May 20, 2022
Boleh Music
Musicology What's New

Dari Duran Duran Sampai Judas Priest Masuk Rock & Roll Hall of Fame 2022

South Jakarta – Setelah mengumpulkan hasil voting yang dibuka sejak tahun lalu, akhirnya The Rock & Roll Hall of Fame telah secara resmi mengumumkan nama-nama musisi yang dilantik untuk tahun 2022. Nama–nama tersebut adaalah Eminem, Dolly Parton, Duran Duran, Lionel Richie, Pat Benatar, Eurythmics, dan Carly Simon akan bergabung dengan kelas 2022 dalam kategori Performers.

Selain itu, juga ada nama Jimmy Jam dan Terry Lewis dan Judas Priest akan menerima Musical Excellence Award; Harry Belafonte dan Elizabeth Cotten akan diberikan Early Influence Award dan pengacara Allen Grubman, eksekutif/produser rekaman Jimmy Iovine, dan penyanyi R&B/pendiri Sugar Hill Records, Sylvia Robinson akan menerima Ahmet Ertegun Award.

Upacara pelantikan sendiri baru akan diadakan pada 5 November 2022 di Microsoft Theater di Los Angeles, Amerika Serikat danakan tayang di kemudian hari di HBO dan streaming di HBO Max. Juga akan ada siaran radio di saluran Radio Hall of Fame Rock & Roll SiriusXM 310. John Sykes, Ketua Hall of Fame Rock & Roll, mengatakan dalam sebuah pernyataan,

“Kelompok nama musisi yang dilantik ini masing-masing memiliki dampak mendalam pada suara budaya anak muda dan membantu mengubah arah rock & roll. Musik mereka menggerakkan generasi dan memengaruhi begitu banyak artis yang mengikutinya.”

Yang menarik adalah nama penyanyi country legendaris Dolly Parton yang sebelumnya menampik untuk menerima penghargaan tersebut karena sudah terlambat namun kemudian berubah pikiran pada saat terakhir. Dalam sebuah pernyataan Dolly Parton mengungkapkan,

“Itu selalu menjadi keyakinan saya bahwa Rock & Roll Hall of Fame adalah untuk orang-orang dalam musik rock,” katanya kepada NPR. “Saya baru tahu belakangan ini belum tentu begitu. Tetapi jika mereka tidak bisa pergi ke sana untuk dikenali, ke mana mereka bisa pergi? Jadi saya merasa seperti mengambil dari seseorang yang mungkin pantas mendapatkannya lebih dari saya karena saya tidak pernah menganggap diri saya seorang seniman rock. Tapi jelas, ada lebih dari itu.”

Sementara nama Judas Priest merupakan  band kedua yang menerima penghargaan Musical Excellence setelah  E Street Band yang pertama. Tahun lalu, mendiang  gitaris Quiet Riot dan Ozzy Osbourne,  Randy Rhoads adalah salah satu penerima Musical Excellence Award. Menurut Hall Of Fame, personil Judas Priest yang akan dilantik termasuk anggota saat ini Rob Halford (vokal), Ian Hill (bass), Glenn Tipton (gitar) dan Scott Travis (drum), bersama dengan mantan anggota K.K. Downing (gitar), Les Binks (drum) dan mendiang drummer, Dave Holland. Sebagai catatan, agar memenuhi syarat untuk nominasi, artis atau band individu harus merilis rekaman komersial pertamanya setidaknya 25 tahun sebelum tahun nominasi.

“Suara nominasi dikirim ke badan pemungutan suara internasional yang terdiri lebih dari 1.000 artis, sejarawan, dan anggota industri musik,” kata pejabat Rock Hall dalam sebuah pernyataan. “Faktor-faktor seperti pengaruh musik seorang artis pada artis lain, panjang dan kedalaman karir dan tubuh kerja, inovasi dan keunggulan dalam gaya dan teknik dipertimbangkan.” Judas Priest sebelumnya mengikuti pemungutan suara untuk induksi Rock Hall pada tahun 2020, tetapi gagal menerima suara yang cukup untuk masuk kelas tahun itu.

Rock And Roll Hall Of Fame 2022 inductees:

“Performer” Category

PAT BENATAR
DURAN DURAN
EMINEM
EURYTHMICS
DOLLY PARTON
LIONEL RICHIE
CARLY SIMON

Musical Excellence Award

JUDAS PRIEST
JIMMY JAM & TERRY LEWIS

Early Influence Award

HARRY BELAFONTE
ELIZABETH COTTEN

Ahmet Ertegun Award

ALLEN GRUBMAN
JIMMY IOVINE
SYLVIA ROBINSON

Related posts

Stone Temple Pilots Bawakan Semua Lagu Album ‘Core’ Lewat Livestreaming

Qenny Alyano

Daya Kembali Meluncurkan Single Baru “Bad Girl”

Boleh Music

Yopie Latul Pelantun Lagu “Poco-Poco” Meninggal Dunia

Qenny Alyano