari 2019 lalu.

Pada 29 April 2022, Psy mengadakan ‘listening party’ untuk pers di sebuah hotel di Seoul. Mengenai alasannya merilis album studio fisik, dia mengatakan bahwa dia merasa bahwa CD adalah format yang sudah ketinggalan zaman karena meskipun CD menjadi barang populer untuk idola K-Pop, tidak ada yang memiliki pemutar CD dan merasa merilis CD terasa seperti langkah yang sangat melelahkan. Di era digital ini dan pemikirannya merilis single digital mungkin lebih tahan lama, tetapi dia merasa sebagai artis yang berada di posisi  sekarang yang menghubungkan junior dan seniornya di K-Pop, dia ingin menyeimbangkan yang lama dan yang baru di dunia K-Pop dan memiliki album retro di era digital.

Berikut daftar lagu album ‘Psy 9th’ – Psy

1. “9Intro”

 

 

2. “That That” (featuring and produced by Suga of BTS)

 

 

 

3. “Celeb”

 

 

4. “You Move Me” (감동이야; featuring Sung Si-kyung)

 

 

 

5. “Sleepless” (밤이 깊었네[note 3]; featuring Heize)

 

 

6. “Ganji” (featuring Jessi)

 

 

7. “Now” (이제는[note 4]; featuring Hwasa)

 

8. “Happier” (featuring Crush)

 

 

9. “Hello Monday” (나의 월요일)
10. “Everyday”

 

11. “ForEver” (featuring Tablo)

 

 

 

12. “Dear Me” (내일의 나에게)

Related posts

Testament Masuk Line Up Hammersonic 2020 Simak Kabar Baru Lainnya

Qenny Alyano

Yura Yunita Rilis MV Single “Dunia Tipu-Tipu

Qenny Alyano

Alexisonfire Lepas Single “Reverse The Curse” Dari Album ‘Otherness’

Qenny Alyano